Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Ini Dia 5 Rahasia Tentang Lobby Hotel yang Tak Banyak Diketahui oleh Para Tamu

Ini Dia 5 Rahasia Tentang Lobby Hotel yang Tak Banyak Diketahui oleh Para Tamu

Diposting pada 6 February 2023 oleh pengurus / Dilihat: 582 kali / Kategori:

Digitren Indonesia – Lobby hotel adalah area utama dalam sebuah hotel yang biasanya berfungsi sebagai tempat tunggu, menerima tamu, dan memberikan informasi.

Ini seringkali merupakan bagian dari desain interior hotel yang indah dan mempesona, dan seringkali menjadi tuan rumah untuk beberapa elemen seperti sofa, meja, dan konsol.

lobby hotel

lobby hotel

Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan memuaskan bagi tamu saat mereka tiba dan berinteraksi dengan staf hotel.

Lobby hotel juga seringkali berfungsi sebagai pusat aktivitas bagi tamu. Misalnya, beberapa hotel menawarkan fasilitas seperti bar, lounge, dan restoran di area lobby.

Ini memungkinkan tamu untuk bersantai dan berkumpul setelah hari yang sibuk, atau sebelum berangkat kembali ke kamar.

Lobby juga seringkali digunakan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara seperti pameran, seminar, dan pesta.

Baca juga: Solusi Inovatif untuk Transformasi Kenyamanan Anda Dengan Menggunakan Saklar Hotel Schneider

Selain itu, lobby hotel juga menjadi pusat layanan bagi tamu. Staf hotel biasanya tersedia untuk membantu tamu dengan pertanyaan dan permintaan mereka, seperti membantu mereka membooking restoran atau mengatur tur.

Area ini juga biasanya memiliki meja resepsionis yang membantu tamu dengan check-in dan check-out.

Secara keseluruhan, lobby hotel adalah area penting dalam sebuah hotel yang memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman tamu yang baik dan menentukan citra hotel.

Oleh karena itu, banyak hotel memperhatikan desain, fasilitas, dan layanan yang ditawarkan di area lobby ini.

Baca juga: Maksimalkan Potensi Golf Anda dengan Rahasia Golf Swing Trainer di Paradiso Jababeka

Apa fungsi lobby hotel?

Fungsi utama lobby hotel adalah sebagai area utama untuk menerima tamu, memberikan informasi, dan menyediakan layanan bagi tamu.

Beberapa fungsi spesifik dari lobby hotel adalah:

  1. Tempat tunggu: Lobby hotel seringkali digunakan sebagai tempat untuk menunggu tamu sebelum check-in atau setelah check-out.
  2. Layanan check-in/check-out: Meja resepsionis di lobby hotel biasanya membantu tamu dengan proses check-in dan check-out.
  3. Informasi dan bantuan: Staf hotel tersedia di lobby untuk membantu tamu dengan pertanyaan dan permintaan mereka, seperti membantu mereka mengatur tur atau booking restoran.
  4. Area sosial: Lobby hotel seringkali memiliki fasilitas seperti bar, lounge, dan restoran yang memungkinkan tamu untuk bersantai dan berkumpul setelah hari yang sibuk.
  5. Tempat acara: Lobby hotel seringkali digunakan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara seperti pameran, seminar, dan pesta.

Umumnya, lobby hotel memegang peran kunci dalam menciptakan pengalaman tamu yang positif dan memuaskan. Lobby hotel juga memainkan peran penting dalam membangun citra hotel.

Baca juga: Living Plaza Jababeka Menjadi Pusat Kehidupan yang Trendy dan Mewah Bersama Paradiso

Desain, fasilitas, dan layanan yang ditawarkan di lobby hotel dapat membantu menentukan tingkat kualitas dan standar hotel, dan memengaruhi pandangan tamu tentang hotel tersebut.

Oleh karena itu, banyak hotel memperhatikan pengalaman yang ditawarkan di area lobby ini dan berinvestasi untuk memastikan bahwa tamu merasa nyaman dan memuaskan saat berada di sana.

Lobby hotel juga dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan tamu untuk kembali ke hotel tersebut di masa depan.

Oleh karena itu, hotel harus memastikan bahwa area lobby mereka selalu terawat dan menawarkan pengalaman yang positif bagi tamu.

Secara keseluruhan, lobby hotel adalah bagian penting dari sebuah hotel dan memegang peran yang kritikal dalam memastikan pengalaman yang baik bagi tamu.

Oleh karena itu, hotel harus memastikan bahwa area ini selalu dalam kondisi terbaik dan menawarkan layanan yang memuaskan bagi tamu.

Baca juga: 3 Waktu Terbaik untuk Pesan Kamar Hotel Secara Online

Di lobby hotel ada apa saja?

Di lobby hotel, biasanya terdapat beberapa fasilitas dan layanan yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tamu, antara lain:

  • Meja resepsionis: Tempat tamu melakukan check-in dan check-out, dan meminta bantuan jika diperlukan.
  • Lounge atau area duduk: Tempat tamu dapat bersantai dan bersosialisasi.
  • Bar atau kafe: Tempat tamu dapat membeli minuman dan makanan ringan.
  • Informasi tur dan layanan: Staf hotel tersedia untuk memberikan informasi tentang kegiatan lokal dan membantu tamu mengatur tur atau layanan lainnya.
  • Wi-Fi gratis: Akses internet gratis yang tersedia bagi tamu.
  • Kios surat kabar dan buku: Tempat tamu dapat membaca surat kabar atau buku.
  • Tempat penitipan barang: Tempat tamu dapat menitipkan barang-barang mereka saat berada di hotel.
  • Tempat parkir: Tempat tamu dapat menempatkan kendaraan mereka saat berada di hotel.
  • Lift atau tangga: Fasilitas yang membantu tamu untuk naik dan turun ke lantai yang diinginkan.

