18 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Tips Asik Belajar Online Agar Tak Boring Dalam Program Belajar Daring

Digitren.id – Apakah kamu seorang pelajar atau mahasiswa?. Jika iya, dapat dipastikan saat ini kamu masih melakukan aktivitas belajar daring. Program belajar daring sudah diterapkan kurang lebih hampir setahun, tentunya hal ini membawa dampak besar bukan?. Banyak para pelajar atau bahkan mahasiswa yang mengeluh, seperti merasa jenuh, pusing, tidak faham dengan materi, dll. Terlebih lagi bagi pelajar atau mahasiswa yang masuk tahun ajaran baru. Mereka seperti linglung, kesan untuk mendapatkan pendidikan formal pun terasa hambar.

program belajar daring

program belajar daring

Keadaan seperti ini akan terus terjadi hingga pandemi benar-benar sudah mereda. Apa yang harus dilakukan bagi para pelajar maupun mahasiswa saat ini? Sederhana saja, jika keadaan belum juga berubah, maka sikap kita yang harus bersahabat dengan keadaan. Jadi, apakah kamu yakin belajar kamu sudah efektif dan dapat terserap dengan baik?. Jika sudah ya Alhamdulillah, jika belum juga efektif, simak tips asik belajar daring agar tak boring berikut ini.

Sebelum mengetahui tips asik belajar daring agar tak boring, cari tau dulu yuk apasih penyebab boring saat daring, dan dampak apa saja kalau kita menyepelekan adanya program belajar daring. Perlu kita sadari dampak negatif adanya program belajar daring ini dapat merusak kualitas pendidikan negara. Maka dari itu yuk bentengi diri dari terbentuknya kaum rebahan yang bermalas-malasan karena program belajar daring ini.

Pengenalan Program Belajar Daring

Belajar daring (belajar dalam jaringan ) merupakan sebuah aktivitas belajar mengajar dalam jaringan, dalam hal ini memerlukan adanya jaringan internet utuk mengakses adanya pembelajaran. Hal ini memiliki kaitan erat dengan kata “online” yaitu kita harus selalu terhubung dengan jaringan internet. Adanya penerapan belajar daring ini merupakan salah satu dampak dari Virus Covid-19 yang belum juga mereda. Sehingga menjadikan belajar daring sebagai solusi dalam bidang pendidikan.

Awal dari penerapan program belajar daring memang menimbulkan banyak sekali permasalahan. Banyak orang tua yang mengeluhkan mengapa fasilitas umum saja masih tetap dibuka sedangkan fasilitas pendidikan belum juga berjalan normal. Fakta memang membuktikan seperti itu keadaannya, namun adanya penerapan daring ini juga salah satu bentuk pemutusan mata rantai virus Covid 19.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam pembelajaran daring di sekolahan atau Universitas yaitu : Zoom, Google Meet, google classroom, Telegram, WhatsApp dan aplikasi google lainnya. Berbagai aplikasi yang digunakan tentu banyak sekali penyesuaian yang harus di lakukan oleh pelajar maupun mahasiswa terkait proses pembelajaran daring misal dari segi kekuatan sinyal, penggunaan Apk untuk presentasi maupun pengiriman tugas dan lainnya. Tips asik belajar daring agar tak boring akan membantu dalam mencari solusi belajar efektif.

Penyebab Boring Saat Daring

Dalam praktiknya, program belajar daring ini membatasi diri seorang pelajar maupun mahasiswa dalam bersosialisasi. Jelas hal ini menimbulkan rasa jenuh yang tinggi.

Terlebih kehilangan susana dalam sekolahan maupun Kampus. Namun jika dapat mengolah dan mengatur waktu dengan baik, jenuh saat daring tidak akan terlalu membuat stres bagi seorang pelajar maupun mahasiswa.

Berikut beberapa hal yang dapat menimbulkan boring saat belajar daring :

  • Kurang memperhatikan waktu belajar dengan baik.

Dalam hal ini seorang pelajar maupun mahasiswa menunda nunda waktu penyelesaian tugas yang seharusnya diselesaikan saat itu juga. Mereka mengulur waktu sehingga waktu belajar mereka harus bertambah yang seharusnya bukan jam belajar, tapi mereka gunakan untuk mengejar pembelajaran yang tadi.

  • Monotonnya suasana maupun tempat pembelajaran yang setiap hari dilakukan.

Suasana maupun tempat belajar sangat mempengaruhi kondisi belajar seseorang. Bisa dengan merubah tempat belajar setiap harinya dengan posisi yang nyaman. Misalnya hari ini berada di kamar, besok diluar rumah dengan suasana sejuk udara luar, maupun di tempat lain yang dapat mendukung semangat belajar.

  • Kurangnya persiapan diri saat mengikuti pembelajaran daring.

Banyak sekali para pelajar maupun mahasiswa yang kurang mempersiapkan diri untuk menerima ilmu. Misal akan melakukan pembelajaran daring tapi baru bangun tidur, belum menyiapkan materi yang akan dibahas, belum menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk belajar daring dll. Hal ini bisa dikatakan bahwa seseorang belum siap untuk menerima ilmu. Dari sinilah fikiran bosan muncul, karena memang otak mereka sudah terdoktrin belum siap dan tidak siap menerima ilmu.

Dampak Negatif Belajar Daring

Sebelum mengetahui tips asik belajar daring agar tak boring, coba kita cari tahu terlebih dahulu dampak negatif dari adanya program belajar daring ini.

Berikut beberapa dampak negatif dari belajar daring:

  • Tidak maksimalnya ilmu yang didapat.
  • Lebih banyak biaya yang dikeluarkan karena memerlukan banyak data internet yang dipakai.
  • Lemahnya ketrampilan dalam bersosialisasi dengan teman sekelas.
  • Pelajar maupun Mahasiswa lebih pasif saat proses belajar daring.
  • Lemahnya komunikasi yang terjalin antara guru dengan murid maupun dosen dengan mahasiswa sehingga proses belajar masih terkesan kaku.
  • Lemahnya daya kejujuran bagi para pelajar maupun mahasiswa saat melaksanakan ujian.

Demikianlah beberapa dampak negatif dari adanya program daring. Namun sebagai pelajar dan mahasiswa yang bijak harusnya mampu untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Nah tips asik belajar daring agar tak boring dapat meminimalisir adanya dampak negatif yang ditimbulkan dari program belajar daring.

Tips Asik Belajar Daring Agar Tak Boring

Disini akan saya paparkan macam-macam tips asik belajar daring agar tak boring. Setelah menelusuri tentang adanya daring dan sekaligus mengetahui dampak-dampaknya, simak tips asik belajar daring agar tak boring berikut ini :

  1. Pastikan kamu memiliki jadwal kelas online yang tertata rapi dan fleksibel, entah itu di Smartphone maupun tulisan tangan dibuku.
  2. Buatlah buku digital atau rangkuman materi versi kamu untuk memudahkan dalam belajar online.
  3. Setting alarm di Smartphone menyesuaikan jadwal kelas online agar kita selalu mengingatnya.
  4. Pastikan memiliki waktu khusus untuk mematikan data seluler dan membuka buku digital atau rangkuman dan mempelajarinya, buatlah sedikit menarik agar mata tak jenuh melihatnya.
  5. Saat akan memulai kelas online usahakan keadaan tubuh kita sudah segar, artinya kita sudah sarapan, mandi dan sudah rapih. Hal tersebut juga merangsang otak kita untuk melakukan suatu aktifitas.
  6. Sediakan tempat dengan suasana yang menyenangkan dan menenangkan serta memiliki kekuatan sinyal yang memadai. Contoh : di ruang tamu, di halaman luar rumah, atau di sudut rumah yang lain. Hindari belajar daring di kamar tidur, karena hal itu akan memicu kita untuk belajar sambil rebahan.
  7. Saat pembelajaran online sediakan sesuatu yang dapat mengusir rasa kantuk. Misalnya menyediakan cemilan ringan yang pedas, atau secangkir kopi maupun teh. Dengan catatan, tetap menghormati guru maupun dosen saat mengajar online dan konsentrasi pada materi yang diajarkan.
  8. Aktiflah saat pembelajaran online, misal aktif bertanya agar suasana kelas hidup, menyalakan kamera saat video call, atau aplikasi meet lainnya yang menandakan bahwa kita siap menerima pembelajaran,
  9. Jangan melakukan aktifitas lain saat mengikuti pembelajaran daring, karena hal tersebut membuat konsetrasi berkurang.
  10. Jangan lupa cek keadaan Smartphone, baik dari segi paket data maupun baterai.

Nah demikianlah “Tips Asik Belajar Daring Online Agar Tak Boring” . Semoga Tips ini bisa bermanfaat. Selagi masih adanya pandemi, kemungkinan besar belajar daring masih diberlakukan. Jangan takut mencoba dan jadikanlah pendidikan di Indonesia semakin berkualitas.