Beranda » News » Informasi Update Berita Umroh Terkini Paling Lengkap Terpercaya Live Mekah

Digitren.id – Karena adanya wabah covid 19 ini memiliki dampak yang besar dalam pelaksanaan ibadah umroh dan haji dalam beberapa tahun terakhir ini. Adapun berita umroh terkini, pemerintah kita sudah berupaya selalu menjalin komunikasi untuk pelaksanaan umroh dalam masa pandemi ini.

Pemerintah Saudi telah mencabut persyaratan bahwa jemaah yang ingin pergi umrah harus menunggu 14 hari untuk melakukan ibadah umroh. Ini merupakan kabar bahagia dalam berita umroh terkini yang menandakan lampu hijau dibukanya kembali ibadah umroh untuk kita.

berita umroh terkini

berita umroh terkini

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan langkah itu menyusul peningkatan yang baik dan ignifikan dalam efektivitas umrah dan shalat di masjidil haram menyusul pencabutan tanda sosial distanding Covid 19 baru-baru ini.

Pelonggaran Pembatasan Ibadah di Masjidil Harom

Masjidil Haram di Mekah mulai beroperasi dengan kapasitas penuh pekan lalu. Untuk pertama kalinya sejak merebaknya virus Corona jamaah akan tetap beribadah seperti biasa. Pejabat Mekah telah menghapus tanda di lantai yang mendorong orang untuk menjaga jarak sosial di dalam dan sekitar Masjidil Haram.

Meskipun langkah-langkah jarak sosial distanding dicabut, pemerintahan arab mengatakan pengunjung harus tetap sepenuhnya divaksinasi terhadap virus covid 19 dan harus terus memakai masker di dalam kompleks masjid.

Dalam berita umroh terkini protokol kesehatan harus diikuti untuk menjaga perjalanan umrah selama masa pandemi ini. Tentunya hal ini diperkirakan akan berdampak pada harga paket umroh. Penyelenggara haji dan umrah segera menyesuaikan nilai referensi.

Saat wabah umroh merebak harga umroh harus disesuaikan. Nilai referensi harus dihitung dengan cermat dan detail. Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai paket umroh saat ini. Contoh paling sederhana  perlunya swab PCR sebagai prasyarat perjalanan internasional yang tentunya akan menambah biaya. Apalagi prosedur PCR dilakukan lebih dari satu kali.

Termasuk juga program karantina sebelum keberangkatan dan setelah setibanya di Tanah Air. Dalam hal ini tentu saja akan ada biaya. Ketelitian dalam perhitungan ini sangat penting agar biaya tetap sesuai dengan kebutuhan persiapan pelaksanaan umroh di masa wabah Covid 19 ini.

Estimasi biaya referensi wajar dan dapat diterima sehingga tidak membebani masyarakat, tetapi tetap aman dalam pelaksanaannya sesuai dengan prosedur pelaksanaan ibadah umroh di masa pendemi. Karena saat ini wabah covid 19 belum usai.

Layanan umroh bagi warga negara Indonesia akan segera diluncurkan. Umroh pertama akan dimulai pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022. Berapa biaya umroh pada tahun 2021/2022 tentu ini menjadi pencarian terbanyak berita umroh terkini yang banyak dicari oleh calon jemaah umroh saat ini.

Alhamdulillah pemerintah Saudi akhirnya kembali membuka ibadah umrah bagi jemaah umroh asal Indonesia. Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Letno Marsudi melalui dokumen diplomatik.

Menurut Hilman Latif Direktur Jenderal Kementerian Agama Haji dan Umrah (PHU) hal itu berdasarkan pertemuan terakhirnya dengan duta besar Saudi. Dubes Saudi menambahkan bahwa jemaah haji Indonesia menjadi prioritas untuk umrah.

Baca juga: Paket Umroh Murah 10 Juta an Bahkan Bisa Diangsur

Teknis Pelaksanaan Ibadah Umroh Saat Ini

Kini Kementerian Agama telah menyiapkan berbagai tahapan untuk menunaikan ibadah umrah di masa mewabahnya Covid-19. Adapun berita umroh terkini terkait teknis pelaksanaannya meliputi perencanaan keberangkatan dan kepulangan jamaah umrah. Diantaranya :

Persiapan keberangkatan jemaah umroh :

