17 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Biro Jasa Travel Umroh Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Digitren.id – Mungkin masih membekas dalam pikiran kita, tentang adanya biro jasa umroh yang melakukan penipuan terhadap calon jemaat umroh yang telah mendaftar, bahkan telah melunasi semua biayanya. Tetapi dalam kenyataannya mereka tidak berangkat. Dan setelah terungkap ternyata uang mereka malah dipergunakan untuk urusan pribadi oleh pemilik travel umroh tersebut.

travel umroh

travel umroh

Terkadang mungkin tidak terpikirkan oleh kita, masak iya sih travel haji dan umroh yang notabene adalah melancarkan urusan ibadah kepada Alloh SWT melakukan penipuan. Tapi dalam kenyataannya itu terjadi, nominal uang hasil menipunya bisa sampai ratusan juta bahkan ada yang sampai ratusan milyar.

Mungkin para agen travel umroh tersebut tergiur melihat begitu besarnya antusias ibadah haji dan umroh di Indonesia. Apalagi ibadah haji dan biaya umroh 2021 ini merupakan ibadah yang cukup mahal di negara ini. Karena jelas dari jarak tempuh yang jauh dari tanah air, yang pastinya butuh biaya cukup mahal. Akhirnya para agen biro jasa umroh yang nakal mengambil kesempatan ini.

Hati-hati Memilih Travel Umroh

Untuk itulah di negara ini kita sangat perlu berhati-hati memilih agen biro jasa umroh yang akan kita percayakan untuk mengurusi ibadah kita. Tentunya kita gak mau kan menitipkan uang yang telah susah payah kita kumpulkan hanya diberikan begitu saja pada agen travel umroh murah yang salah. Entah nantinya fasilitas yang didapat tidak sesuai harga bahkan sampai kena tipu.

Makanya menjadi sangat penting untuk memilih travel biro jasa umroh mana yang akan kita pilih, karena di Indonesia sendiri begitu banyaknya travel umroh yang ada, bahkan mungkin di setiap daerah ada. Dengan berbagai macam penawaran paket umroh murah dan promonya masing-masing. Terkadang kalau tidak behati-hati ada yang menipu atau menelantarkan jemaatnya.

Saat salah memilih paket umroh ada jemaat yang sudah sampai disana malah terlantar tidak ada yang mengurusi. Pastinya hal itu tidak ingin terjadi kan pada diri kita. Maka perlunya dengan jeli memilih travel umroh yang amanah dan bisa melayani kita dengan baik selama beribadah di sana.

Cara Memilih Agen Travel Umroh

Kalau dari Kementrian Agama sendiri memiliki 5 tips pasti umroh, yaitu pasti perizinan travel umrohnya, pasti jadwal keberangkatannya, pasti penerbangannya maksutnya maskapai yang akan digunakan, pasti hotelnya dan pasti Visanya. Mungkin referensi dari KEMENAG ini bisa jadi acara pertama kita menentukan travel umroh mana yang akan kita pilih.

Selain itu dengan adanya kemajuan teknologi ini kita sebenarnya menjadi lebih mudah mengecek terlebih dahulu travel umroh yang akan kita pilih. Bisa cek langsung melalui laptop atau browser dan bisa melalui handphone. Agar bisa melihat travel mana saja yang mempunyai izin resmi di KEMENAG, agar kita tidak salah pilih nantinya.

Untuk melalui laptop atau browser bisa masuk ke website kemenag.co.id trus masuk basis data, lalu pilih penyelenggara umroh maka disitu banyak biro jasa umroh yang tersedia. Atau mungkin bisa cek langsung nama travel umroh yang ada di sekitar kita, maka akan ditunjukkan tentang perizinan travel tersebut, atau ulasannya tentang travel tersebut.

Atau bisa juga mengecek travel yang akan kita pilih menggunakan handphone, caranya kita masuk playstore cari aplikasi “umroh cerdas KEMENAG” lalu instal di handphone kita, setelah terinstall bisa masuk aplikasi lalu cari penyelenggara umroh kemudian cari nama travel yang dikenal. Hampir sama dengan pencarian menggunakan laptop hanya saja untuk aplikasi di handphone ada tambahan do’a-do’a dan info-info kesehatan seputar haji dan umroh.

Baca juga: Persiapan Kesehatan Sebelum Umroh

Harusnya dengan dukungan teknologi tersebut kita tidak boleh sampai salah memilih travel umroh yang akan di gunakan. Selain itu bisa juga kita menanyakan langsung pada orang-orang yang pernah menggunakan jasa travel tertentu, bagaimana ulasan dan tanggapan mereka tentang pelayanan jasa dan lainnya. Bila mereka senang maka bisa menjadi rekomendasi, atau bila mereka kecewa maka harus mulai memilih travel lainnya.

Memastikan Langsung Travel Umroh

Setelah kita yakin menentukan travel biro jasa umroh yang kita pilih, langkah selanjutnya adalah kita perlu mendatangi langsung travel yang bersangkutan dan menanyakan langsung perihal harga dan fasilitas yang akan didapatkan. Kita pertimbangkan harga harus sesuatu fasilitas yang diberikan. Jangan sampai ada penawaran murah dengan fasilitas mewah, itu justru malah harus waspadai.

Kita bisa juga menanyakan pihak travel biro jasa umroh tentang jadwal keberangkatan ibadah umroh yang disediakan. Karena yang menentukan jadwal adalah pihak travel sedangkan penentuan keberangkatan tentu dari kita, maksutnya setelah kita memang mampu dari segi biaya. Biar setelah biaya tersedia kita tinggal menyesuaikan jadwal pihak travel tersebut.

Baca juga: Travel Haji Furoda Haji Plus Langsung Berangkat Tahun ini Tanpa Antri

Selain itu perlu diperhatikan masa tunggu kita dari setelah mendaftar sampai keberangkatan menurut peraturan Menteri Agama no 8 tahun 2018 adalah maksimal 6 bulan. Maka umpama ada yang lebih dari itu bisa kita tanyakan alasannya. Atau bila ada travel yang menjanjikan hanya satu atau dua bulan itu malah mencurigakan, karena seperti halnya haji umroh pun di Indonesia antri.

Hal yang perlu kita tanyakan langsung ke pihak travel biro jasa umroh diantara maskapai dan tiket pesawat pulang balik, akomodasi hotel waktu di sana, biaya muthowif, biaya visa dan kepastian visanya. Adapun untuk menyesuaikan bekal uang yang akan kita bawa, kita bisa juga menanyakan pihak travel apakah selama di sana makan ditanggung apa harus beli sendiri.

Paket Travel Umroh

Memang ada paket umroh yang murah tentunya dengan fasilitas yang sesuai dengan harganya. Untuk paket umroh sendiri yang bisa dibilang termurah adalah 17 jutaan keatas. Umpama ada harga dibawah itu maka harus waspada. Karena dari dulu ada saja biro jasa umroh yang menawarkan harga murah fasilitas mewah ujung-ujungnya penipuan.

Selain dengan harga paket yang murah, biro jasa umroh juga ada yang menyediakan paket yang mahal bahkan namanya umroh plus atau umroh plus Turki tour. Yang dari segi harga bisa dua kali lipat daripada paket reguller yaitu kisaran 40 sampai 50 jutaan bahkan lebih. Tapi pastinya dengan fasilitas yang lebih istimewa, termasuk biasanya di akhir umroh ada kunjungan ke negara-negara timur tengah.

Dari pihak biro jasa umroh biasanya akan menaikkan harga paketnya terutama saat bulan Ramadhan. Karena saat bulan Ramadhan sendiri terjadi lonjakan jemaat yang akan melaksanakan ibadah umroh, selain itu sebab saat bulan Ramadhan semua hotel di sana harganya naik, selain itu tiket pesawat juga naik, makanya pihak biro jasa umroh juga menyesuaikan akan hal itu.

Baca juga: Perbedaan Haji dan Umroh

Selain memilih biro jasa umroh yang sudah berizin sebenarnya sangat direkomendasikan memilih travel yang memang sudah lama beroperasi, dan sudah terbukti banyak memberangkatkan jemaat baik haji maupun umroh. Tentunya mereka akan memiliki pengalaman lebih bila dibanding yang mungkin baru terbentuk.

Tetapi tidak menutup kemungkinan meskipun baru terbentuk, tetap ada yang amanah. Bahkan mungkin memiliki penawaran yang lebih baik. Tinggal kitanya yang harus betul-betul teliti memilih pihak travel mana yang dipilih. Tujuannya biar perjalanan ibadah umroh kita berhasil dan sukses bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

Menentukan biro jasa umroh yang kita pilih secara teliti juga akan membuat kita menjadi merasa lebih tenang dari sejak mendaftar sampai kepulangan ke tanah air nantinya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan kita semua bisa berangkat haji dan umroh dengan selamat serta mendapat limpahan pahala dari Alloh SWT.