Beranda » Travel News » RTH Jakarta Pindah ke Puncak? Wakil Gubernur – Tidak Semua Bisa Dipindahkan

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta sudah dialihkan ke daerah lain. Daerah Bogor digelar karena keterbatasan lahan di ibu kota. Ia mengatakan hal itu merupakan hasil dari ikatan regional antara Jakarta dan daerah sekitar.

“Jadi di DKI, di ibu kota ini kita ada pembatasan. Jadi kalau soal RTH, tidak hanya ada RTH di Jakarta, tapi juga di Jabodetabek, Punjur (Punak, Cianjur). Itu bagian tak terpisahkan dari Jakarta, kita perlu saling mendukung di ruang tunggu dan kita membutuhkan lebih banyak ruang hijau.

Foto: Rifkianto Nugroho

Foto: Rifkianto Nugroho

“Tidak mungkin semua RTH bisa dipindah, RTH harus ada di semua kabupaten maupun di provinsi dan kota,” ujarnya. Ia mengatakan, menciptakan RTH di sekitar Jakarta merupakan langkah cepat, mudah dan murah bagi pemerintah untuk memenuhi 21 persen kekurangan RTH di Jakarta.

“Seperti yang kita ketahui Jakarta adalah titik yang sangat rendah, sangat mungkin untuk mengatasi air yang dikirim dari dataran tinggi, termasuk perluasan ruang terbuka hijau, termasuk pembangunan Waduk Cimahi dan pembangunan Waduk Ciawi.” dia berkata.

Kementerian ATR/BPN sebelumnya berencana merelokasi ruang RTH di DKI Jakarta ke daerah. Bogor, untuk mengatasi masalah banjir di Jakarta dan memastikan perbaikan lingkungan di dataran tinggi.

Baca juga:

Pidato tersebut disampaikan Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil pekan lalu dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Ruang Angkasa Nasional (HANTARU) 2021 di Jakarta. Sofyan mengatakan itu adalah bagian dari upaya bersama untuk menyelamatkan puncak.

Mengutip situs BPN, Sophia mengatakan RTH di Jakarta masih jauh dari target dan nantinya akan dipindahkan ke kawasan Puncak.

“Bagaimana kita bisa menang?”  Jika kita bekerja sama, saya akan mengubah aturan tentang RTH Jakarta. Sekarang kita terjemahkan ke dalam undang-undang di ruang hijau, sudah tidak diperbolehkan lagi.

Tidak lagi didasarkan pada wilayah yang lebih kecil, tetapi lingkungan. “Konsep RTH kita ubah karena sekarang tidak mungkin menambah 21 persen RTH yang tersisa di Jakarta,” ujarnya.

Tonton video “Masih akan ada satu arah, lalu lintas lancar dari Puncak ke Simpang Gadog malam ini
[Gambas:Video 20detik]
(DN/DNA)





Sumber : detik/travel-news

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.