Buka 24 jam full siap kirim sampai ke luar negeri
  • Gabung Bersama Kami untuk Dapatkan Tambahan Penghasilan Sampai 100 Juta Dalam Program Affiliasi dan Reseller Produk Kami
Beranda » Blog » Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

Diposting pada 30 March 2022 oleh pengurus / Dilihat: 310 kali

[

BORONG, digitren.id – Salah satu kegiatan di Kampung Colol dua minggu lalu (2H1M) adalah jelajah kebun salinanyakni tur uma Juria (tur kebun kopi Juria).

Ini adalah nama yang diberikan kepada banyak komunitas berbeda di colol. Salah satunya komunitas Gejur dan kawan-kawan yang menggerakkan komunitas kopi tuk dan produk Salinan Po’ong, salah satu merek salin warna yang kini telah tersedia di pasar.

“Berwisata di kawasan kebun kopi warna sambil menanam anakan kopi Juria demi terciptanya dan keberlangsungan kopi khas Flores, NTT ini,” ujar Pemandu Wisata Flores Muhammad Boeharto kepada Kompas.comSenin, (28/3/2022).

Baca juga: Kopi Colol dan Tradisi Menyambut Tamu di NTT

Ia melanjutkan, para pegiat komunitas kopi di kawasan wisata kopi warna Saya ingin menyalin milik Juria yang ditanam oleh wisatawan.

Boeharto yang lebih dikenal Boe Berkelana melanjutkan, berlangsung sekitar satu jam dengan pembangunan kebun kopi.

Wisatawan dapat mendukung seperti Bung Andre, Bung Amandus, dan banyak lainnya yang tertarik dengan Juria Hadir di Colol lalu disusul kopi varian arabika lainnya, seperti catura kuning dan merah, juga kopi Kartika.

Selain Arabika, di Colol juga tumbuh Kopi Tuang, sebutan untuk Robusta. Narasi Arabika dengan beberapa varian dan sebutannya juga narasi Robusta dibungkus dalam tur ini sembari melihat langsung perbedaan pohon, daun, hingga buahnya.

Colol, pusat copy Manggarai

Tak heran, lanjut Boeharto, Colol selalu disebut sebagai pusat Kopi Manggarai di NTT.

Selain sebagai komoditas yang profit, ia juga telah menjadi produk budaya dengan segala tradisi. Menunya terdiri dari gelas kopinya tandas, traditional toto kopi, traditional meramal dengan medium ampas kopi bekas minum.

Baca juga: Kopi Colol, Daya Tarik Wisata ke Kampung Colol Manggarai Timur

“Dalam hal ini Koalisi sudah mendaftar Juria Book dan menjadi anggota Wendy Tarigan MM MBA, Kepala Program Destinasi Pariwisata Universitas Binus Jakarta untuk menyediakan perpustakaan Juria,” ujarnya.

Dua dosen Ekowisata Universitas Bina Nusantara Jakarta sedang berwisata di kedai kopi Tuk sambil mempraktekan cara menumpuk kopi dengan peralatan kayu bersama kaum perempuan di tempat itu, Senin, (28/3/2022).  (digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO Dua dosen Ekowisata Universitas Bina Nusantara Jakarta sedang berwisata di kedai kopi Tuk sambil mempraktekan cara menumpuk kopi dengan peralatan kayu bersama kaum perempuan di tempat itu, Senin, (28/3/2022). (digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/03/28/200800427/tur-di-kebun-kopi-colol-ntt-wisata-sambil-tanam-anakan-kopi-juria

Bagikan ke

Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: