12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Toko Online Termurah Gratis Ongkir Banyak Cashback

Digitren.id – Berbelanja secara online sekarang telah menjadi trend di kalangan masyarakat kita. Karena sekarang banyak kita jumpai toko online di mana-mana. Baik melalui website ataupun marketplace bahkan di sosial media seperti facebook, dll pun juga banyak toko online. Kita bisa membandingkan toko online termurah di masing-masing layanan tersebut.

toko online termurah

toko online termurah

Pada awal mulanya jual beli secara online dilakukan di negara Inggris. Akhirnya terus berkembang di negara-negara lain di dunia. Belanja online sendiri merupakan proses jual beli yang dilakukan melalui media internet yang menghubungkan antara si penjual dan calon pembeli.

Apalagi dengan timbulnya wabah Covid-19 untuk saat ini dunia seperti betul-betul di reset agar aktivitas lebih banyak di rumah. Akhirnya berdampak juga pada aktivitas jual beli lebih banyak dilakukan melalui toko online.

Termasuk dampaknya beberapa toko offline sampai banyak yang tutup. Seperti Matahari menutup berapa outlet nya. Dan beberapa mall besar juga banyak yang mengalami dampak buruk wabah ini. Dengan seiring wabah ini toko online semakin berjaya, bahkan mereka saling bersaing agar menjadi toko online termurah.

Banyak yang mengobral voucher berbelanja, termasuk menawarkan gratis ongkos kirim, dan bahkan terkadang sampai membuat even flash sale dengan diskon besar-besaran. Hal inilah yang menjadikan orang lebih memilih belanja online daripada offline.

Keuntungan dan Kekurangan Toko Online

Dengan hadirnya toko online maka akan memudahkan bagi penjual dan pembeli. Beberapa keuntungan dengan hadirnya toko online diantaranya :

  • Bagi pembeli kita tidak perlu lagi harus mendatangi toko, atau penyedia jasa yang kita butuhkan. Cukup ada koneksi internet kita bisa menjelajah toko online yang kita butuhkan.
  • Bagi pembeli bisa memilih berbagai macam barang atau jasa kapanpun dan dimanapun sesuka hati.
  • Bagi pembeli bisa membandingkan harga dari setiap toko online yang ada bisa memilih toko online termurah.
  • Bagi penjual tentu saja menghemat biaya pembuatan toko secara offline yang pastinya membutuhkan budget besar. Tapi dengan membuka toko online bisa dibilang biaya yang dikeluarkan murah bahkan ada yang gratis.
  • Bagi penjual dengan membuka toko online jangkauan pembelinya menjadi lebih luas bisa seluruh nusantara bahkan dunia.

Itulah keuntungan dengan hadirnya toko online baik bagi pihak penjual maupun pihak pembeli. Tetapi perlu diketahui bahwa belanja online bisa dapat menimbulkan beberapa kerugian baik pihak penjual maupun pembeli, diantaranya :

  • Bagi pembeli bisa terkena penipuan, apalagi yang melakukan transfer uang terlebih dahulu. Terkadang kita sudah transfer barang tidak dikirim. Tetapi sekarang ada beberapa toko online yang menyediakan layanan bayar di tempat ( cash on delivery ) atau biasa dikenal COD. Yang memungkinkan pembeli membayar setelah barang sampai.
  • Bagi pembeli terkadang mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan diskripsi penjual. Terkadang bahannya jelek, salah ukuran, salah warna dan masih banyak lagi hal yang bisa mengecewakan.
  • Bagi penjual karena banyak yang masuk toko online menjadikan perang harga. Sehingga membuat sesama penjual online saling menjatuhkan.
  • Ada kemungkinan terjadi pembobolan rekening, karena semua berbasis online. Terkadang banyak spam yang mengganggu dan potensi hacker melakukan aksinya yang bisa merugikan baik pihak penjual atau pembeli.

Intinya semua transaksi baik secara offline maupun online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kita yang harus bisa menyesuaikan seusai kebutuhan. Tetapi di luar potensi merugikan adanya toko online, nyatanya masih banyak penjual dan pembeli yang memang amanah.

Tidak ada salahnya dengan hadirnya toko online, apalagi toko online herbal yang biasanya lebih ramai pembeli sebab berkaitan dengan kesehatan, bahkan malah toko online herbal justru menguntungkan. Dengan tawaran setiap toko online yang mereka terus berusaha untuk menjadi toko online termurah dengan banyak fasilitas yang diberikan.

Untuk kita saat ini pastinya banyak yang sudah pernah berbelanja di toko online. Atau pasti juga sudah pernah membanding-mandingkan harga barang yang sama di toko online yang berbeda. Untuk mendapatkan toko online termurah agar harga yang didapatkan lebih murah dengan beberapa potongan.

Toko Online Termurah di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak toko online termurah, khususnya toko online yang ada di marketplace. Ada banyak marketplace dengan keunggulannya masing-masing. Beberapa toko online termurah yang ada di Indonesia mungkin yang pertama adalah tokopedia.

Tokopedia merupakan toko online yang cukup lama berada di Indonesia. Tokopedia telah berhasil menjalankan beberapa kemitraan dengan UMKM yang ada di negri kita ini. Ada yang bilang kalau di Tokopedia merupakan tempat kulakan. Karena banyak produsen langsung yang menjual produknya di Tokopedia ini.

Tokopedia sendiri satu-satunya marketplace di Asia Tenggara yang mendapatkan investasi cukup besar yaitu 100 USD. Termasuk ada juga marketplace karya anak bangsa yaitu Bukalapak, untuk toko online yang satu ini bisa dibilang memiliki pelayanan yang baik, dan masih dipercaya oleh para pengguna setia nya.

Baca juga: Marketplace PT Astra Digital Internasional

Untuk selanjutnya ada Shopee yang selalu menawarkan banyak voucher belanja baik gratis ongkos kirim, voucher diskon dan cash back yang banyak diburu para pembeli. Shopee pun banyak menawarkan barang dari luar negeri yang terbilang sangat murah sehingga memberikan warna bagi penggunanya.

Termasuk ada Lazada, yang memiliki tingkat keamanan sangat ketat bagi para penjual online. Karena untuk memiliki toko online di lazada penjual diharuskan melewati beberapa tahapan yang ketat. Inilah yang menjadikan lebih amannya bagi pembeli dari penipuan.

Di lazada sendiri juga sering ada even flash sale dan voucher besar-besaran di waktu teetentu. Sehingga masih teegolong toko online termurah. Ada juga marketplace yang memiliki kurir sendiri terutama seperti JD ID. Saat kita berbelanja di marketplace ini maka pilihan pengirimannya hanya satu dari pihak JD ID saja dan memiliki prinsip jaminan barang ori.

Toko Online Melalui Website dan Sosial Media

Sebenarnya masih banyak marketplace di Indonesia yang memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli dengan keunikannya masing-masing. Seperti zalora yang menawarkan lebih ke fashion branded. Atau olx yang lebih menawarkan barang bekas berkualitas, dan masih banyak lagi.

Belum lagi toko online yang ada di situs-situs website. Mereka juga menawarkan banyak produk dan jasanya masing-masing. Untuk toko online yang ada di website kita bisa lebih tahu tentang produk yang kita cari. Karena biasanya akan diterangkan manfaat produk, fitur, keunggulan dan lain-lain.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online

Atau toko online yang ada di sosial media baik itu facebook, instagram, tik-tok dan lain-lain. Yang mana mereka juga cukup aksis di kalangan kita. Karena biasanya barang yang dijual di sosial media kita bisa COD atau ketemu penjual langsung bila memang jaraknya dekat.

Semua toko online baik di marketplace, website, maupun sosial media tersebut semua pastinya ada resikonya masing-masing. Dan juga ada keunggulan yang tidak dimiliki di tempat lain. Kesimpulannya semua transaksi berbasis online kita perlu waspada baik pihak penjual maupun pihak pembeli.

Agar kita bisa terhindar dari segala praktek kecurangan dan penipuan. Sehingga sama-sama bisa untung baik pembeli maupun penjual. Sama-sama tidak ada yang merasa dirugikan atau kecewa karena transaksi online.

Demikian tadi artikel tentang toko online termurah. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Baca juga: Rahasia Sukses Jualan Online