• Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Gunung Merapi Meletus, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Gunung Merapi Meletus, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Diposting pada 12 Maret 2022 oleh pengurus / Dilihat: 122 kali

Digitren Indonesia – Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran pada Kamis (10/3/2022) pukul 19.25 WIB. Dampaknya, sejumlah lokasi, termasuk obyek wisata yang berada dalam radius bahaya, tertutup bagi warga.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) merangkan, guguran lava dan awan panas guguran Gunung Merapi tersebut menuju arah tenggara dan selatan-barat daya, seperti dikutip Kompas.comJumat (4/3/2022).

Sektor arah tenggara yang masuk dalam wilayah bahaya meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer (km) dan Sungai Gendol lima kilometer.

Sementara itu, sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh lima kilometer maksimum, Sungai Bedog, Sungai Krasak, dan Sungai Bebeng sejauh tujuh kilometer.

Baca juga:

Selain itu, transmisi BPPTKG, lontaran material vulkanis, tanpa selada terestrial, dapat mencapai radius tiga kilometer dari suatu titik.

Akibatnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mendirikan beberapa kali seminggu, yaitu sekitar satu kilometer per mil persegi dari Gunung Merapi.

Ini juga merupakan tujuan wisata populer di Bukit Klangon, Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo, Bunker Kaliadem, dan tempat keagamaan Turki.

demikian, sejumlah tempat wisata yang diprediksi aman dari potensi bahaya erupsi Gunung Merapi. Sebab, lokasi wisata tersebut berada di utara Gunung Merapi serta dalam radius lebih dari lima kilometer.

1. Jaga Pass

One day tour (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.
Dok. DTW Ketep Pass Magelang One day tour (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali Jumat, 26 Februari 2021.

Jarak dari Gunung Merapi ke Ketep Pass kurang lebih delapan kilometer. Obyek wisata ini berada di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Keep Pass memiliki jumlah titik Anda akan bisa mendapatkan salinannya, termasuk Gardu Pandang Ketep Pass, Museum Vulkanologi, dan Bioskop Mini.

Dari Gardu Pandang Ketep Pass, wisatawan menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengelola menyediakan dua gazebo bagi pengunjung yang ingin melihat dua gunung di Pulau Jawa tersebut.

Di Museum Vulkanologi, Anda bisa mendownload miniatur Gunung Merapi. Begitu pula dengan film dokumenter Gunung Merapi yang juga dikenal sebagai surat dan kegiatan Gunung Merapi dari tahun ke tahun.

Di Bioskop Mini, Anda bisa melihat film dokumenter yang ada di Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penguitian di Puncak Garuda, dan di situs Gunung Merapi.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

2. Puncak Argapura Ketep Pass

Puncak Argapura Ketep PassInstagram @puncak_argapura_ketepass Puncak Argapura Ketep Pass

Sekitar dua menit perjalanan menggunakan kendaraan dari Ketep Pass, terdapat obyek wisata Puncak Argapura Ketep Pass.

Hal ini karena konsep perfeksionis Jawaharlal Nehru dan Bali. Bangunan utamanya berbentuk seperti rumah tradisional Bali, dilengkapi pendopo dan kolam ikan.

Baca juga:

Sementara itu, nuansa Jawa tersedia di berbagai tempat di luar ruangandilansir dari Kompas.comKamis (27/1/2022).

Satu hari dari Puncak Argapura Ketep Pass ada kamus yang berisi tentang Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Bukit Menoreh.

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/03/11/141713427/gunung-merapi-erupsi-5-tempat-wisata-ini-diprediksi-aman

Bagikan ke

Gunung Merapi Meletus, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Gunung Merapi Meletus, 5 Tempat Wisata Ini Diprediksi Aman

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: