Perempuan Manggarai Timur, NTT Rayakan Hari Kartini di Pantai Lia Mbala - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Perempuan Manggarai Timur, NTT Rayakan Hari Kartini di Pantai Lia Mbala

[

BORONG, digitren.id – Biasanya, kaum perempuan di Kabupaten Manggarai Timur, NTT hafalan Hari Kartini di ruang kelas dengan acara-acara seremonial.

Anak-anak sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi maupun kelompok perempuan mengumumkan Hari Kartini dengan mementaskan tari-tarian, membaca puisi, dan perlombaan lainnya.

Kali ini, peringatan yang sangat berbeda dilakukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Manggarai Timur. Hari Kartini pantai Lia MbalaKelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong.

Baca juga: Umat Katolik di Manggarai Timur Kunjungi Pantai Mbolata Setelah Paskah, Tak Sekadar Wisata

Sejumlah kaum perempuan yang bekerja di dinas itu mengenakan Deng kain songke, dipadukan baju kebaya, berwisata di Pantai Mbala. Mereka mengikuti lomba Hari Kartini dari Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

UPTD Dinas Kehutanan Kabupaten Manggarai Timur untuk mengunduh salinan terbaru Dinas Kehutanan Provinsi NTT di bulan sabit dan inovasi dari Manggarai Timur.

Ini adalah Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kehutanan NTT di Kabupaten Manggarai Timur Doni Nggaro kepada Kompas.comJumat, (22/4/2022) melalui sambungan telepon.

Awalnya, memilih memilih tempat lomba foto di kawasan hutan. Namun, cuaca hujan di Manggarai Timur membuat mereka beralih ke pantai Lia Mbala sambil berwisata dan memperkenalkan pantai itu kepada publik.

Nggaro menjelaskan, ia juga memperkenalkan dan mempromosikan kain songke Manggarai Timur.

Baca juga: Hamparan Sawah Instagramable di Desa Wisata Kolisia B di NTT

Sebab, kain songke identik dengan kaum perempuan yang selalu memakai kain songke dalam berbagai acara adat, upacara kenegaraan, upacara adat, bahkan tari-tarian di Manggarai Timur yang dilakukan kaum perempuan selalu memakai kain songke.

Adapun, Pantai Lia Mbala hanya berjarak satu minggu dari Kabupaten Manggarai Timur.

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/04/22/221000027/perempuan-manggarai-timur-ntt-rayakan-hari-kartini-di-pantai-lia-mbala

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.