Beranda » Travel News » RI di ring, Sri Mulini butuh R 20 triliun risiko tahunan

Jakarta – Indonesia menginginkannya. Dana Bencana $ 20 triliun setahun. Gambar milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menurut Sri Mulani, saat ini pemerintah sedang menggalang dana untuk pengurangan risiko bencana. Ketika suatu daerah dalam bahaya dan membutuhkan dana segera, penggalangan dana dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya.

“Saat ini kami sedang mengintensifkan proses integrasi karena biaya bencana ini bisa mencapai Rp 20 triliun per tahun,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Baca selengkapnya

Menurut Sri Mulani, pemerintah memiliki dana untuk penanggulangan bencana di Indonesia, termasuk untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

“Kita perlu membangun sistem yang akan memastikan bahwa kita membelanjakan uang dan membantu masyarakat. Dana integrasi ini kita mulai sejak 2018 dan sekarang semakin matang,” katanya.


Menurut Bank Dunia (2018), Indonesia menempati urutan ke-12 dari 35 negara dalam bahaya karena dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera serta merupakan rumah bagi tiga dataran terluas di dunia.

“Karena Indonesia merupakan negara di dalam ring, 90 persen bencana di Indonesia disebabkan oleh hidrometrik seperti angin topan, tanah longsor, banjir, hutan dan tanah longsor. Ini berdampak pada masalah sosial, sosial, dan ekonomi,” ujarnya.

Dana Integrasi untuk bencana ini dikelola oleh Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Daerah (BLU BPDLH) secara bersamaan. BLU sebagai instansi pemerintah memiliki peran sentral dalam mempercepat pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Peran strategis BLU akan terus menjadi lokomotif pemulihan ekonomi. BLU akan terus mendorong kewirausahaan untuk terus meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitasnya guna melayani kebutuhan masyarakat dengan lebih baik.

“BPDLH adalah BLU, pusat keuangan untuk pengelolaan hutan, khususnya untuk program konservasi.

Sumber artikel : https://economy.okezone.com/read/2021/11/16/320/2502448/ri-berada-di-ring-of-fire-sri-mulyani-butuh-dana-bencana-rp20-triliun-tahun

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.