Namun, fasilitas yang ditawarkan di lobby hotel bisa berbeda-beda tergantung pada hotel, ukuran, dan lokasi.

Beberapa hotel mungkin memiliki fasilitas tambahan seperti spa, toko suvenir, atau tempat fitness yang dapat digunakan oleh tamu.

Baca juga: Fakta yang Sangat Mengerikan Tentang Wi-Fi Gratis di Hotel

Desain lobby hotel

Desain lobby hotel adalah bagian pertama dan utama dari suatu hotel yang bertujuan untuk memberikan kesan pertama dan kenyamanan bagi tamu saat mereka tiba.

Desain ini seringkali memperlihatkan gaya arsitektur dan interior yang mewakili tema dan citra hotel tersebut.

Desain lobby hotel juga harus memiliki fitur praktis seperti area resepsionis, tempat duduk yang nyaman, area informasi, meja tamu, dan bar.

Area ini harus menciptakan suasana yang menyambut dan nyaman bagi tamu sehingga mereka merasa di rumah.

Desain lobby juga harus mempertimbangkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi tamu dengan mobilitas terbatas.

Dengan desain yang tepat, lobby hotel dapat menjadi tempat yang menyenangkan dan membantu meningkatkan pengalaman tamu selama menginap.

Desain lobby hotel juga dapat mencakup elemen seperti tata letak ruangan, pencahayaan, warna, tekstur, dan bahan.

Fokus pada detail dan finisi yang indah dapat membuat lobby hotel terasa eksklusif dan mewah.

Beberapa hotel juga menambahkan fitur spesial seperti galeri seni, taman indoor, atau kolam renang untuk menambah daya tarik dan kenyamanan tamu.

Desain lobby juga harus mempertimbangkan faktor keamanan dan privasi bagi tamu.

Desain lobby hotel adalah representasi penting dari hotel itu sendiri dan memainkan peran besar dalam mempengaruhi pilihan tamu saat memesan kamar.

Oleh karena itu, desain lobby harus benar-benar mencerminkan identitas dan filosofi hotel serta memenuhi kebutuhan dan harapan tamu.

Baca juga: 10 Tempat Hotel Romantis Terbaik di Dunia untuk Liburan Bersama Pasangan Anda

Cara membersihkan lobby hotel

Berikut adalah beberapa langkah untuk membersihkan lobby hotel:

  • Persiapkan alat dan bahan: pastikan Anda memiliki alat dan bahan yang diperlukan seperti lap, pembersih, dan pembersih khusus untuk beberapa bagian seperti meja, kursi, atau lantai.
  • Mulai dari atas: mulailah membersihkan dari atas seperti plafon, lampu, dan sudut-sudut, untuk mencegah debu dan kotoran jatuh ke bagian bawah.
  • Bersihkan meja dan kursi: gunakan pembersih yang sesuai untuk membersihkan meja dan kursi, dan pastikan untuk mengecek apakah ada tumpahan atau bekas lain yang perlu dibersihkan.
  • Bersihkan lantai: mulailah dengan menyapu lantai untuk menghilangkan debu dan sampah, kemudian bersihkan dengan pembersih lantai yang sesuai.
  • Periksa kembali: setelah selesai membersihkan, periksalah kembali area lobby untuk memastikan bahwa semuanya bersih dan teratur sebelum menyambut tamu.
  • Pastikan higienis: jangan lupa untuk menjaga higienis selama proses membersihkan, seperti mencuci tangan setelah selesai dan menjaga jarak dengan tamu yang sedang berada di area lobby.”
  • Lantai: lantai merupakan bagian yang paling sering terkena kotoran dan harus dibersihkan secara teratur. Gunakan pembersih lantai yang sesuai dan pastikan untuk membilas dengan air bersih setelah membersihkan.
  • Pintu masuk: pastikan untuk membersihkan pintu masuk dan jendela setiap hari untuk memastikan bahwa area lobby terlihat bersih dan terawat.
  • Area tamu: area tamu seperti sofa dan kursi juga harus dibersihkan secara teratur. Gunakan pembersih yang sesuai dan pastikan untuk mengecek apakah ada tumpahan atau bekas lain yang perlu dibersihkan.
  • Bau: pastikan untuk memastikan bahwa area lobby tidak memiliki bau yang tidak menyenangkan. Gunakan pengharum ruangan atau membuka jendela untuk menjaga udara segar.
  • Tim kerja: pastikan untuk membentuk tim kerja yang bertanggung jawab untuk membersihkan area lobby dan menetapkan jadwal membersihkan yang teratur.
  • Kualitas: pastikan untuk memantau kualitas membersihkan dan membuat perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa area lobby selalu terlihat bersih, rapi, dan terawat.

Secara keseluruhan, membersihkan lobby hotel adalah bagian penting dari pengalaman tamu dan harus dilakukan dengan serius dan hati-hati.

Dengan memastikan bahwa area lobby selalu bersih, terawat, dan menyenangkan, Anda dapat membantu menciptakan pengalaman tamu yang positif dan membuat tamu merasa nyaman selama menginap di hotel Anda.

Tags: , ,

Bagikan ke

Ini Dia 5 Rahasia Tentang Lobby Hotel yang Tak Banyak Diketahui oleh Para Tamu

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Ini Dia 5 Rahasia Tentang Lobby Hotel yang Tak Banyak Diketahui oleh Para Tamu

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: