Resep-Nastar
20 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Resep Nastar Paling Enak Rahasia Keluarga Turun Temurun Spesial Lembut Empuk

Digitren.id – Halo! Selamat datang kembali di Website kesayangan kita. Kali ini, saya akan membagikan rahasia keluarga turunan yaitu resep nastar. Saya membuat Nastar Nanas, Pineapple Nastar adalah pastry klasik yang bisa kita temukan dimana saja, hampir di setiap toko kue. Namun, tidak semua Nastar Nanas yang kami temukan di sana enak.

Resep Nastar

Resep Nastar

Kali ini, saya membagikan resep lama yang lezat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Saya membuat Nastar Nanas karena Tahun Baru Islam sudah dekat. Untuk Tahun Baru Islam, Pineapple Nastars selalu disajikan. Mengapa demikian?

Saya akan memberi tahu Anda di BAB berikutnya alasan di balik tradisi ini. Mari selami bahan-bahannya! Ini sangat mudah. Nastar Nanas memiliki dua bagian: adonan dan isian. Mereka sangat penting karena mereka adalah komponen utama. Pertama, mari lakukan pengisian.

Kami akan menggunakan nanas, Nanas ada bermacam-macam, ada yang manis, ada yang asam. Saya lebih suka menggunakan nanas asam karena kita bisa mendapatkan rasa manis dengan menambahkan gula. Nanas manis tidak akan terasa getir sehingga rasanya kurang, Nanas harus manis dan asam.

Bahan-bahan Kue Nastar:

  • Nanas parut
  • Gula
  • Cengkeh secukupnya

Untuk rasa yang lebih kuat, gunakan bubuk cengkih. Jika Anda tidak menyukai rasa cengkih yang kuat, tambahkan utuh atau lewatkan seluruhnya. Salah satu rahasia resep ini adalah menambahkan margarin dan mentega. Saya menggunakan mentega wijsman butter, sangat harum tapi agak mahal.

Resep Nastar Lumer

Jika kita menambahkan semua ini ke selai nanas, pastry akan jauh lebih harum. Untuk adonannya, kami akan menggunakan tepung. Saya juga akan menambahkan beberapa tepung maizena untuk membuat pastry lebih renyah. Berikutnya, ada gula, susu bubuk, margarin, dan mentega Wijsman.

Anda bisa menggunakan semua margarin atau semua mentega atau mencampur keduanya. Tapi Wijsman butter sangat membantu pastry agar lebih enak, harum, dan berasa premium. Selanjutnya, kami memiliki kuning telur sebagai bahan pengikat. Juga keju parut, Anda dapat menggunakan ini atau melewatinya.

Namun jika menggunakan keju justru membuat pastry terasa lebih susu karena keju merupakan produk susu. Pertama, saya membuat selai nanas.

Anda bisa memarut nanas atau memotong kasar, Nanas akan mengeluarkan banyak air. Jangan tegang karena bila cairannya berkurang akan membuat selai semakin harum. Sekarang, tambahkan nanas ke dalam wajan. Selanjutnya, tambahkan gula dan cengkeh.

Resep Nastar Enak

Kami akan menambahkan mentega dan margarin terakhir saat selai hampir siap. Sambil menunggu ini mengecil dan berubah menjadi selai, kita bisa menyiapkan adonan. Pertama, tambahkan margarin dan mentega Wijsman, campurkan.

Anda bisa menggunakan mixer, tapi saya tidak menggunakannya. Tidak perlu mengaduknya hingga mengembang karena akan membuat adonan mudah terurai. Kami akan mencampurnya dengan gula bubuk, saat Anda menggunakan bahan bubuk, saring terlebih dahulu untuk menghilangkan gumpalan.

Campur dengan baik, Margarin dan mentega yang saya gunakan berada pada suhu kamar. Itu akan membuat pencampuran lebih mudah. Tips lainnya karena saya pakai wijsman dan margarin, campuran ini sudah asin. Jadi, kita tidak perlu menambahkan garam lagi. Tetapi jika Anda menggunakan mentega murni atau tawar, tambahkan sedikit garam ke dalam campuran.

Baca juga: Tips Agar Tetap Sehat di Dalam Ruangan Ber-AC

Jika Anda menggunakan mentega murni, rasanya akan berbeda. Resep ini sangat kuno, beraroma Blue Band atau Wijsman dan susu bubuk. Tapi Anda juga bisa menggunakan mentega murni, setelah tercampur rata, tambahkan sisa bahan. Tentu saja setelah diayak. Tambahkan tepung maizena, juga susu bubuk, campur dengan baik.

