Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » 4 Jenis Profil Risiko Investasi yang Wajib Dipahami Buat Kamu Investor Pemula

4 Jenis Profil Risiko Investasi yang Wajib Dipahami Buat Kamu Investor Pemula

Diposting pada 19 December 2021 oleh pengurus / Dilihat: 337 kali

[


8fiagk5wmn
Sumber kesusahan idxchannel.com

Dalam dunia investasi, sebagai investor, Anda sangat menyadari risiko berinvestasi. Istilah ini merupakan tingkat pengambilan risiko ketika seseorang berinvestasi.

Memahami risiko yang terlibat adalah salah satu kunci untuk berinvestasi dengan nyaman. Ini sangat membantu untuk pemula. Jadi bagaimana Anda menyaring? Lihat artikel berikut.

Apa itu profil risiko investasi?

Profil risiko investasi adalah indikator yang menentukan tingkat toleransi risiko individu. Salah satunya adalah potensi kerugian akibat volatilitas pasar saham di pasar modal.

Jenis profil risiko investasi

Profil risiko investasi merupakan indikator tingkat toleransi risiko investor. Seperti yang disebutkan dari gemarinvestasi.comDengan mengetahui profil risiko Anda, Anda dapat menentukan alat investasi yang tepat untuk membuat portofolio investasi Anda menjadi lebih baik.

1. Kekerasan

Profil Risiko Investasi Kuat adalah tipe investor yang bertujuan untuk memaksimalkan nilai investasi dalam jangka panjang. Dalam kebanyakan kasus, rencana investasi lebih dari 4 tahun.

Seorang investor dengan profil yang kuat juga bisa kehilangan uang jika harga investasi terus anjlok.

2. Sedang

Profil risiko investasi menengah adalah tipe investor dengan pertumbuhan modal jangka menengah hingga panjang. Rencana investasi biasanya 3-4 tahun.

Seringkali, investor jenis ini akan berusaha menghindari pengembalian dana investasi jika terjadi penurunan. Sebaliknya, mereka lebih fokus berinvestasi.

3. Konservatif

Ini adalah manifestasi dari risiko investasi konservatif, yang bertujuan untuk memastikan pertumbuhan nilai investasi yang stabil, dan untuk menerima pengembalian investasi secara teratur. Rencana investasi biasanya 1-3 tahun.

Seorang investor dapat mentolerir risiko rendah dan cenderung menarik dana jika terjadi penurunan. Umumnya, investor jenis ini hanya mengalokasikan sebagian kecil modalnya untuk instrumen berisiko tinggi, seperti saham atau obligasi.

4. Sangat konservatif

Ini adalah jenis profil risiko investasi yang sangat tradisional, di mana integritas nilai inti investasi diprioritaskan dan potensi profitabilitas yang lebih besar diremehkan. Perencanaan waktu investasi biasanya kurang dari satu tahun.

Anda tidak boleh melewatkan nilai investasi Anda yang besar, sehingga para investor ini sering kali lebih memilih produk investasi yang dapat diinvestasikan dalam tabungan, tabungan, atau pasar tunai kapan saja.

Cara memverifikasi profil risiko investasi Anda

Dalam menentukan profil suatu risiko investasi, terdapat beberapa faktor pendukung yang menjadi ciri masing-masing level. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Usia

Pada umumnya investor pemula khususnya anak muda memiliki resiko yang tinggi dalam berinvestasi. Sementara itu, investor pensiunan lebih cenderung mengambil produk investasi dengan risiko lebih kecil dan lebih stabil.

2. Pendapatan

Jika Anda memiliki penghasilan tak terbatas sebagai freelancer, risiko investasi Anda akan lebih rendah daripada investor biasa.

3. Akuntabilitas

Seringkali, investor pemula lebih cenderung mengambil risiko berinvestasi daripada orang yang sudah menikah. Ini karena ada tanggungan lain, seperti biaya pendidikan dan persalinan.

4. Pengetahuan

Pengetahuan sangat penting untuk menentukan profil suatu risiko investasi. Sebab, semakin Anda tahu tentang jenis investasi, semakin banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi risiko di masa depan.

Contoh profil kecelakaan

Ketika Anda berinvestasi pada produk investasi, Anda dihadapkan pada banyak potensi risiko di masa depan. Berikut adalah beberapa contoh faktor risiko.

1. Suku bunga

Risiko ini sering terjadi ketika suku bunga berfluktuasi di pasar modal dan mempengaruhi pendapatan investasi. Misalnya, jika suku bunga naik, harga obligasi turun.

2. Pasar

Pada dasarnya, pasar adalah salah satu risiko yang pasti bisa dihadapi dan dihindari oleh semua investor. Perubahan saham dan obligasi mengakibatkan perubahan Nilai Aktiva Bersih (NAB). Misalnya, kebijakan perpanjangan PSBB berdampak pada penurunan IHSG.

3. Cairan

Kesulitan menyediakan uang tunai selama periode waktu menyebabkan likuiditas. Ketika debitur membayar utangnya, harta itu diubah menjadi uang tunai, tetapi jangka waktu pelunasannya sangat lama, yang tidak likuid.

4. Pertukaran Nii

Risiko ini bisa terjadi ketika nilai tukar rupiah berfluktuasi dengan mata uang lainnya. Misalnya, tingginya nilai dolar AS akan berdampak negatif terhadap rupiah. Ini karena Anda harus mengeluarkan lebih banyak rupee ketika Anda berinvestasi dalam US $.

5. Negara

Ini adalah salah satu alasan mengapa negara ini berisiko berinvestasi. Misalnya, beberapa perubahan dalam sistem politik negara, ketentuan undang-undang, mempengaruhi situasi investasi dan ekonomi negara.

6. Investasi ulang

Saat berinvestasi pada alat atau produk investasi baru, mungkin ada beberapa risiko. Salah satunya adalah bahwa arus kas investasi menghasilkan pendapatan yang lebih sedikit daripada sebelumnya.

Seperti itu penjelasan definisi sebenarnya dari kata risiko investasi. Jika Anda ingin berinvestasi, Anda harus mengetahui profil investasi.

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis Klik di sini

Gambar

Penulis lepas di berbagai forum.

retizen

Sumber artikel : https://retizen.Digitren/posts/20347/4-jenis-profil-risiko-investasi-yang-wajib-dipahami-buat-kamu-investor-pemula

Bagikan ke

4 Jenis Profil Risiko Investasi yang Wajib Dipahami Buat Kamu Investor Pemula

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

4 Jenis Profil Risiko Investasi yang Wajib Dipahami Buat Kamu Investor Pemula

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: