Perjuangan Abdullah bin Umar Membela Utsman bin Affan - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Perjuangan Abdullah bin Umar Membela Utsman bin Affan

[

Utsman bin Affan dibela Abdullah bin Umar.

digitren.id, JAKARTA – Abdullah bin Umar ra menjadi salah satu orang yang membela kepemimpinan Khalifah Utsman bin Affan di tengah meluasnya fitnah kepada Utsman. Abdullah bin Umar juga merupakan anggota dari miring yang di bawa seorang pemuda kepadanya.

“Ibnu Umar tidak tahu apa yang dia bicarakan sahabat Nabi Muhammad saw, lalu Utsman bin Affan,” kata Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dalam bukunya. 198 Kisah Haji Wali-Wali Allah.

Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny menceritakan, bahwa, akhir zaman Utsman telah terjadi di perjalanannah perpecahan yang terjadi di kalangan kaum Muslimin. Muncul pemberontakan kepadanya, hingga para pemberontak itu mengepung rumah Utsman.

“Mereka menuntut agar Utsman bin Affan menanggalkan kekhalifahannya atau mereka akan membunuhnya,” tegasnya.

Namun, Ibnu Umar segera masuk menemu Utsman dan mendorongnya agar dia jangan sampai menkgalkan kekhalifahannya karena berarti itu telah membuat suatu sunah yang buruk, sehingga setiap kali manusia tidak menyenangi pemimpinnya, mereka akan mencopot paksa kepemim-pin.

Utsman pun menyadari bahwa inilah fitnah sejak jauh-jauh hari telah berhubungan dengan Rasulullah kepada beliau. Karena itu, cara Utsman di atas bersabar dan bertawakal kepada Allah Ta’ala.

Sebagai permulaan, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Utsman, yang telah dapat menjangkau Utsman, yang juga merupakan anggota dari buku Kitablah.

“Semoga Allah memberkati Anda dan memberi Anda kedamaian. Dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetabui “

Pada malam sebelum pembunuhannya, Utsman bermimpi bertemu Rasulullah saw. dan beliau mengatakan, “Wahai, Utsman, berbukalah bersama kami.”

Pada hari itu, sebelum berbuka puasa, dia meninggal dunia dan berhasil bertemu dengan kekasihnya: Allah dan Rasul-Nya.


Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r6mmdi430/perjuangan-abdullah-bin-umar-membela-utsman-bin-affan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.