Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Tur di Kebun Kopi Colol NTT, Wisata Sambil Tanam Anakan Kopi Juria

[

BORONG, digitren.id – Salah satu kegiatan di Kampung Colol dua minggu lalu (2H1M) adalah jelajah kebun salinanyakni tur uma Juria (tur kebun kopi Juria).

Ini adalah nama yang diberikan kepada banyak komunitas berbeda di colol. Salah satunya komunitas Gejur dan kawan-kawan yang menggerakkan komunitas kopi tuk dan produk Salinan Po’ong, salah satu merek salin warna yang kini telah tersedia di pasar.

“Berwisata di kawasan kebun kopi warna sambil menanam anakan kopi Juria demi terciptanya dan keberlangsungan kopi khas Flores, NTT ini,” ujar Pemandu Wisata Flores Muhammad Boeharto kepada Kompas.comSenin, (28/3/2022).

Baca juga: Kopi Colol dan Tradisi Menyambut Tamu di NTT

Ia melanjutkan, para pegiat komunitas kopi di kawasan wisata kopi warna Saya ingin menyalin milik Juria yang ditanam oleh wisatawan.

Boeharto yang lebih dikenal Boe Berkelana melanjutkan, berlangsung sekitar satu jam dengan pembangunan kebun kopi.

Wisatawan dapat mendukung seperti Bung Andre, Bung Amandus, dan banyak lainnya yang tertarik dengan Juria Hadir di Colol lalu disusul kopi varian arabika lainnya, seperti catura kuning dan merah, juga kopi Kartika.

Selain Arabika, di Colol juga tumbuh Kopi Tuang, sebutan untuk Robusta. Narasi Arabika dengan beberapa varian dan sebutannya juga narasi Robusta dibungkus dalam tur ini sembari melihat langsung perbedaan pohon, daun, hingga buahnya.

Colol, pusat copy Manggarai

Tak heran, lanjut Boeharto, Colol selalu disebut sebagai pusat Kopi Manggarai di NTT.

Selain sebagai komoditas yang profit, ia juga telah menjadi produk budaya dengan segala tradisi. Menunya terdiri dari gelas kopinya tandas, traditional toto kopi, traditional meramal dengan medium ampas kopi bekas minum.

Baca juga: Kopi Colol, Daya Tarik Wisata ke Kampung Colol Manggarai Timur

“Dalam hal ini Koalisi sudah mendaftar Juria Book dan menjadi anggota Wendy Tarigan MM MBA, Kepala Program Destinasi Pariwisata Universitas Binus Jakarta untuk menyediakan perpustakaan Juria,” ujarnya.

Dua dosen Ekowisata Universitas Bina Nusantara Jakarta sedang berwisata di kedai kopi Tuk sambil mempraktekan cara menumpuk kopi dengan peralatan kayu bersama kaum perempuan di tempat itu, Senin, (28/3/2022).  (digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO Dua dosen Ekowisata Universitas Bina Nusantara Jakarta sedang berwisata di kedai kopi Tuk sambil mempraktekan cara menumpuk kopi dengan peralatan kayu bersama kaum perempuan di tempat itu, Senin, (28/3/2022). (digitren.id/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/03/28/200800427/tur-di-kebun-kopi-colol-ntt-wisata-sambil-tanam-anakan-kopi-juria

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.