Ramadhan adalah Bulan Diturunkannyan Alquran, Ini Tafsir Surah Al-Baqarah 185 - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Ramadhan adalah Bulan Diturunkannyan Alquran, Ini Tafsir Surah Al-Baqarah 185

[

Al Quran diturunkan pada Lailatul Qadar yang terdapat dalam Ramadhan

digitren.id, JAKARTA – Surat Al Baqarah ayat 185 menjelaskan dengan gamblang bahwa Quran diturunkan kembali ke Ramadhan.

Para ulama menetapkan bahwa Alquran diwahyukan pertama kali pada Lailatul Qadar (Malam Qadar), yaitu malam yang mulia dan penuh berkah, yang terjadi pada 17 Ramadhan. Hal ini dijelaskan dalam tafsir QS Al Baqarah: 185.

ان الذي انزل القران للناس الهدى الفرقان الشهر ليصمه ان ا او لى ل ال اخر الل ال ال

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang dikatakan sebagai sumber Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka pernikahanlah.

Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak memutuskan), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya, pada hari-hari yang lain.

Allah memudahkan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Jika kamu tidak beriman kepada Al-Qur’an dan beriman kepada Allah atas petunjuk-Nya, yaitu agamamu, maka kamu akan diselamatkan.” (QS Al Baqarah ayat 185)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menjelaskan bahwa pada Ramadhan, Alquran diwahyukan. Silakan masuk untuk memposting salinan informasi Al-Qur’an ini yang dapat Anda unduh ke akun Anda.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/ra0i9r320/ramadhan-adalah-bulan-diturunkannyan-alquran-ini-tafsir-surah-albaqarah-185

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.