15 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips Sukses Jualan Online Bagi Pemula Bisa Tanpa Modal

Digitren.id – Siapa bilang hanya para pebisnis senior dan brand besar saja yang bisa sukses jualan online? Pemula juga bisa, kok!

Memulai bisnis, khususnya secara online, memang tidak selalu mudah. Banyak rintangan yang harus dihadapi bagi para pemula, yakni para pebisnis maupun merk yang telah menjangkau pasar yang luas.

Namun tidak perlu risau. Artikel kali ini akan membahas tips bagaimana pebisnis pemula bisa sukses dalam berjualan online.

Sukses Jualan Online

Sukses Jualan Online

5 Tips Ini Perlu Dicoba Agar Sukses Jualan Online

Riset Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan agar sukses jualan online yakni melakukan riset pasar. Riset pasar adalah kegiatan mencari tahu produk apa yang sedang gencar dicari dan dibutuhkan oleh konsumen.

Bagaimana sih cara mengetahui produk yang sedang laris di pasaran? Terdapat beberapa platform yang menyediakan informasi mengenai hal tersebut, salah satunya melalui google trend.

Google trend akan menampilkan data produk apa saja yang sedang banyak dibeli oleh masyarakat. Kita dapat mengatur bagaimana data akan ditampilkan; bisa untuk 24 jam terakhir atau waktu-waktu tertentu, juga di daerah mana yang ingin kita ketahui.

Bisa langsung mengunjungi situs https://trends.google.com kemudian klik segitiga kecil di atas bagian kiri untuk mengatur lokasi negara yang ingin kamu ketahui  mengenai update terkini.

Semakin tinggi permintaan pada suatu barang, maka semakin tinggi pula peluang produk kita akan terjual. Maka, manfaatkan peluang, ya!

Membuat Akun Toko di E-Commerce

Langkah selanjutnya adalah membuat akun toko di e-commerce. Mengapa ini perlukan? Dewasa ini perkembangan e-commerce, khususnya di Indonesia, sangatlah cepat. Hal tersebut pula mengubah budaya masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli.

Di Indonesia banyak pilihan yang bisa kita manfaatkan, antara lain Tokopedia, Shopee, Blibli, BukaLapak, dan sebagainya.

Membuat akun di e-commerce tidak sulit. Hanya perlu menyiapkan email dan nomor ponsel yang masih aktif, kita akan mendapatkan akun tersebut beserta fasilitas di dalamnya.

E-commerce sangat disarankan bagi pebisnis pemula yang ingin sukses jualan online. Selain gratis dan jangkauan pasar lebih luas, fasilitas yang didapatkan pun mempermudah penjual untuk memasarkan produk.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Berikut adalah beberapa keuntungan jika kita menggunakan e-commerce:

  1. Jangkauan Yang Tak terbatas

E-commerce adalah situs jual-beli dengan pemasaran tak terbatas sehingga memudahkan para penjual untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Mencari pelanggan baru pun bukan lagi menjadi masalah.

  1. Meminimalisir Biaya

Biaya operasional pun dapat dipangkas bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan situs jual-beli online ini. Salah satunya adalah tidak memerlukan banyak gedung atau toko serta pegawai yang banyak.

  1. Transaksi Lebih Aman

E-commerce juga membantu kita terhindar dari transaksi yang tidak aman sehingga tidak perlu khawatir tertipu oleh pembeli yang nakal.

  1. Banyak Program Menarik

E-commerce di Indonesia cukup sering menyelenggarakan program menarik guna meningkatkan jumlah transaksi di situs mereka. Contoh program menarik antara lain 12.12, promosi gratis ongkir, dan sejenisnya. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menarik calon konsumen.

  1. Menjadi Dropshiper

Dropship adalah kegiatan menjual kembali produk dari suplier kepada konsumen melalui suplier. Artinya kita hanya perlu memasarkan produk tanpa harus membeli terlebih dahulu dari suplier. Ini cocok bagi kamu yang ingin memulai bisnis tanpa modal.

Di Shopee, kita difasilitasi dapat mengunggah produk dari seller lain untuk kita jual kembali di lapak sendiri, dengan harga yang dapat ditentukan sendiri. Bagi konsumen yang ingin membeli akan diarahkan menghubungi penjual melalui whatsapp.

Rutin Melakukan Promosi Secara Online

Langkah ketiga adalah runtin melakukan promosi.

Untuk promosi secara online, kita bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp, dan sejenisnya, untuk mempromosikan produk kita. Selain gratis, produk akan lebih dikenal dan mudah disebarluaskan sehingga peluang menarik konsumen menjadi lebih besar.

Ada juga jenis promosi digital berbayar, antara lain facebook ads, google ads, dan sebagainya. Kedua platform tersebut memang lebih sering digunakan para pebisnis untuk mempromosikan produk dikarenakan banyaknya jumlah pengguna.

Bagaimana google ads dan facebook ads bekerja?

Google ads membantu mencari dan menemukan pelanggan baru melalui keyword. Facebook ads mencari dan menemukan pelanggan baru berdasarkan hal apa yang pengguna minati. Gambaran kasarnya adalah google membantu mencarikan pelanggan, sedangkan facebook membantu pelanggan menemukan penjual.

Keuntungan dari promosi berbayar ini adalah produk kita akan ditampilkan di platform yang lebih luas. Semua sudah diatur oleh sistem sehingga kita tidak repot melakukan promosi berulang kali.

Diskon Atau Promo Menarik

Langkah yang tidak kalah penting untuk mencapai sukses jualan online adalah menyelenggarakan promo menarik dan diskon. Hal tersebut sangat efektif untuk menarik minat calon konsumen membeli produk kita.

Berikut strategi membuat diskon atau promo yang menarik:
  1. Promosi Harga / Diskon

Dalam menentukan harga diskon tentu tidak boleh asal-asalan. Kita harus memperhitungkan semua dengan matang apalagi untuk membuat promosi harga, jangan sampai kita malah rugi.

Tipsnya adalah berikan selisih harga dengan produk pesaing. Walaupun hanya 100 perak, hal tersebut secara tidak langsung memberi kesan “lebih murah” pada produk kita.

Atau bisa juga dengan menaikan harga, kemudian memberikan potongan harga sebesar nominal yang kita inginkan. Itu adalah salah satu permainan / strategi pemasaran.

  1. Konsep Menarik

Sesuatu yang menarik memang selalu meningkatkan minat banyak orang. Cobalah membuat suatu konsep program yang jarang atau bahkan belum pernah dilakukan brand lain.

Salah satu contoh konsep yang menarik adalah program 12.12. Walaupun sekarang sudah terkesan biasa bahkan hampir semua e-commerce melakukan program demikian, namun awal dari hadirnya konsep promo tersebut, khususnya di Indonesia adalah e-commerce berwarna jingga itu.

  1. Tetapkan Minimal Pembelian

Pernahkah kamu menjumpai promo beli 2 gratis 1? Atau beli 2 dapat diskon sekian persen? Ya, itu merupakan salah satu strategi promosi. Kita bisa mencoba strategi ini untuk meningkatkan jumlah pembelian.

  1. Free Gift (Hadiah Menarik)

Selain potongan harga, sesuatu yang gratis pun seringkali diminati para pembeli. Kita dapat menawarkan program / promo gratis hadiah menarik bagi konsumen yang melakukan pembelian dengan nominal terntentu.

Selalu Update di Sosial Media

Update di sosial media adalah kewajiban. Mengapa demikian? Karena apabila calon konsumen mengetahui akun selalu diperbaharui, secara tidak langsung hal tersebut membuat calon konsumen percaya bahwa toko kita adalah nyata.

Yang perlu di-update di sosial media adalah ketika sedang menggelar even atau diskon atau promo menarik lainnya. Memperbaharui stok / ketersediaan barang, mengunggah testimoni maupun foto terbaru produk agar memberi kesan baru pada toko. Gunakan foto yang menarik untuk semakin menarik minat calon konsumen.

Demikian tips sukses jualan online bagi pemula untuk meningkatkan penjualan. Yang tidak kalah penting dari itu semua adalah niat, tidak pantang menyerah, dan terus mau berusaha. Silakan dicoba!