Beranda » Travel News » Arborek, Sebuah Desa di Raja Ampat Menjadi Destinasi Wisata Namun Ditentang Warga

Digitren – Raja Ampat di Papua Barat bukan hanya keindahan perairan. Ini adalah salah satu tempat di mana Anda dapat bersantai. Desa Wisata Arborek dari Pulau Arbor, Kecamatan Meos Mansar.

Menurut Ronald Mambrasar, Ketua Pokdarwis Arborreke, Desa Wisata yang didirikan pada tahun 2008 dengan SK Bupati Raja Ampat No. 104/2008 ini menawarkan keindahan yang unik yang harus dilihat wisatawan.

“Mantarey adalah ikon Arborek yang terkenal di daerah tersebut. Karpet wanita, dan terumbu karang, jelasnya, Rabu (27/10/2021) di Resimen Raja Ampit di Desa Wisata Arborek.

Ronald mengatakan, desa tersebut merupakan salah satu tujuan yang paling dicari oleh wisatawan domestik dan asing sebelum pandemi Covid-19.

Rabu (27/10/2021) Desa Wisata Arborre, Resimen Raja Ampat, Papua Barat.kompas.com / Nabilla Ramadhan Rabu (27/10/2021) Desa Wisata Arborre, Resimen Raja Ampat, Papua Barat.

Namun, dia mengakui bahwa itu adalah perjalanan Desa Arborek Menjadi desa wisata yang populer bukanlah jalan yang lurus, tetapi penuh dengan penduduk setempat.

Perjalanan Menuju Desa Wisata Arborek

Desa Wisata Arborek meliputi area seluas 7,2 hektar. Pulau kecil ini dikelilingi oleh lautan ikan terbuka.

Pulau Arborek memiliki rumah bagi 48 keluarga dan 217 orang. Sekitar 35 persen penduduknya adalah nelayan, dan sisanya di dunia pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ronald menuturkan, sebelum desa tersebut disulap menjadi desa wisata, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

Ketika masyarakat mulai menyadari potensi pariwisata mereka, muncul keinginan untuk menjadikan desa tersebut sebagai tujuan wisata. Di titik inilah konflik dimulai.

Desa Wisata Arbork, Resimen Raja Ampute, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhan Desa Wisata Arbork, Resimen Raja Ampute, Papua Barat, Selasa (26/10/2021).

Sumber artikel : ravel.kompas.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.