  • Jamaah umrah menjalani pemeriksaan kesehatan 1×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat pertamanya.
  • Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan meliputi tes kesehatan, vaksinasi Covid 19 vaksin meningitis dan pelaksanaan swab PCR. Selain itu asrama haji perlu menyediakan akomodasi penggunaan dan transportasi untuk memudahkan keberangkatan jamaah.
  • Kementerian kesehatan memantau secara langsung pelaksanaan tes kesehatan tersebut.
  • Pemeriksaan ICV imigrasi dan boarding dilakukan di waktu masih berada di asrama haji.
Persiapan kepulangan jemaah umroh
  • Tes PCR dilaksanakan waktu di Arab Saudi dengan maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan dan kepulangan ke tanah air.
  • Setibanya di Indonesia para jemaah umroh tersebut menjalani tes PCR (entri test).
  • Isolasi 5×24 jam di asrama haji perlu dilaksanakan bagi para jemaah umroh.
  • Asrama haji supaya menyediakan fasilitas akomodasi, makan dan transportasi bagi jemaah umrah saat akan perjalanan pulang.
  • Dalam proses karantina nantinya di hari yang keempat para jemaah umroh melakukan tes PCR kembali (exit test) dan jika dinyatakan negatif maka jemaah umroh dapat kembali ke rumah.
  • Bagi PPIU yang berencana mengirimkan pelaksanaan umroh segera melakukan penyerahan data jemaah ke Sekretariat PHU

Itulah beberapa berita umroh terkini terkait pelaksanaan ibadah umroh baik sebelum dan sesudah tiba di Indonesia. Ibadah umrah gelombang pertama dilakukan dengan mengirimkan pejabat PPIU. Mereka harus divaksinasi lengkap dengan vaksin yang diterima dari pejabat kesehatan Saudi.

Baca juga: Biro Jasa Travel Umroh Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Usaha Pemerintah dalam Pelaksanaan Ibadah Umroh Saat Ini

Sementara ini jamaah umroh indonesia berangkat dan pulang bertempat di satu titik saja yaitu di Asrama haji Pondok Gede Bekasi.  Bukan kali pertama umrah dibuka kembali untuk jemaah haji Indonesia. Umrah pernah dibuka kembali pada Agustus 2020 tetapi harus ditutup kembali karena virus Covid-19 jenis baru.

Kemudian pada Juli 2021 Indonesia pernah membuka pelaksanaan umroh juga. Tetapi dengan biaya yang cukup memberatkan calon jemaah umroh. Karena jemaah umroh mereka harus mendapatkan vaksinasi sampai 3 kali dengan booster vaksin moderna dan dikarantina selama 14 hari di negara ketiga.

Untuk berita umroh terkini terkait mau dibukanya kembali pelaksanaan umroh ini belum bisa mengomentari pengumuman pemerintah Saudi tentang pembukaan kembali umrah apakah juga membebani jemaah haji yang datang dari Indonesia dengan persyaratan yang ribet.

Tentunya jika terjadi hal-hal yang janggal dan persyaratan yang ribet dampaknya akan berpengaruh pada biaya umroh. Tentu saja jika biaya umrah terlalu tinggi jumlah jemaah akan sedikit. Hal tersebut tentu tidak kita inginkan.

Baca juga: Umroh Plus Turki Bersama Digitren Tour and Travel Haji dan Umroh

Pemerintah juga sedang mengembangkan aplikasi peduli lindungi melalui Kementerian kesehatan agar bisa digunakan di luar negeri. Umrah adalah jalan menuju Arab Saudi yang terkenal dengan keseriusannya.

Jadi pemerintah kita ingin melihat dan melakukan uji coba bepergian ke negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura. Apakah integrasi peduli lindungi ini sudah efektif?. Jika belum tentunya akan dilakukan penyempurnaan sehingga bisa diakui internasional.

Biaya tambahan untuk pemeriksaan PCR dan karantina membuat biaya umroh lebih tinggi dibandingkan masa tidak pandemi. Penambahan biaya umroh minimum mencapai 30 persen. Ini juga bisa berdampak dengan jumlah jemaah umroh yang akan melaksanakan ibadah umroh.

Untuk mengurangi beban jemaah umrah pemerintah berusaha meminimalkan biaya paket perjalanan umrah bagi calon jemaah umroh asal Indonesia di saat ini. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Asrama Haji untuk mengkarantina jemaah umrah.

Biaya paket umroh di masa wabah Covid-19 diatur melalui SK 777/2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Agama (KMA). Aturan tersebut ditandatangani pada 16 Desember 2020 oleh Menteri Agama Fakhar al-Razi.

Berdasarkan aturan ini biaya referensi Penyelenggara Umrah (BPPIU) selama periode awal adalah Rp 26 juta. Tapi sekarang memiliki potensi untuk memotong biaya. Adapun berita terkini umroh dari masalah biaya sampai teknis pelaksanaan akan selalu di update nantinya.

Demikian tadi ulasan tentang berita umroh terkini. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.