Resep Nastar 1 kg

Anda bisa bercampur dengan tangan Anda, saya mencampur ini dengan pengocok sampai semua mentega dilapisi tepung dan itu tidak basah lagi. Jangan lupa mengaduk nanas, saya lupa menambahkan kuning telur. Anda harus menambahkannya setelah gula bubuk. Tambahkan kuning telur terlebih dahulu sebelum bahan kering lainnya.

Untuk kejunya, tambahkan sesuai selera, Anda dapat menambahkan banyak atau melewatkan seluruhnya. Jika Anda ingin membuat Nastar Nanas asli, Anda tidak perlu menggunakan keju.

Sekarang, kita akan mengaduknya sampai menjadi adonan, ini bercampur dengan sangat baik sekarang. Adonan sudah matang, cenderung agak empuk tapi kita masih bisa membentuknya. Jika dapur Anda terlalu panas dan adonan terlalu empuk dan sulit dibentuk, Anda bisa meletakkan adonan di lemari es selama 30-60 menit, tergantung suhu ruangan.

Baca juga: Es Boba Dalgona Paling Enak di Dunia

Di Bandung cuacanya tidak terlalu panas jadi kita bisa langsung membentuk adonannya. Adonan siap dibentuk tapi kami masih menunggu selai nanas. Ini masih setengah matang, itu masih jauh dari selesai. Tips buat kamu yang ingin jualan Nastar Nanas ini atau ingin tampil seragam, Anda dapat menemukan satu sendok berukuran 3/4 sdm atau 1 sdm, sehingga Anda bisa membagi adonan.

Alternatifnya, kita bisa membuat gulungan panjang dari adonan dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Ini terlihat kecil, tetapi akan terlihat lebih besar setelah kita mengisinya dengan selai nanas. Ini adonan yang siap diisi, Anda dapat melihat dan mengoreksi potongan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Resep Nastar Nanas Lembut dan Enak

Anda bisa melewati langkah ini dan langsung membuat adonan menjadi bola. Tapi langkah ini sangat membantu dalam membuat Nastar Nanas yang seragam.

Saya akan memproses sisa adonan nanti dan saya akan menyiapkan adonan ini terlebih dahulu. Cairannya berkurang dan nanas mengental. Saya akan menambahkan margarin dan mentega Wijsman. Campur dengan baik, Anda dapat menyesuaikan tingkat kemanisannya karena tergantung seberapa manis nanasnya.

Itu juga tergantung pada preferensi Anda, setelah menambahkan mentega dan margarin kita bisa mematikan panasnya. Saya menempatkan selai nanas di atas nampan agar cepat dingin. Jika Anda punya banyak waktu atau jika Anda membuat selai di H-1, Anda bisa meletakkan selai di mangkuk.

Saya menyebarkan selai seperti ini agar cepat dingin, tips & trik: Biarkan selai mendingin agar lebih mudah dibentuk. Setelah menyebarkannya seperti ini, saya menempatkan ini di chiller atau freezer selama sekitar 10 menit, jadi selai lebih mudah dibentuk.

Jika masih panas, cenderung lebih encer dan tidak terlalu keras. Saat dingin, itu akan jauh lebih kencang.

Sekarang, sudah dingin, tapi tidak terlalu dingin, hanya sampai kemacetan terjadi. Beginilah cara kita mengetahui kemacetan sudah diatur. Sekarang, kita bisa membentuknya, kalau macetnya diatur, biasanya saya bentuk seperti ini, menjadi bentuk bulat berdiameter sekitar 1 cm atau kurang.

Resep Nastar NCC

Itu tergantung dari ukuran Nastar Nanas yang ingin dibuat. Sekarang, kita mulai membuat Nastar Nanas. Pertama, ambil adonannya, Ratakan seperti ini, isi dengan selai dan tutupi dengan adonan. Gulung menjadi bola seperti ini. Saya sudah menyiapkan nampan anti lengket.

Jika Anda menggunakan loyang biasa, olesi mentega dan tepung terlebih dahulu. Saya mengoleskannya dengan mentega saja. Anda bisa mengoleskan mentega atau tepung atau tidak keduanya atau menggunakan kertas roti. Saat mengatur tart, sisakan sedikit ruang di antaranya.

Mereka akan sedikit mengembang dan kami membutuhkan ruang karena kami akan melakukan pencucian telur di permukaan. Kami akan melanjutkan sekarang. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya ingin memberi tahu Anda mengapa kami selalu menyajikan Nastar Nanas pada Tahun Baru Islam.

