13 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips dan Trik Ampuh Mendapatkan Domain Gratis Selamanya

Digitren.id – Bila kita ingin membuat website pastinya akan membutuhkan hosting dan domain. Kita bisa mendapatkan kedua layanan ini di tempat terpisah. Terkadang kita bisa dapat nama domain gratis dalam satu paket saat membeli hosting.

Kita membangun sebuah website itu ibarat kita seperti mempunyai sebuah rumah yang mana kita membutuhkan lahan dan alamat yang lengkap agar memudahkan orang datang berkunjung ke rumah kita.

domain gratis

domain gratis

Bila dalam dunia website, rumah kita itu ibaratnya adalah hosting sebagai lahan untuk pembangunan rumah kita. Sedangkan domain kita merupakan alamat lengkap kita, agar orang mudah dalam mencari rumah yang telah kita bangun.

Makanya domain dan hosting merupakan dua hal yang akan selalu berhubungan. Untuk saat ini banyak orang yang terjun ke dunia internet, termasuk salah satunya untuk membangun website mereka. Baik bertujuan untuk promosi, bisnis, branding, dll.

Maka sekarang kebutuhan akan hosting dan domain pun sangatlah meningkat. Mengingat dunian internet sekarang ini sudah seperti kebutuhan dan peluang bisnis yang sangat prospek tinggi. Baik membangun website perusahaan, membuat toko online berbasis website, menjadi blogger, dll.

Sehingga banyak pula layanan penyedia hosting dan domain. Bisa kita menggunakan jasa dari luar negeri ataupun bisa juga kita gunakan layanan dari dalam negri, seperti niagahoster, domainesia, berdu, dll. Terkadang mereka memberikan domain gratis dalam paket pembeliannya.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online

Atau bisa juga dapat domain gratis untuk pelanggan yang menggunakan layanan dalam beberapa periode. Seperti karena berlangganan satu tahun baru dapat domain gratis atau bisa juga mengambil paket pro baru dapat domain gratis dari penyedia layanan.

Ada juga nama domain yang memang memberikan domain gratis tanpa dipungut biaya bila kita menggunakan nama domain di bawah pengawasan situs-situs besar sepeeti wordpress.com, blogger.com, dll.

Perlu kita ketahui bahwa nama domain itu terdiri dari 2 unsur utama yaitu nama website dan eksistensi. Contoh google.com maka google merupakan nama website sedangkan .com merupakan eksistensi nya. Agar tidak terjadi kesamaan nama domain maka ada pusat data.

Jeni-Jenis Domain

Hal ini dikelola oleh organisasi Internet Corporation for Assigned Name and Numbers ( ICANN ). Sehingga bisa dipastikan tiap nama website di dunia ini berbeda-beda tidak terjadi salah alamat atau double. lebih jelasnya kita perlajari beberapa macam domain berikut ini :

  • Yang pertama adalah Top Level Domain / TLD nama domain inilah yang paling populer digunakan untuk situs website. Karena yang paling simpel dan tidak menuju ke website tertentu. TLD ini umum dan bisa digunakan perorangan, yang paling sering dipilih adalah .com,.net, .org dll.
  • Ada juga nama domain Country Code Top Level Domain / ccTLD. Merupakan kode sebuah negara menjadi eksistensi dalam nama domain. Ini bisa memiliki tujuan untuk menunjukkan bahwa website tersebut dari sebuah negara tertentu. Atau bisa juga untuk penargetan yang tepat bagi masyarakat yang mengakses website tersebut sesuai negara masing-masing. Biasanya terdiri 2 huruf singkatan dari negara tersebut. Contoh .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika, .jp untuk jepang dll.
  • Ada juga nama domain Generic Top Level Domain / gTLD. Awalnya nama domain ini sering berhubungan dengan suatu bidang atau organisasi tertentu. Seperti contohnya .gov untuk govement atau pemerintahan, .edu atau edukasi untuk bidang pendidikan dll.
  • Termasuk ada juga yang lebih rinci lagi dari semua nama domain tadi yaitu Second Level Domain. Ini bisa dibilang turunan dari TLD yang lebih terperinci eksistensi nama domain. Ini bisa membantu mengidentifikasi suatu website tanpa harus membaca isinya. Contoh gov.id berarti menunjukkan website tersebut milik pemerintahan Indonesia, dll.
  • Jenis domain yang lain adalah Sub Domain. Ini membuat sebuah website bisa memiliki banyak halaman tanpa harus membeli nama domain baru. Karena terkadang semua penjabaran kita tidak bisa hanya termuat dalam satu server saja. Makanya sub domain bisa menjadikan kita memiliki beberapa halaman yang terpisah dari halaman utama tanpa nama domain baru.
  • Jenis yang terakhir adalah Domain Gratis. Buat yang mencari domain gratis tetap bisa kok dengan kita memanfaatkan website yang sudah besar dan memang menyediakan layanan domain gratis seperti wordpress.com, weebly, dll. Tapi kalau untuk jangka panjang domain gratis jenis ini kurang bagus untuk branding. Karena nama website kita selalu tercantum nama dari penyedia. Contoh inforumahjogja.webly.com dll.

Itulah beberapa jenis nama domain yang tersedia buat kita. Untuk pemakaian jangka panjang sangat disarankan jangan memakai domain gratis dari website builder seperti di atas. Lebih baik gunakan TLD terutama untuk branding baik secara personal atau tingkat kelompok bahkan perusahaan.

Cara Membeli Nama Domain

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memilih nama domain. Yang pertama adalah kita perlu buat beberapa calon nama domain kita. Kita bikin daftar nama-nama unik dan mudah diingat dan sesuaikan dengan isi website kita nantinya.

Bila sudah memiliki beberapa daftar nama maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset atau mengecek ketersediaan nama domain. Seperti kita tahu sebelumnya nama domain ini dikelola oleh satu organisasi agar tidak ada kesalahan alamat website di dunia.

Kita bisa mengecek ketersediaan nama domain ini saat akan melakukan pembelian nantinya. Maka sebelumnya kita pilih terlebih dahulu penyedia layanan domain atau provider yang memang terbaik dan terpercaya. Tentu provider yang terdaftar secara resmi di ICANN.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online Bagi Pemula Bisa Tanpa Modal

Selain itu bisa juga kita lihat ulasan para pengguna layanan tersebut, termasuk tingkat keamanan dari provider tersebut harus terjaga privasinya. Bisa terhindar dari segala spam, malware, dll. Usahakan pilih provider yang memberi layanan 24 jam, sehingga bila terjadi masalah segera teratasi.

Bila sudah yakin denga provider pilihan kita maka langkah selanjutnya adalah kita daftar akun terlebih dahulu lalu kita coba satu per satu nama domain yang telah kita persiapkan apakah masih tersedia atau sidah ada yang memakai.

Bila sudah dapat nama domain yang sesuai keinginan bisa juga kita perlu pertimbangkan adalah panjang dan pendeknya nama domain tersebut. Buatlah sependek dan sesimpel mungkin. Yang intinya unik dan mudah diingat.

Selain itu kita perlu hindari nama domain yang menggunakan angka yang tidak ada hubungannya dengan brand atau website kita seperti www.servicemotor69.com kecuali bila memang berhubungan contoh www.djarum76.com itu tidak apa-apa.

Dan pastikan nama domain kita tidak mirip dengan brand yang sudah besar karena untuk jangka panjangnya jangan sampai pemilik brand tersebut menuntut kita dikemudian hari. Cari nama yang aman saja, setelah itu baru kita lakukan pembelian dan pembayaran.

Maka kita resmi memiliki nama domain siap pakai. Biasanya saat kita membeli hosting pun kita akan diberi pilihan membeli nama domain sekalian. Bahkan ada yang beli hosting mendapatkan domain gratis. Banyak sekarang layanan ini ditawarkan sebagai media promosi.

Demikian tadi ulasan kami tentang domain gratis. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.