Beranda » Travel News » Ratusan Batu Candi Telah Ditemukan Dari Proyek Kolam Klaten Diduga Patirtan

Clatton – Ratusan candi candi telah dievakuasi dari Umbul Gedong Jetis yang telah direnovasi di Desa Gedong Jetis, Kecamatan Tulung, Clatton, Jawa Tengah. Lokasi mata air diduga Patirtan (Kolam).

Foto Achmad Syauqi detikcom

“Belum ada penelitian detailnya tapi ini batu candi. Kami pernah melihat (tempat) ini sebelumnya atau Patirtan,” jelas kepala negara bagian kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga itu. Pemerintah, Yuli Buddy Susilowati di tempat wartawan, Kamis (1/11/2020) 11/2021 siang.

Yuli menjelaskan, lokasi yang diduga adalah candi dan Patirtan masih berdiri di sana sebagai kolam. Aliran air sangat besar.

“Sumber airnya juga besar. Kami belum menghitung jumlah batu yang ditemukan, tapi kami perkirakan ratusan,” lanjut Yuli.

Dijelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke BPCB Jateng dan Balai Arkeologi Yogyakarta. Surat itu berisi permintaan bantuan untuk mengamankan temuan.

“Surat sudah kami kirimkan. Kami berharap BPCB dan Balai Arkeologi mengirimkan tim ini untuk membantu,” kata Yuli.

Balok-balok batu candi di Umbul Gedong Jetis, Kabupaten Tulung, telah dikumpulkan.

Lempengan batu candi di Umbul Gedong Jetis, Kabupaten Tulung, telah dikumpulkan. Foto: Achmad Syauqi / detikcom

Yuli mengatakan, penemuan batu candi itu sudah lama sekali. Tapi itu masih dikenal di permukaan.

“Kami tahu apa yang terjadi. Sejak penggalian dilakukan Senin lalu, kami tidak berharap banyak batu-batu ini di bagian bawah,” kata Yuli.

Sortir, tambah Yuli, tidak masalah untuk terus berjalan sampai selesai. Mereka diminta untuk berhati-hati hanya karena mereka menggunakan alat berat yang ampuh.

“Dari desa kita lanjutkan dengan kesepakatan bahwa kita harus berhati-hati karena kita menggunakan alat berat. Jangan merusak,” pungkas Yuli.

Menurut Deddy Tuhono, Kepala Desa Gedong Jetis, jumlah pemilih sangat besar, ada ratusan.

“Jenisnya banyak, tapi saya tidak tahu detailnya untuk menjelaskan layanannya. Kalau banyak, mungkin ratusan,” kata Dedi kepada detikcom.

Dari ratusan itu, ada tembok batu candi, Yoni sampai sekarang. Sejauh yang dia tahu, tempat itu selalu berupa kolam.

“Sudah lama itu kolam. Tapi kami tidak tahu apakah ada ratusan batu,” tambah Deddy.

Menurut detikcom, ratusan batu ditemukan hingga sore hari pukul 14.00. Batu tersebut berupa lempengan batu berukir yang beberapa di antaranya memiliki ornamen.

Beberapa batu dihiasi dengan manik-manik, bunga, dan beberapa memiliki mahkota untuk candi. Satu Yoni dan kala ditemukan juga.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah kolam atau air mancur yang berisi banyak peninggalan candi digali dengan alat berat. Terletak di Desa Gedong Jetis, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Menurut pengelola, direncanakan untuk merenovasi situs cagar budaya dan menggunakannya sebagai kolam renang. Mereka mengakui bahwa mereka kemudian mengetahui setelah dikeruk.

“Desa berencana untuk mengubahnya menjadi kolam renang. “Kami juga tahunya hari ini,” kata Sri Nugroho, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pemerintah Negara Bagian Clatton, di kantornya, Rabu sore (11/10/2021).

Tonton video “Ratusan Batu Kuil Ditemukan di Proyek Kolam Renang Clatton
[Gambas:Video 20detik]




Sumber : detik/travel-news

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.