Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Mengenal Cara Kerja Traction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Mengenal Cara Kerja Traction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Diposting pada 24 February 2022 oleh pengurus / Dilihat: 752 kali

[

digitren.id, Jakarta – Motor service punya empat kendaraan berbayar yang populer di Indonesia. Bukan hanya sebagai alat transportasi, namun sepeda motor diketahui juga menjadi hobi bagi sebagian masyarakat Tanah Air.

Di atas dasar itu, motor nyatanya membutuhkan fitur keselamatan berkendara untuk mendukung segala macam kegiataan seseorang. Salah satunya adalah Sistem Kontrol Traksi (TCS), yang menggunakan slip banj.

Dengan bantuan TCS, Anda akan dapat menggunakan motor untuk memaksimalkan kit yang akan digunakan pada perimeter licin akibat basah atau berpasir. Hal itu terkait dengan Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), Muslian.

“Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan TCS yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat keselamatan ini membuat pengguna motor meningkat Nikmati dalam menjalani kegiatannya dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip, ”katanya dalam rilis yang diterima Tempo.

Fitur TCS sendiri nyatanya memiliki dua komponen penting, yakni sensor kecepatan dan ECU. Komponen pertama nanti bekerja untuk mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU. Jika mendeteksi peningkatan yang lebih dari akibat ban slip, maka ECU akan mengundur waktu pengapian.

Tak hanya itu, ECU juga bakal berakhir Pasokan bahan bakar sementara jika terjadi masalah di atas. Dengan begitu, tenaga mesin dan putaran ban belakang akan berkurang sehingga pengendara bisa meminimalkan potensi terjatuh akibat ban slip.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin mengetahui apakah fitur TCS pada motor Anda masih bekerja, maka bisa dilihat dari lampu indikator. Jika lampu indikator TCS menyala, maka sakelar lampu TCS menyala.

Untuk terhubung dengan fitting TCS, Anda perlu mendukung motor dan pompa bensin. Ketika fitur bekerja, maka mesin akan tersendat atau berebet akibat ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda belakang berkurang.

Supaya fitur keselamatan berkendara ini tetap bekerja, maka pemilik motor harus melakukan perawatan secara berkala. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menunjang motor TCS Anda.

Baca: Galang Hendra Tampil di ARRC 2022, Satu Tim dengan 3 Pembalap Indonesia

Apakah ada tautan langsung ke artikel? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1562530/mengenal-cara-kerja-traction-control-system-fitur-keselamatan-pada-motor

Bagikan ke

Mengenal Cara Kerja Traction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Mengenal Cara Kerja Traction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: