Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Inilah 6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah untuk Memiliki Rumah Tanpa Riba

Inilah 6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah untuk Memiliki Rumah Tanpa Riba

Diposting pada 17 March 2023 oleh pengurus / Dilihat: 433 kali / Kategori:

KPR Syariah Terbaik – Akad KPR Syariah adalah sebuah akad pembelian rumah dengan menerapkan prinsip-prinsip dan mengikuti aturan dalam Islam.

Sistem kerjanya yaitu lembaga keuangan atau bank syariah membiayai pembelian rumah, kemudian menjualnya kembali kepada nasabah dengan sistem pembayaran sesuai kontrak yang disepakati bersama.

6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah 2023

6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah 2023

Tidak ada bunga atau unsur riba di dalam akad KPR Syariah

KPR Syariah sekarang ini mulai banyak dipilih oleh masyarakat untuk membeli properti impian mereka. Bukan hanya sekedar mempertimbangkan alasan agama, KPR Syariah menawarkan cicilan tetap selama masa tenor.

Sehingga, nasabah tidak perlu khawatir terhadap fluktuasi suku bunga pasar. Lantas, apa saja pilihan KPR Syariah terbaik dan termurah 2023? Simak uraian berikut.

Baca juga: Inilah Rahasia Mendapatkan KTA Online dalam Hitungan Menit Tanpa Syarat Langsung Cair

Rekomendasi KPR Syariah Terbaik dan Termurah 2023

1. KPR Syariah CIMB

CIMB Niaga memiliki dua program KPR Syariah kepada para nasabah yang terdiri dari KPR iB Flexi CIMB Niaga Syariah dan KPR iB Fix CIMB Niaga Syariah. Anda bisa mendapatkan rumah impian dengan segera dan DP mulai dari 5%.

Tenor atau jangka waktu cicilan yang ditawarkan sampai 25 tahun. Dibawah ini adalah contoh simulasi KPR Syariah CIMB:

Harga Rumah: Rp. 800 juta.

Uang Muka: 10%.

Margin Syariah: 3.65%.

Cicilan 5 tahun: Rp. 6.880.695. per bulan.

Cicilan 10 tahun: Rp. 6.880.695 per bulan.

Cicilan 15 tahun:  Rp. 6.880.695 per bulan.

Baca juga: Aplikasi Pinjaman Online yang Aman Cepat Cair Terdaftar di Lembaga Keuangan OJK

2. KPR Syariah BSI

Bank Syariah Indonesia atau BSI memiliki tiga program KPR Syariah yang terdiri dari Griya Hijrah, Griya Refinancing dan Griya Simuda. Akad KPR Syariah ini menerapkan prinsip Murabahah atau seperti proses jual beli.

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah masa tenor panjang sampai dengan 30 tahun. Plafon yang ditawarkan bisa ditambah oleh nasabah mencapai 120%.

Disisi lain, ia menawarkan P.a tetap selama 1 tahun yang bebas uang muka dan margin mulai dari 1,11% eff.

3. Bank Muamalat

Bagi Anda yang ingin membeli rumah impian dengan metode pembayaran cicilan namun tetap mematuhi hukum Islam, maka bisa memanfaatkan program KPR Syariah Bank Muamalat. Ia disebut sebagai KPR Muamalat iB.

Produk pembiayaan kali ini bisa membantu Anda memiliki rumah susun, rumah tinggal, condotel dan apartemen, termasuk pembangunan, renovasi, sekaligus pengalihan KPR dari bank lain.

Ada dua pilihan akad KPR Syariah yang ditawarkan Bank Muamalat, yaitu kerjasama sewa (musyarskah mutanaqishah) dan jual beli (murobahah).

Baca juga: Pinjaman Online Resmi Terdaftar di Bank dan Lembaga Keuangan OJK

4. KPR Permata Syariah

KPR Syariah di Bank Permata menawarkan pilihan akad yang lebih lengkap kepada nasabah. Pembiayaan yang bisa dipilih meliputi pembelian apartemen, ruko, rumah idaman, konstruksi pembangunan rumah, renovasi rumah, take over, villa dan top up.

Adapun pilihan akadnya terdiri dari:

MMQ atau Musyarakah Mutanaqisah adalah model pembiayaan yang menerapkan sistem kepemilikan bersama antara nasabah dan pihak bank.

Seiring dengan pembayaran angsuran yang dilakukan oleh nasabah, maka porsi kepemilikan atas rumah tersebut semakin besar.

Begitupun dengan porsi kepemilikan bank yang semakin kecil. Besaran angsuran bisa ditinjau kembali sesuai periode yang sudah ditentukan oleh pihak Bank.

Murabahah adalah model pembiayaan yang menerapkan sistem jual beli. Nantinya, antara pihak bank dan nasabah membuat kesepakatan harga pokok sekaligus keuntungan (margin).

Akad KPR syariah kali ini memberikan ketenangan kepada nasabah, karena angsuran tidak berubah selama masa pembiayaan besar meski kondisi ekonomi tidak menentu.

IMBT adalah model pembiayaan yang menerapkan prinsip sewa beli sekaligus hibah properti pihak Bank di akhir periode. Tentu saja sesuai kesepakatan yang sudah disepakati bersama.

  1. KPR Syariah Danamon

KPR Syariah terbaik berikutnya adalah produk dari bank Danamon yang disebut sebagai Rumah Syariah IB. Ia menerapkan akad Modal Bersama atau MMQ (Musyarakah Mutanaqisah).

Akad MMQ berarti membuat kerjasama modal untuk membeli properti. Di awal transaksi, porsi kepemilikan antara nasabah dan bank sama. Porsi kepemilikan bank semakin kecil seiring dengan pembayaran angsuran oleh nasabah.

Setelah nasabah berhasil melunasi pembayaran, properti kemudian menjadi milik nasabah sepenuhnya. Dibawah ini adalah contoh simulasi Rumah Syariah IB:

Harga Beli Rumah Tinggal: Rp. 1 milyar.

Uang Muka (20%): Rp. 200 juta.

Pembiayaan Bank: Rp. 800 juta.

Jangka Waktu: 120 bulan.

Indikasi eq. rate bagi hasil atas sewa: 10%.

Angsuran bulan-1: Rp. 10.572.059.

Angsuran bulan-2: Rp. 10.572.059. Dan seterusnya.

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi 6 KPR Syariah terbaik 2023 yang ditawarkan oleh beberapa bank ternama di Indonesia. Anda bisa menyesuaikan pilihan berdasarkan jenis akad ataupun rate harga yang ditawarkan.

Tags: , ,

Bagikan ke

Inilah 6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah untuk Memiliki Rumah Tanpa Riba

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah untuk Memiliki Rumah Tanpa Riba

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: