Simak Perbedaan Mendasar Mobil Matik dan Mobil Manual - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Simak Perbedaan Mendasar Mobil Matik dan Mobil Manual

[

digitren.id, Jakarta -Sebagian besar masyarakat menganggap perbedaan antara mobil matik dan mobil manual terletak pada jenis transmisinya. Tetapi, sebenarnya ada perbedaan lain antara keduanya.

Perbedaan mobile matik dan manual mobil

Dilaporkan dari laman wuling.id, for mobile manual, kaki kiri bekerja untuk mene kopling dan kaki kanan untuk menginjak rem serta gas. Selain itu, tangan kiri juga harus selalu aktif untuk melakukan perpindahan gigi.

Hal ini berbeda dengan mobil matik. Pada mobil matik, kaki kanan saja yang sangat berguna karena berfungsi untuk menginjak pedal gas dan juga rem. Sedangkan kaki kiri bebas atau tidak memegang peranan khusus seperti pada mobil manual. Tangan kiri juga cenderung lebih bebas karena mobil matik lebih jarang melakukan perpindahan seperti pada mobil manual.

Konsumsi bahan bakar pada mobil matik lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini karena pada mobil matik, kinerja mesin jauh lebih berat dibandingkan dengan transmisi pada mobil manual.

Dari segi kenyamanan, mobil matik jauh lebih nyaman dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini karena perpindahan transmisi pada mobil matik jauh lebih halus dan nyaman. Tidak seperti pada mobil manual yang perpindahan transmisinya terasa Kasar.

Perawatan mobil matik bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini karena kopling, onderdilmaupun bagian lain dari mobil matik lebih rumit dan harga komponen lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual.

Dilansir dari laman auto2000.co.id, mobil dengan transmisi manual lebih halus dalam hal pengereman jika dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis. Dalam konteks ini, mobile mat serasa berbeda dengan mobile manual.

pertamamobil matik tidak semuanya memiliki kemampuan rem mesin serta persneling yang dapat diatur sebagaimana mestinya mobil manual. Di sinilah Anda harus lebih berhati-hati saat mengerem di medan jalan yang menurun.

Keduajika digunakan di jalanan menurun terlalu sering, daya cengkram rem pada mobil matik pun tidak terlalu kuat.

Ketiga, saat melaju dalam keadaan cukup cepat dan melakukan pengereman, mobil otomatis lebih lambat. Hal tersebut berimbas pada penggunaan rem yang lebih sering sehingga kampasnya pun akan cepat habis.

Dari perbedaan-perbedaan tersebut, dapat dikatakan bahwa baik mobil matik maupun manual memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

NAUFAL RIDHWAN ALY
Baca: Mobil Matik: Jangan lakukan 3 Hal Ini Saat Mengendarai Mobil Matik

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1581033/simak-perbedaan-mendasar-mobil-matik-dan-mobil-manual

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.