17 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips Agar Tetap Sehat di Dalam Ruangan Ber-AC

Digitren.id – Ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas penyejuk udara atau AC memang memberikan kenyamanan tersendiri bagi orang-orang yang beraktifitas didalamnya, yaitu udara yang sejuk dan bebas gerah. Hal ini tentu banyak dicari oleh orang-orang, terutama yang tidak betah dengan kondisi atau cuaca panas. Saat ini hampir semua kantor bahkan di rumah-rumah pun banyak yang menggunakan AC ini sebagai penyejuk udara.

Akan tetapi, sebenarnya tahukan Anda bahwa kesejukan yang di paparkan oleh penyejuk udara ini dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan Anda? Terutama pada bagian kulit, disadari atau tidak kulit seseorang yang berada di dalam ruangan ber AC akan menjadi kering. Belum lagi dampak negatif lainnya, seperti kedinginan yang bisa menyebabkan Anda masuk angin dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa tips bijak yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat di dalam ruangan ber AC.

Gunakan Pelembab

Bagian tubuh yang pertama terkena dampak negatif dari adanya AC adalah kulit, baik kulit wajah maupun kulit tangan dan kaki. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki rutinitas di dalam ruangan ber AC, Anda disarankan untuk menggunakan pelembab atau cream pelembab pada bagian wajah Anda. Tak hanya itu, Anda juga sebaiknya menggunakan lotion agar kelembaban kulit tubuh Anda senantiasa selalu terjaga.

Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, terutama menghindarkan Anda dari dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Ketika Anda bekerja atau berada di ruangan dengan menggunakan penyejuk ruangan, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih lebih banyak, agar supaya kebutuhan cairan Anda terpenuhi dengan baik. Karena jika Anda tidak mecukupi kebutuhan cairan Anda, beberapa bagian tubuh akan lebih cepat kering, seperti kulit dan bibir. Jika kebutuhan air harian Anda adalah 1,5 liter, maka usahakan untuk mengkonsumsi air lebih banyak ketika rutinitas Anda berada di ruangan berAC.

Pakaian

Anda bisa tetap sehat meskipun berada di ruangan ber AC. Salah satunya adalah dengan memilih dan menggunakan pakaian yang tepat. Pakaian yang tepat ini adalah pakaian yang sebaiknya tidak terlalu terbuka agar udara yang keluar dari AC tidak langsung masuk ke dalam tubuh Anda. Terlebih lagi jika suhu yang diatur terlalu rendah dan tubuh Anda kurang fit, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi Anda, misalnya saja seperti masuk angin.

Makanan

Bagi Anda yang menghabiskan waktu lebih banyak di ruangan ber AC, Anda bisa menjaga kesehatan Anda dari makanan yang Anda konsumsi. Untuk mengurangi dampak negatif dari penyejuk udara ini, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat, yaitu memperbanyak makan sayuran yang berwarna hiaju dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda, sehingga dapat meminimalisir dari efek buruk paparan udara dari AC.

Tanaman

Selain menjaga dan mengatur asupan makanan, Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan memberikan tanaman berwarna hijau pada ruangan yang menggunakan pendingin ruangan (AC). Fungsi dari tanaman hijau ini secara alami dapat mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh penyejuk ruangan tersebut.

Pemasangan AC

Pemasangan atau instalasi dari AC juga berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Untuk pemasangan AC sebaiknya tidak langsung mengarah pada bagian tubuh atau jaraknya tidak terlalu dekat dengan tubuh Anda agar dampaknya tidak merusak tubuh secara langsung.

Jalan-jalan

Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda ketika berada di dalam ruangan ber AC, sebaiknya Anda melakukan aktivitas ringan di dalam ruangan, seperti jalan-jalan. Dengan tubuh Anda tetap bergerak, dapat menjaga badan Anda tetap hangat.

Atur Suhu Ruangan

Suhu ruangan AC akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh orang yang berada di dalam ruangan. Oleh karena itu, dalam pengaturan suhu ruangan ini sangat penting, suhu yang baik adalah suhu yang tidak terlalu rendah dan juga suhu yang tidak terlalu dingin. Hal ini dikarenakan tubuh Anda akan berusaha untuk beradaptasi dengan suhu ruangan dimana Anda berada. Oleh karena itu, penting untuk mengatur suhu ruangan agar tubuh Anda tidak pengalami perubahan suhu yang terlalu drastis.

Hindari Air Hangat

Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda di ruangan ber AC adalah dengan menghindari mandi menggunakan air hangat. Mandi menggunakan air hangat dapat membuat kulit Anda cepat kering, begitupun dengan berada di ruangan ber AC, jika Anda yang berada di ruangan ber AC juga mandi menggunakan air hangat, maka resiko kulit kering akan lebih besar dibandingkan dengan mandi menggunakan air biasa.

Demikianlah tadi beberapa tips yang dapat anda terapkan agar tetap sehat di dalam ruangan ber AC. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat khususnya bagi anda yang seringkali memiliki rutinitas di ruangan ber-AC.