19 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips Cegah Kolesterol Tinggi Saat Lebaran Hanya Dengan Merubah Pola Makan

Digitren.id – Pada topik kali ini, saya akan membahas sebuah tema, yaitu : “cara menurunkan kolesterol”. Sobat sehat, di tulisan sebelumnya Kami pernah membahas tentang kolesterol, apa fungsi kolesterol, dan ada bermacam-macam tipe kolesterol.

cara menurunkan kolesterol

cara menurunkan kolesterol

Jadi, kolesterol itu bukan cuma satu macam saja ya, yang kita ketahui dengan kolesterol jahat yaitu LDL, kemudian ada satu lagi, yakni trigliserida. Dan ada satu lagi jenis kolesterol yang baik, yang biasa kita namakan dengan HDL. Kolesterol yang jahat ini dikaitkan dengan penyakit stroke. Kemudian penyakit hipertensi, jantung koroner, dan bermacam penyakit lainnya.

Maka dari itu, pada tulisan kali ini Kami akan mengupas tuntas tentang cara menurunkan kolesterol. Obat apa yang biasanya digunakan dan apa yang dirasakan saat kolesterol Anda naik?. Seiring dengan berubahnya umur kita, secara otomatis pola makan serta perilaku kita juga akan ikut berubah.

Baca juga: Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Olahraga Dan Pola Hidup Sehat

Mungkin zaman dahulu saat kita masih kecil, saat masih sekolah, ketika jam istirahat kita rajin lari-lari. Di bawah panasnya matahari, kita masih bisa lari-lari, masih bisa bermain dan ketawa-ketawa.

Kemudian seiring berjalannya waktu, kita menjadi dewasa. Kemudian kita memasuki dunia kerja, mungkin pekerjaan kita lebih banyak duduk di depan laptop atau di depan komputer, sehingga mengakibatkan tubuh kita kurang bergerak. Kemudian pola makan kita juga tidak teratur.

Apalagi di jaman sekarang ada yang lebih praktis, Anda tinggal ambil HP, lalu pesan via aplikasi. Jadi, anda tinggal pencet, makanannya datang sendiri. Berbeda dengan zaman dahulu, Kita mesti jalan kaki untuk membeli makanan, atau mesti masak sendiri misalnya.

Alhasil seiring dengan bertambahnya umur, kemudian menerapkan perubahan pola hidup yang lebih gampang dan instan.

Sebetulnya hal ini tak terlalu buruk, pola hidup seperti ini benar-benar bisa membantu. Maksud saya, aplikasi tersebut sangat membantu. Namun, adakalanya mesti kita sisipi dengan aktivitas fisik kita. Dengan gaya hidup seperti itulah, akhirnya kolesterol kita mengendap, apalagi ditambah dengan makanan yang sudah diolah menjadi lebih gurih dan lebih enak.

Baca juga: Es Boba Paling Enak di Dunia

Semua itu cuma untuk memanjakan lidah kita, tetapi aslinya tubuh kita mungkin tidak terlalu membutuhkan asupan makanan tersebut. Kalau ditanya ‘bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami?’, jadi, hal penting yang perlu anda kerjakan yaitu merubah gaya hidup anda. Jadi, buat kamu yang terbiasa cuma duduk, anda wajib menambahnya dengan kegiatan fisik.

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Olahraga

Kegiatan fisik merupakan olahraga yang paling gampang dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda bisa jalan-jalan atau berlari. Jadi, aktivitas fisik bisa anda tambah. Kemudian yang kedua, mengubah pola makan. Bagi yang hoby makan daging merah dan lemaknya, contohnya gulai, tongseng, rawon, soto atau apa saja yang banyak mengandung lemak, coba mulai dikurangi.

Selain dengan olahraga, Anda bisa melakukan cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis

Apalagi buat kamu yang saat ini berumur di atas 30 sampai 40 tahun. Saya memiliki sahabat yang masih berumur 35 tahun, tapi sudah terkena stroke. Jika jaman dahulu orang berpendapat, ‘Strokenya tunggu nanti ketika umur 45 tahun atau di atas 50 tahun’. Di jaman sekarang ini, hal itu sudah tak berlaku lagi sebab pola makan dan kegiatan fisik tadi.

Zaman dahulu saat masih kecil, kita tidak dapat hanya tinggal pencet HP, kemudian makanan langsung datang. Kita harus pergi beli sendiri, jalan kaki. Tetapi, kini segalanya lebih serba nyaman, selain makan daging warna merah, lalu mengurangi lemak yang jenuh itu tadi, itu dapat diganti dengan zat lain yang dapat anda perbanyak.

Yang harus anda perbanyak adalah lemak yang baik seperti omega-3, bisa didapatkan di ikan. Jadi, kalau ada yang bertanya, ‘sumber omega-3 yang bagus itu dari mana?’. Anda bisa mendapatkannya dari ikan laut di perairan dalam. Kemudian, kalau anda tak menyukai makan ikan, anda tinggal cari suplement nya.

Mungkin anda bisa membeli kapsul minyak ikan yang mengandung omega-3. Atau “misalkan jika saya vegetarian, bagaimana dengan omega-3nya?”. Saya pernah membahas juga di topik sebelumnya. Bagi anda para vegan atau vegetarian, mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kekurangan vitamin omega-3 sebab tidak mengonsumsi ikan.

Jadi, anda bisa menambahnya dari minyak rami atau flaxseed oil. Itu tadi penjelasan masalah lemak, lemak yang tidak baik kita ubah menjadi lemak baik dengan konsumsi lebih banyak lemak yang baik untuk tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Menggunakan Serat Alami

Jadi, tambahkan serat dalam makanan anda, siapa yang susah sekali makan sayur? Hanya dikunyah, sulit ditelan, atau baru masuk ke mulut rasanya pahit atau tidak sedap. Maka anda harus belajar makan sayur, saya juga pernah bahas bahwa jumlah gigi kita itu ada 32 untuk dewasa.

Taringnya cuma 4, sebagian besar gigi kita di desain bukan untuk mengunyah daging. Yang dipakai untuk mengunyah daging cuma gigi taring, coba cek gigi macan.

Cara Menurunkan Kolesterol dg Cepat Menggunakan Beras Merah

Mungkin anda lebih hoby makan nasi putih, tetapi coba di’mix dengan beras coklat. Mungkin kalau anda seketika ganti total dengan beras coklat, mungkin pada sebagian orang dapat merasakan tak nikmat atau sebah di lambungnya. Mungkin karena kita telah terbiasa mengunyah dengan cepat dan langsung ditelan.

Jadi, kalau anda menggantinya dengan beras coklat, ingat!!! dalam wujud nasi ya. Jangan anda kunyah dalam wujud beras. Jadi, anda kunyah nasi coklat tadi dengan durasi yang lebih lama. Sebab beras coklat masih mengandung serat, dan ada kandungan mineralnya juga.

Beras coklat ini juga sudah pernah dibahas di tulisan sebelumnya. Jadi, semua itu yang dapat anda kerjakan, kalau anda bertanya ‘bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami?’, kerjakan dulu hal itu. Jangan buru-buru mencari obat, meskipun anda berobat ke dokter, umumnya dokter akan menyuruh anda untuk menjalankan terapi non medikamentosa dulu.

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Dengan Rubah Pola Makan

Jadi, rubah dulu pola hidup anda, rubah dulu pola makan anda. Nanti dievaluasi dalam waktu kurang lebih 2-3 bulan. Kalau Sekiranya memang tak juga membaik, barulah anda berobat. Jadi, jangan baru naik sedikit kolesterolnya, sudah buru-buru cari obat.

Obat juga penting bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Tapi, jangan sedikit-sedikit mengandalkan obat tanpa merubah pola hidup anda. Lalu, bagaimana dengan obat herbalnya? Mungkin ada sebagian dari anda yang bertanya obat herbal yang digolongankan sebagai obat alami. Kalau anda mencari obat herbal, anda bisa mengonsumsi salah satunya minyak ikan.

Sebetulnya ini bukan termasuk herbal, melainkan termasuk food supplement. Kandungan dari minyak ikan yaitu omega-3 dan ada pula yang untuk vegetarian.

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Anda juga bisa mengatasi Kolesterol dengan tanpa obat kimia, yaitu menggunakan Herbal ajaib bernama Xenza Gold. Lalu, anda juga bisa mengonsumsi beras merah tadi atau bagi yang tak menyukainya, bisa ganti dengan tambahan dalam wujud kapsul. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Semoga anda bisa melakukan saran-saran yang saya berikan. Jadi, sudah ada banyak orang yang berhasil, mungkin kadar gulanya yang tinggi bisa turun dengan hanya mengubah pola makan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa share kepada teman-teman anda.

Seperti biasa, bagi anda yang sedang mencari produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com boxsehat.com ini adalah salah satu e-commerce yang menjual produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!.