Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Suku Cadang Mobil yang Harus Rutin Diganti

[

digitren.id, Jakarta

Merawat mobil adalah suatu keharusan bagi pemilik mobil. Merawat mobil akan membuat performa mobil terus terjaga dan mencegah kerusakan pada mobil. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa onderdil mobil yang harus Anda ganti secara rutin?

Berikut ini adalah onderdil mobil yang harus diganti secara rutin, dikutip dari laman Daihatsu dan Wuling.

  1. aki

AKi adalah salah satuonderdil yang arus secara rutin diganti karena aki memiliki peran yang vital dalam sistem kelistrikan mobil. Jika aki mobil melemah, akan berakibat pada beberapa hal, seperti nyala lampu yang tidak terang, bunyi klakson yang tidak nyaring, dan bisa berakibat pada mogoknya mobil. Oleh karena itu, aki harus dicek secara berkala dan diganti secara rutin.

  1. bisnis

bisnis adalah onderdil pada mobil yang memiliki bentuk kecil. Meskipun tidak mudah untuk melakukannya, tidak menutup kemungkinan memiliki perangkat mobile yang tidak harus mobile. Penggantian busi bisa Anda lakukan ketika mobil sudah menempuh jarak hingga 20.000 kilometer.

  1. Filter udara

Filter udara adalah onderdil yang bisa Anda bersihkan secara rutin, tetapi filter udara memiliki batas usia. Filter udara memiliki fungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang berasal dari luar agar tidak memasuki ruang bakar mesin. Oleh karena itu, diperlukan juga penggantian filter udara secara rutin, tidak hanya membersihkan secara rutin.

  1. Oli mesin dan filter oli

Oli mesin dan filter oli adalah onderdil pada mobil yang harus diganti secara rutin karenna keduanya memiliki peran yang penting pada sebuah mobil dan dengan menggantinya secara rutin akan menjaga komponen-komponen agar tidak rusak. Bagi mobil baru, ganti oli disarankan ketika mobil sudah menempuh jarak 1.000 kilometer dans etelahnya Anda bisa menggantinya setelah mobil menempuh jarak 10.000 kilometer.

  1. Filter AC

Filter AC juga menjadi salah satu onderdil yang harus Anda ganti secara rutin. Karena kalau tidak akan membuat debu dan kotoran menempel dan AC pada mobil tidak akan dingin.

  1. Kampas rem

Rem salah menjadi satu sistem keamanan pada mobil dan Anda wajib mengecek kondisi rem secara berkala. Salah satu menuk mengecek rem adalah dengan melakukan pengecekan kampas rem. Salah satu kondisi yang mengidnikasikan bahwa kampas rem sudah habis adalah saat Anda menginjak pedal rem dan pijakannya lebih dalam. Saat kampas rem sudah habis, Anda harus mengganti kampas rem dengan yang baru.

Itulah beberapa onderdil alias suku cadang pada mobil yang wajib Anda ganti secara rutin dan cek berkala.

EIBEN HEIZIER

Baca juga:

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1582606/suku-cadang-mobil-yang-harus-rutin-diganti

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.