Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Diposting pada 22 March 2023 oleh pengurus / Dilihat: 435 kali / Kategori:

Digitren Indonesia – Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu, bisa menggunakan kalkulator zakat online yang dapat menghitung secara akurat.

Zakat sendiri berasal dari kata zaka yang artinya ‘bertumbuh’ atau ‘bersih’. Dalam konteks zakat, artinya adalah membersihkan harta dan memperbanyak keberkahan dari harta yang dimiliki.

Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Zakat adalah bentuk ibadah yang diwajibkan Allah SWT bagi setiap muslim yang memiliki harta di atas nisab (batas minimum yang ditentukan) selama setahun hijriyah.

Nisab dan besaran zakat yang harus dikeluarkan bervariasi tergantung pada jenis harta yang dimiliki, tentunya bisa menggunakan kalkulator zakat online untuk menghitungnya.

Manfaat dari zakat antara lain:

  1. Membersihkan harta dari sifat kikir dan cinta dunia yang berlebihan.
  2. Memperbanyak keberkahan dari harta yang dimiliki.
  3. Membantu meringankan beban orang-orang yang membutuhkan.
  4. Menjaga keseimbangan sosial dan mengurangi kesenjangan antara orang kaya dan miskin.
  5. Menumbuhkan rasa empati dan kepedulian sosial dalam diri masing-masing muslim.
  6. Meningkatkan kualitas hidup dan keberdayaan masyarakat yang menerima zakat.

Baca juga: Informasi Paling Lengkap Tentang Pengertian Islam dan Penjelasannya Dari Para Ulama

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menghitung Pembayaran Zakat Anda

Sebelum menghitung pembayaran zakat Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Nisab: Nisab adalah jumlah minimum harta yang harus dimiliki untuk wajib membayar zakat. Besaran nisab berbeda untuk setiap jenis harta, seperti emas, perak, dan lainnya. Pastikan Anda mengetahui besaran nisab yang berlaku untuk jenis harta yang Anda miliki.
  • Kategori Zakat: Zakat terbagi menjadi beberapa jenis, seperti zakat fitrah, zakat mal, dan zakat penghasilan. Pastikan Anda mengetahui jenis zakat yang harus dibayar dan besaran nisab yang berlaku untuk jenis zakat tersebut.
  • Besaran Zakat: Besaran zakat yang harus dibayar juga berbeda-beda untuk setiap jenis harta. Pastikan Anda mengetahui besaran zakat yang berlaku untuk jenis harta yang Anda miliki.
  • Sumber Penghasilan: Jika Anda memiliki sumber penghasilan yang berasal dari bisnis atau investasi, pastikan Anda mengetahui cara menghitung zakat penghasilan dan besaran zakat yang harus dibayar.
  • Periode Pembayaran; Zakat harus dibayar setiap tahun sekali dan dibayarkan setelah memasuki periode 1 tahun Hijriyah. Pastikan Anda mengetahui periode pembayaran zakat dan tidak mengabaikannya.
  • Lembaga Zakat: Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui lembaga zakat yang terpercaya dan terdaftar resmi. Pastikan Anda memilih lembaga zakat yang terpercaya dan transparan dalam pengelolaan dana zakat.
  • Konsultasi dengan Ahli Syariah: Jika Anda masih ragu atau tidak yakin dalam menghitung zakat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli syariah atau ustaz terkait perhitungan zakat yang tepat dan sesuai dengan ketentuan syariah.

Baca juga: Inilah 6 KPR Syariah Terbaik dan Termurah untuk Memiliki Rumah Tanpa Riba

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Anda Melalui Kalkulator Online M-Syariah?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung zakat menggunakan kalkulator online M-Syariah:

  1. Buka website M-Syariah kalkulator zakat online di megasyariah.co.id
  2. Pilih jenis zakat yang ingin Anda hitung, dalam aplikasi Megasyariah ini ada 2 jenis zakat yang bisa Anda hitung secara otomatis menggunakan kalkulator zakat online, yaitu zakat penghasilan dan zakat harta.
  3. Masukkan data atau informasi yang diminta oleh kalkulator zakat online, seperti jenis harta yang dimiliki, nilai harta, dan pendapatan lain – Bonus, THR, dll (Jika Ada).
  4. Klik tombol “Hitung” untuk mendapatkan jumlah perhitungan zakat yang dihasilkan oleh kalkulator zakat online.
  5. Hasil perhitungan akan ditampilkan dalam bentuk nominal rupiah yang harus Anda keluarkan sebagai zakat.
  6. Selain itu, kalkulator zakat online M-Syariah juga menyediakan opsi untuk membayar zakat secara online melalui link yang disediakan.
  7. Anda juga dapat menyimpan hasil perhitungan zakat untuk referensi di masa yang akan datang.

Namun, perlu diingat bahwa hasil perhitungan zakat melalui kalkulator zakat online ini hanya bersifat indikatif dan tidak menggantikan kewajiban untuk berkonsultasi dengan ahli zakat atau ulama dalam menentukan jumlah zakat yang tepat.

