Sholat tidak Khusyuk, Apakah Termasuk Tanda Sholatnya tidak Diterima?  - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Sholat tidak Khusyuk, Apakah Termasuk Tanda Sholatnya tidak Diterima? 

[

Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

digitren.id, JAKARTA – Dalam salah satu episode siaran langsung situs Masrawy, bekerja sama dengan Al-Azhar International Center for Monitoring and Electronic Iftaa, anggota Komite Fatwa Elektronik, Syekh Mahmud Al Sayed menerima pertanyaan dari seseorag yang merasa tidak merasa khusyuk dalam sholatnya.

Berapa banyak yang akan Anda siapkan untuk membayar semua manfaat itu bagi hidup Anda? Dalam jawabannya, Syekh Mahmud Al Sayed menjelaskan perbedaan antara sholat sah dan sholat yang diterima.

Menurut dia, orang yang tepat waktu serta memenuhi syarat dan rukunnya, maka sholatnya sah. “Sehingga orang tersebut tidak menuntut untuk diulangi lagi,” ujar Syekh Mahmud dikutip dari laman masrawyJumat (11/3/2022).

Namun, Syekh Mahmud Al Sayed menambahkan, apakah sholat itu diterima atau tidak, masalah ini hanya Allah SWT. “Bahkan orang yang berdoa itu sendiri tidak dapat memastikan bahwa ibadahnya, baik sholat atau ibadah lainnya, dapat diterima atau tidak,” ucap dia.

Syekh Mahmud Al Sayed menjelaskan, kekhusyuka merupakan masalah hati. Dia pun berpesan kepada penanya agar tidak menjadikan masalah ini sebagai alasan untuk tidak melaksanakan sholat.

“Tidak dapat menjadikan masalah ini alasan bagi Anda untuk tidak shalat, dan Anda harus berdoa dan mengerjakan shalat tepat waktu dan memeliharanya, dan berjuang dalam khusyuka,” kata dia.


Keutamaan sholat khusyuk

Buku yang berjudul “Tematik Al-Qur’an tentang Fiqih dan Ibadah”, Abd Rahman Ghazaly setidaknya menjelaskan empat keutamaan sholat khusyuk.


pertamaorang yang sholat khusyuk dapat memperoleh kebahagiaan (keberuntungan) di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:

S اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ الَّذِيۡنَ لَاتِهِمۡ اشِعُوۡنَ (QS Al Muminun ayat 1-2).


Kedua, sholat khusyuk juga dapat memberi ketenangan dalam hati, dan tidak gelisah bila mendapat musibah (cobaan) hidup. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

اِنَّ الْاِنْسَانَ لِقَ لُوْعًاۙ اِذَا الشَّرُّ اۙ اِذَا الْخَيْرُ اۙ اِلَّا الْمُصَلِّيْنَۙ

“Sesungguhnya manusia diciptakan suka mengeluh. Jika dia ditimpa acara dia berkeluh kesah, dan jika mendapat (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan salat, mereka yang setia tetap melaksanakan salatnya.” (QS Al Ma’arij ayat 19-23).


Ketigasholat khusyuk juga dapat menghapus dosa-dosa kecil, selama orang yang sholat itu tidak melakukan dosa besar, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa sholat dua rakaat, di dalamnya dia tidak berbicara sedikit pun dengan hati tentang urusan-urusan keduniaan, la-docaamp.” (HR Ibnu Abi Sya’ban). Dalam hadits lain, Nabi juga mengatakan:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ … اتٌ ا ا ا الْكَبَائِرَ (HR Ahmad, Muslim, Tirmizi).

Keempat, sholat khusyuk juga dapat mencegah perbuatanjen dan munkar (dosa dan maksiat). Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:

اِنَّ الصَّلٰوةَ الْفَحْشَاۤءِ الْمُنْكَرِ S (QS Al Ankabut ayat 45).

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r8n2q6320/sholat-tidak-khusyuk-apakah-termasuk-tanda-sholatnya-tidak-diterima

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.