16 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Wajib Ketahui Gejala Kelenjar Getah Bening di Leher Sebelum Parah

Digitren.id – Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian sistem kekebalan tubuh untuk membantu manusia dalam melawan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus atau lainnya. Penyakit ini dapat terjadi di leher, ketiak, dagu dll. Lalu, bagaimanakah gejala kelenjar getah bening di leher?

Kita tahu bahwa saat ini banyak sekali penyakit yang bermunculan. Penyakit ini banyak disebabkan oleh adanya virus, bakteri maupun lainnya yang berada di sekitar kita. Dengan keberadaan virus atau bakteri tersebut di sekeliling kita, tentu sangat berbahaya bila kita tidak berhati – hati.

Gejala Kelenjar Getah Bening di Leher

Gejala Kelenjar Getah Bening di Leher

Virus dan bakteri tersebut akan masuk ke tubuh kita melalui berbagai cara. Dapat melalui mulut ketika makan, berbicara atau dapat melalui mata, hidung, telinga dll. Lalu setelah mereka masuk, maka mereka akan mulai beredar ke seluruh tubuh melalui peredaran darah atau kelenjar getah bening.

Bila sudah begitu, maka akan menimbulkan infeksi yang dapat menyerang kekebalan tubuh kita. Perlahan virus dan bakteri tersebut akan menyerang beberapa organ tubuh. Lalu setelah menyebar ke seluruh tubuh, maka tubuh kita akan meresponnya dengan muncul berbagai gejala penyakit.

Jika kekebalan tubuh kita tidak mampu untuk membendung adanya virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita, maka kita akan merasakan kesakitan. Bila sudah merasakan sakit yang sangat parah, maka harus segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Update Terkini Penyebaran Infeksi Virus Korona

Fungsi Kelenjar Getah Bening

Salah satu organ tubuh yang memberikan tanda bahwa tubuh kita mulai mendeteksi virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita yaitu kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening yaitu struktur kecil yang berguna sebagai filter zat asing seperti sel kanker dan infeksi.

Kelenjar getah bening mengandung banyak sekali sel kekebalan seperti sel darah putih yang dapat membantu melawan dengan menyerang dan menghancurkan kuman yang dibawa melalui cairan getah bening. Cairan ini terdapat pada pembuluh getah bening yang dikirimkan ke seluruh tubuh.

Di dalam seluruh tubuh setiap manusia terdapat banyak sekali kelenjar getah bening. Setiap kelenjar getah bening menyaring cairan yang diambil oleh pembuluh darah yang mengalir ke bagian tertentu. Disinilah fungsi kelenjar getah bening dalam melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam kita.

Sebagai contoh yaitu cairan getah bening bergabung dengan cairan getah bening di lengan, yang kemudian mengalir ke dada. Cairan ini menyaring melalui kelenjar getah bening di siku, atau bawah lengan. Selain itu juga ada cairan dari kepala, kulit kepala dan wajah yang mengalir melalui kelenjar getah bening di leher. Kelenjar getah bening ini membantu menyaring virus dan bakteri dari kepala.

Baca juga: Cara Paling Ampuh Atasi Kelenjar Getah Bening Dengan Cepat

Gejala Kelenjar Getah Bening

Bila virus dan bakteri yang masuk dari arah kepala ke dalam tubuh kita memang tidak terlihat. Namun kita dapat mempelajari melalui gejala – gejala yang terjadi di leher bila virus dan bakteri tersebut memang benar telah masuk ke dalam tubuh kita. Adapun gejala kelenjar getah bening di leher yaitu:

  1. Pembengkakan di kelenjar getah bening

Gejala kelenjar getah bening di leher yang pertama yaitu terjadinya pembengkakan di kelenjar getah bening itu sendiri. Hal ini terjadi karena sel limfosit yang abnormal berkembang dan menumpuk di kelenjar getah bening seperti di leher. Sehingga hal tersebut menyebabkan pembengkakan.

Pada umumnya, kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan itu berbentuk bulat, terasan lunak, dapat bergerak ketika disentuh, dan tidak terasa sakit. Meskipun begitu, di beberapa kasus terdapat pasien yang mengeluh kesakitan pada benjolan tersebut setelah mengonsumsi alkohol.

  1. Kelelahan yang terus menerus

Gejala yang selanjutnya yaitu kelelahan yang terus menerus. Memang pada umumnya, manusia akan kelelahan setelah melakukan kegiatan baik fisik maupun non – fisik seharian. Pada kondisi tersebut, rasa lelah kita akan hilang bila kita melakukan istirahat dan tidur guna mengembalikan energi kita.

Namun, bila rasa lelahmu tidak segera hilang, ada sebaiknya kalian harus segera konsultasi ke dokter. Bisa saja terjadi hal tersebut mengindikasikan sebagai tanda atau gejala kelenjar getah bening di leher. Akan sangat berbahaya jika terjadi keterlambatan penanganan dalam menangani penyakit tersebut.

  1. Demam dan berkeringat dingin di malam hari

Demam bisa menyerang siapa saja karena ada infeksi berupa virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh kalian. Namun demam juga bisa menjadi salah satu gejala kelenjar getah bening di leher. Hal ini dikarenakan sel limfosit dapat menghasilkan reaksi zat kimia tertentu yang meningkatkan suhu tubuh.

Selain itu juga, demam ini bisa membuat tubuh kalian menjadi berkeringat dingin di malam hari saat tertidur. Keringat ini dikarenakan demam yang tinggi bercampur dengan udara dingin malam hari. Keringat ini dapat membuat basah seluruh tubuh kalian.

Baca juga: Penyebab Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengobatinya

  1. Kulit menjadi gatal – gatal

Dalam setiap hari kita memang sering merasakan kulit terasa gatal. Kulit yang gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi, efek samping mengkonsumsi obat, kebersihan tubuh kurang dll. Namun kulit gatal pun bisa menjadi salah satu gejala kelenjar getah bening di leher.

Umumnya kulit yang terasa gatal terjadi di sekitar kelenjar getah bening yang bergejala. Fenomena ini terjadi karena zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respon terhadap gejala kelenjar getah bening yang bengkak. Zat ini akan mengiritasi kulit sehingga menimbulkan rasa gatal.

  1. Batuk dan sesak napas

Adanya gejala kelenjar getah bening di leher dapat menyebabkan batuk, sesak napas, bahkan rasa nyeri di bagian leher karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening di area leher. Bengkak pada Kelenjar getah bening tersebut akan menekan saluran pernapasan, udara, saluran pembuluh darah hingga terasa nyeri sampai ke dada.

  1. Pusing, sakit kepala, kejang, dan gejala lain

Selain ciri – ciri yang telah dijelaskan di atas, gejala kelenjar getah bening di leher selanjutnya adalah pusing, sakit kepala, bahkan kaki atau lengan terasa lemah. Gejala yang disebabkan karena sel limfosit ini dapat terjadi walaupun sangat jarang. Hal ini diakrenakan pembengkakan, rasa lelah dan demam.

Baca juga: Kenali Penyebab, Gejala dan Pemicu Timbulnya Rematik pada Tubuh

Kondisi umum seperti di atas biasanya terjadi karena virus atau bakteri yang menyebabkan pembengkakan tersebut telah sampai dii otak atau sistem saraf. Sehingga akan membuat seluruh tubuh kalian menjadi terasa sakit dimana – mana.

Demikian di atas merupakan penjelasan dari gejala kelenjar getah bening di leher yang terjadi di beberapa kasus orang. Namun perlu di pahami bahwa gejala di atas hanya literatur yang diambil dari berbagai sumber. Belum tentu bila mengalami gejala tersebut merupakan gejala penyakit tersebut.

Kesehatan tubuh merupakan investasi jangka panjang pribadi setiap individu manusia. Jangan sampai kita baru menyesal setelah mengalami penyakit di masa tua. Di mulai dari sekarang kita dapat berolahraga, mengatur hidup dan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Simak video herbal untuk Kelenjar Getah Bening di Bawah ini