17 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Kenali Penyebab, Gejala dan Pemicu Timbulnya Rematik pada Tubuh

Digitren.id – Rematik merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang, karena rasanya yang sangat menyiksa. Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa sakit akibat persendian yang mengalami pembengkakan atau peradangan. Rematik memiliki banyak jenis dan dapat menyerang bagian manapun pada tubuh. Penting untuk mengetahui tentang Penyebab Rematik, karena rematik yang tidak ditangani secara serius dapat berbahaya bagi penderitanya, karena rematik yang kronis dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak pada tubuh penderita.

Penyebab Rematik

Penyebab Rematik

Penyakit rematik tegolong ke dalam jenis penyakit menahun dan sistemik. Namun, gejala serangannya dapat datang dan pergi tiba-tiba. Sendi dapat mengalami peradangan disertai dengan rasa nyeri yang menyakitkan ini disebut dengan istilah flare atau suar. Suar dapat terjadi tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan kemudian akan diikuti dengan remisi atau masa-masa dimana peradangan sedikit terjadi. Parahnya pada beberapa tahun pertama, rematik dapat menimbulkan kerusakan serta cacat permanen pada sendi.

Penyebab Timbulnya Rematik

Rematik tentunya dapat mengganggu dan menghambat aktivitas penderitanya, karena timbulnya rasa nyeri disertai kebas akibat rematik pada sebagian sendi yang terserang. Salah satu penyebab yang menimbulkan serangan rematik, antara lain :

  • Sering Terpapar AC

Penggunaan pendingin udara seperti AC tentunya sudah menjadi hal yang biasa pada para pekerja kantoran di dalam ruang kerjanya. Tapi terlalu sering atau bahkan hampir setiap hari terpapar AC akan membuat tulang sendi Anda menderita. Udara yang dingin yang dikeluarkan AC lama kelamaan akan menusuk tulang dan menyebabkan peradangan pada sendi.

  • Mandi pada Malam Hari

Mandi pada malam hari sering dikaitkan dengan serangan rematik. Hal ini ada benarnya karena terlalu sering mandi malam akan membuat tubuh terserang rematik karena air dan udara yang dingin. Kedua factor tersebut dapat memicu pengerutan pada kapsul sendi yang menyebabkan nyeri pada tubuh.

  • Faktor Usia

Orang yang usianya lebih dari 45 tahun lebih akan lebih sering terlihat gejala-gejala yang disebabkan rematik. Hal ini karena kondisi tubuh di usia senja akan semakin menurun produktifitasnya dan gerak tubuhnya pun akan terbatas.

  • Mengenakan Pakaian Basah

Mengenakan pakaian yang basah yang tidak segera diganti juga dapat menyebabkan tubuh terserang rematik. Hal ini dikarenkan energy dalam tubuh akan tersumbat dan menimbulkan rematik.

  • Melakukan Perkerjaan Berat

Melakukan pekerjaan yang berat terutama bagi oang yang sudah memasuki usia lebih dari 45 tahun akan memperbesar timbulnya resiko rematik. Hal ini dikarenakan fungsi sendi yang terlalu diforsir untuk bekerja dan menyebabkan cedera pada sendi.

Gejala Terserang Rematik

Gejala rematik tentunya mudah untuk dikenali karena biasanya rematik terjadi disertai rasa sakit yang berlebih pada bagian tubuh tertentu, beberapa gejala rematik lain yang dapat Anda kenali, antara lain :

  • Pada rematik biasanya ditimbulkan pertama kali dengan rasa kesemutan, lalu kemudian bagian sendi tersebut terasa mati rasa dan sulit untuk digerakkan.
  • Sendi Membengkak. Jika sendi terlihat membengkak, maka tandanya salah satu bagian tubuh Anda tersebut sudah terserang rematik. Hal ini perlu diperiksakan lebih lanjut untuk memastikan apakah bagian tubuh terserang asam urat tinggi yang disertai rematik.
  • Sendi terasa kaku. Jika terjadi kaku sendi pada bagian tubuh manapun, maka dapat dipastikan Anda terserang rematik.
  • Kulit Memerah. Bagian yang terserang rematik biasanya akan menimbulkan kemerahan pada kulit bagian permukaan sendi yang sakit.
  • Timbulnya gejala seperti demam, lelah dan sendi terasa nyeri merupakan gejala rematik lainnya.

Hal yang Memicu Rematik

Timbulnya rematik pada bagian sendi ternyata juga dapat ditimbulkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut akan memicu rematik timbul kembali. Beberapa makanan pemicu rematik, antara lain tomat, daging merah, susu, hasil laut seperti udang dan kepiting, minyak sayur, gula, kafein dan alkohol.

Dengan ulasan mengenai penyebab rematik tentunya dapat membantu Anda dari penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan orang. Rematik yang merupakan penyakit menahun ini tentunya perlu dihindari, karena dapat mengganggu aktivitas bergerak Anda bahkan menyebabkan penyakit yang lebih membahayakan tubuh Anda. Kami merekomendasikan untuk menggunakan obat herbal merk Xenza Gold untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk rematik dll. Silahkan klik tombol WhatsApp untuk info lebih lanjut.