Ada beberapa hal yang bisa kita bahas, beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui hal ini, namun Chinese Food melambangkan banyak hal. Arti harfiah dari Kue Nanas dalam bahasa Hokkien atau Cina adalah pir emas. Pir emas melambangkan kemakmuran, hal yang sama berlaku untuk nanas itu sendiri.

Nanas penuh dengan lapisan dan melambangkan kemakmuran, sama seperti jeruk, nanas, dan sayuran seperti bok choy dan sawi putih. Benda berlapis melambangkan banyak kemakmuran, makanya di Tahun Baru Islam, kita banyak mengkonsumsi makanan seperti itu dan sajikan buah-buahan seperti nanas agar tahun baru membawa kemakmuran.

Resep Nastar Lembut Istimewa

Selain nilai kemakmuran, pembuatan Nastar Nanas membutuhkan waktu yang lama. Di masa lalu, seluruh keluarga berkumpul dan membuat Nastar Nanas ini untuk Tahun Baru. Ini adalah sesuatu yang berharga bagi keluarga untuk berkumpul dan membuat kue bersama.

Kami terus melakukannya dan menjadikannya tradisi, itulah intinya. Tapi di zaman modern ini, semua orang sibuk. Jadi, memasak bersama jarang terjadi dan kami hanya memesan Nastar Nanas dari toko. Kebetulan, tradisi semacam ini masih dipertahankan keluarga saya sebelum Tahun Baru Islam.

Kami membuat kue bersama atau kami mengumpulkan dan membersihkan rumah bersama. Saya pikir itu yang paling penting, makanan melambangkan harapan kita di tahun baru, tapi kebersamaan dengan keluarga adalah yang terpenting.

Mari lanjutkan dengan kue tar, untuk bentuk dan ukurannya, terserah Anda. Saat kita menunggu semua ini selesai, saya akan memanaskan oven agar siap digunakan. Setel suhu pada 140-145 ° C, gunakan panas atas dan bawah. Untuk waktu tempuh sekitar 30-40 menit.

Saya sedang memanggang Nastar Nanas sekarang, tapi saya akan mencuci telur nanti. Saya ingin pencucian telurnya merata, kalau kita lakukan sekarang, biasanya adonan akan mengembang dan ujung-ujungnya gundul. Setelah dipanggang selama 30 menit, saya akan melakukan pencucian telur 2-3 kali.

Saat kami menunggu kue tarnya dipanggang, saya akan membuat telurnya. Untuk lapisannya, saya menggunakan kuning telur, minyak, dan susu. Anda bisa menggunakan bubuk custard atau alternatif lain, tapi saya lebih suka kuning telur. Mari kita campur ini sekarang.

Resep Nastar Sederhana

Minyak dan susu membuat lapisan lebih berkilau dan warnanya lebih menarik. Saya telah memanggang kue tar selama sekitar 35 menit. Saya akan mencuci sekarang dan memanggangnya lagi, Anda harus mencuci telur sampai ke bawah agar terlihat bagus.

Setelah pencucian pertama, saya melakukan pencucian kedua, setelah melakukan pencucian pertama, permukaan telur akan menjadi cukup kering karena kuning telur mudah diatur. Kami akan memanggangnya lagi selama 10-20 menit, tergantung ukuran tartnya. Anda harus mencicipinya untuk mengetahui apakah sudah siap. Jika sudah matang dan enak, maka tartnya sudah jadi.

Sekarang, sudah matang. Kita perlu memanggang ini untuk waktu yang lama dengan suhu rendah. Gunakan maksimum 140 ° C atau 145 ° C agar permukaan halus tanpa retakan. Anda mungkin harus bereksperimen karena ini tergantung pada ukuran kue tar. Tadi saya memanggangnya pada suhu 150 ° C sebentar dan hampir pecah.

Untungnya, saya mengecilkan api, mencuci telur lagi, dan memanggangnya lagi pada suhu 145 ° C. Inilah hasilnya, bulat, halus, dan berkilau. Rasanya pasti enak karena ini resep yang sering saya buat. Hasilnya selalu enak karena saya sudah mengujinya berkali-kali.

Oke, saya sedang merakitnya sekarang. Saya telah mengumpulkan beberapa di dalam toples. Kita bisa menghiasnya dengan cengkeh atau membuatnya menjadi berbagai bentuk. Saat kue masih panas, agak sulit untuk dihilangkan karena akan mudah retak. Oke, terima kasih sudah berkunjung!

Jangan lupa share atau bagikan tulisan ini. Anda juga dapat meminta resep. Jika saya bisa, saya akan mencoba membuat tutorial. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di topik berikutnya!.