Beranda » Travel News » Sejarah dan legenda Telaga Ranjing Brebs dipenuhi dengan ribuan ikan jinak.


Brebs

Danau di dataran tinggi Provinsi Paguangan, Brebs, Jawa Tengah ini memiliki mitos dan sejarah yang unik. Kolam alami ini masih relatif perawan dan masih dihuni oleh ribuan ikan yang terancam punah.

Ini adalah nama tempat ini. Telaga Ranjing Terletak di desa Pandasari di kaki Gunung Salamet, di provinsi Paguanang. Situs ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (meter di atas permukaan laut).

Selain panorama alamnya yang spektakuler, Telaga Ranjing juga dikenal sebagai destinasi wisata mistis. Danau seluas 18,85 hektar ini berisi ikan-ikan cantik, dan menjadi daya tarik wisata. Meskipun dia disiplin, tidak ada yang berani membawanya.

Mitos yang beredar di masyarakat bahwa orang yang memancing di telaga ini bisa jadi akan binasa. Berkat legenda ini, jumlah ikan di danau ini diharapkan.

Secara khusus, spesies ikan yang hidup di danau ini sering berubah. Ikan yang saat ini hidup di danau adalah ikan mas.

Namun, bertahun-tahun lalu danau ini dipenuhi ikan lele. Orang-orang percaya bahwa suatu saat ikan di Danau Ranging akan berubah menjadi ikan lele.

Juru bicara Telaga Ranjing, Jamal (43), berbicara kepada petugas konservasi hutan lindung tentang danau tersebut. Pertama-tama, kisah Jamal adalah bahwa danau itu dihuni oleh Wader Asa.

Namun ikan jenis ini menghilang dan berubah menjadi ikan lele yang uniknya berukuran sama. Seringkali, spesies ikan di Danau Ranging telah berubah secara dramatis. Setelah populasi ikan lele, berubah menjadi ikan mas sejak tahun 2020.

“Dalam mitos ini, pengunjung tidak berani memancing di Danau Range. Untuk membuat keberadaannya langgeng. Pengunjung percaya bahwa jika Anda memancing di danau ini, Anda akan dalam bahaya.”

Evolusi populasi ikan di Lake Range masih menjadi misteri. Karena sejak dahulu kala, belum ada yang bisa menanam ikan tertentu di danau ini. Menariknya, spesies ikan memiliki ukuran yang sama.

Dia mengatakan kedalaman danau masih belum diketahui. Dilanjutkan, pada tahun 2018, beberapa mahasiswa Unsoed Purwokerto melakukan eksplorasi kedalaman Danau Range.

Proses pengukuran kedalaman bagian bawah danau dilakukan dengan menggunakan alat sonar. Hasilnya sangat mengesankan, karena kedalaman Telga Range mencapai 1.200 meter.

“Belum diketahui kedalaman danau ini. Ada yang bilang hanya sekitar tiga meter. Tapi tahun 2018, beberapa mahasiswa Unsoed Purwokerto mengukur kedalaman danau, dan hasilnya. Kedalaman danau sudah mencapai 1.200 meter.


Tonton video “Pria di masjid memegang 6 sepeda motor di Yogia Gask
[Gambas:Video 20detik]




Sumber artikel : https://Digitren/travel-news/d-5810151/sejarah-dan-mitos-telaga-ranjeng-brebes-yang-dipenuhi-ribuan-ikan-jinak

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.