Keuntungan Melakukan Pembayaran & Donasi Melalui M-Syariah

M-Syariah merupakan platform keuangan digital yang berbasis syariah yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, termasuk pembayaran zakat dan donasi secara mudah dan aman melalui kalkulator zakat online.

Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan melakukan pembayaran dan donasi melalui M-Syariah adalah sebagai berikut:

  1. Mudah dan Praktis: Dengan menggunakan M-Syariah, Anda dapat melakukan pembayaran dan donasi dengan cepat menggunakan kalkulator zakat online, mudah dan praktis tanpa harus antri di loket atau membuang waktu untuk pergi ke tempat pembayaran.
  2. Aman: M-Syariah memberikan jaminan keamanan dalam melakukan transaksi keuangan Anda dengan enkripsi data dan sistem keamanan yang canggih sehingga data keuangan Anda aman dan terlindungi.
  3. Terpercaya: M-Syariah merupakan perusahaan keuangan yang berbasis syariah dengan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan MUI, sehingga Anda dapat merasa yakin dan tenang dalam melakukan transaksi keuangan di M-Syariah.
  4. Banyak Pilihan: M-Syariah menyediakan banyak pilihan program dan lembaga penerima zakat serta donasi, sehingga Anda dapat memilih program dan lembaga yang sesuai dengan keinginan dan tujuan Anda.
  5. Transparan: M-Syariah menyediakan laporan dan informasi secara transparan mengenai penggunaan dana zakat dan donasi, sehingga Anda dapat memantau dan mengetahui penggunaan dana Anda dengan baik.
  6. Berdampak Sosial yang Besar: Dengan melakukan pembayaran dan donasi melalui M-Syariah, Anda dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu orang-orang yang membutuhkan, sehingga memiliki dampak sosial yang besar bagi kehidupan masyarakat.

Manfaat Menggunakan Kalkulator Zakat Online

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan kalkulator zakat online:

  1. Memudahkan Perhitungan: Dengan menggunakan kalkulator zakat online, Anda tidak perlu repot melakukan perhitungan zakat secara manual yang mungkin memakan waktu dan menyulitkan. Kalkulator zakat online akan membantu Anda melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah sesuai dengan jenis harta yang dimiliki.
  2. Menghindari Kesalahan Perhitungan: Dalam perhitungan zakat, kesalahan dalam menghitung nilai harta atau nisab bisa terjadi. Dengan menggunakan kalkulator zakat online, Anda dapat menghindari kesalahan perhitungan dan memastikan bahwa zakat yang Anda bayarkan sudah sesuai dengan ketentuan syariah.
  3. Mengetahui Besaran Zakat yang Harus Dikeluarkan: Dengan menggunakan kalkulator zakat online, Anda akan mengetahui besaran zakat yang harus dikeluarkan sesuai dengan jenis harta yang dimiliki. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan dana yang diperlukan untuk membayar zakat dengan tepat.
  4. Meningkatkan Kesadaran Berzakat: Dengan menggunakan kalkulator zakat online, Anda akan lebih menyadari pentingnya membayar zakat dan memperbaharui niat untuk melakukannya. Anda juga akan lebih termotivasi untuk membayar zakat karena Anda akan mengetahui manfaat dari zakat dan bahwa zakat tersebut dapat membantu orang yang membutuhkan.
  5. Memudahkan Pembayaran Zakat: Beberapa kalkulator zakat online memiliki fitur pembayaran zakat yang terintegrasi dengan layanan perbankan atau lembaga zakat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membayar zakat dengan cepat dan mudah tanpa perlu pergi ke lokasi pembayaran.
  6. Meningkatkan Produktivitas: Dengan menggunakan kalkulator zakat online, Anda dapat menghemat waktu dan energi dalam menghitung zakat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam melakukan aktivitas lain.

Kesimpulan:

Mulailah Menghitung Kewajiban Zakat Anda Secara Akurat dengan Kalkulator Online Hari Ini

Menghitung kewajiban zakat merupakan hal yang penting bagi umat Muslim untuk memenuhi kewajiban agamanya.

Dalam menghitung zakat, terdapat berbagai faktor yang perlu diperhatikan, seperti jenis harta yang dimiliki, besaran nisab, dan besaran zakat yang harus dibayarkan.

Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, kini sudah tersedia kalkulator zakat online yang dapat memudahkan Anda dalam menghitung kewajiban zakat Anda secara akurat dan efisien.

Selain itu, penggunaan kalkulator zakat online juga dapat membantu meningkatkan kesadaran dan produktivitas Anda dalam berzakat.

Untuk itu, mulailah menghitung kewajiban zakat Anda secara akurat dengan menggunakan kalkulator zakat online yang tersedia saat ini.

Dengan demikian, Anda dapat memenuhi kewajiban agama dengan lebih mudah dan efektif serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

Tags: , ,

Bagikan ke

Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Gajian Jangan Lupa Zakat Online Pakai M-Syariah Lengkap Dengan Kalkulator Zakat Online

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: