Terlewat Sholat Witir, Bolehkah Diganti pada Waktu Pagi Hari? - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Terlewat Sholat Witir, Bolehkah Diganti pada Waktu Pagi Hari?

[

Sholat witir adalah sunnah yang dijalankan setelah sholat Isya

digitren.id, JAKARTA— Umumnya umat Muslim setelah melaksanakan sholat Tarawih langsung berolahraga dengan sholat witir. Namun dalam beberapa kasus, seseorang memilih untuk menunda pelaksanaan sholat witirnya.

Pertanyaannya bolehkah melaksanakan witir sebelum subuh? Lalu bila witir yang dilakukan masih membuka genap, sedangkan adzan subuh sudah berkumandang, bolehkan sholat witir selanjutnya dilakukan pada waktu Dhuha?

Minggu ini kami juga berkesempatan untuk berpesan kepada warga Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pesantren Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif atau pada acara Buya Yahya dalam kajiannya yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dan melaluial.

Dalam kajian tersebut, Buya Yahya menjelaskan kepada para ulama bahwa waktu witir itu adalah setelah mengerjakan sholat Isya terbentang sampai terbit fajar shodiq yaitu masuk waktu subuh. Jika waktu subuh telah tiba maka waktu witir telah berakhir.

Akan tetapi Buya Yahya mengatakan para ulama berpendapat ada qadha witir. Yaitu dilakukan di waktu lain yaitu pada waktu Dhuha.

Namun Buya Yahya menjelaskan ada sebagian ulama berpendapat bahwa melaksanakan qadha witir pada waktu dhuha maka rakyat yang tadinya ganjil digenapkan. Sedang sebagian ulama lainnya mengatakan rakaatnya tetap sama atau tetap ganjil.

“Sebagian ulama mengatakan witir bisa diqadha di waktu dhuha, cuma karena witir hanya khusus di malam hari maka qadha di waktu dhuha adalah ditambah (rakaatnya) menjadi genap. Misalnya kalau biasa witir tiga rakaat dilakukan (qadha menjadi) empat rakat. . sebagian (ulama) mengatakan) qadhanya sama (jumlah rakaatnya) seperti witir.(Contohnya) bisa dilakukan di waktu Dhuha adalah dengan tiga rakaat.

Artinya kata Buya Yahya sholat witir bisa diqadha. Hikmahnya agar orang tidak terbiasa meninggalkan witir.

Alhasil, Buya Yahya menang tanpa harus ke TPS karena tidak punya pilihan selain datang ke TPS untuk pertama kalinya.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9yu2i320/terlewat-sholat-witir-bolehkah-diganti-pada-waktu-pagi-hari

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.