12 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Penjelasan Tentang Ibadah Umroh Lengkap Versi Travel Umroh Tanur

Digitren.id – Di dalam ajaran agama islam ada beberapa bentuk amalan ibadah yang berbeda-beda dan memiliki keutamaannya masing-masing. Salah satu ibadah yang termasuk impian banyak umat muslim di dunia adalah ibadah haji dan ibadah umroh. Karena untuk ibadah haji sendiri merupakan salah satu rukun islam. Dan termasuk wajib bagi yang telah mampu serta memenuhi syarat.

ibadah umroh

Untuk ibadah umroh sendiri dari segi hukum ada sebagian ulama’ menjelaskan bahwa itu termasuk ibadah wajib ada juga sebagian ulama’ berpendapat bahwa termasuk ibadah sunah. Adapun pendapat yang lebih kuat adalah hukumnya sunah yang dikuatkan, sesuai dalam riwayat hadist shohih muslim.

Yang terpenting umroh itu merupakan ibadah yang banyak mempunyai keutamaan. Bahkan ada yang menyebut bahwa umroh itu merupakan haji kecil. Mengapa disebut haji kecil juga bukan tanpa alasan, terutama karena dari segi tata cara dan pelaksanaannya hampir mirip.

Untuk ibadah umroh sendiri dari segi waktunya bisa dilaksanakan kapanpun tanpa ada ketentuan tanggal ataupun bulan. Sedangkan pelaksanaannya sendiri lebih berfokus di Makkah khususnya berada di area masjidil harom. Setiap sesi dalam ibadah umroh berada di Makkah.

Pelaksanaan Umroh

Dimulai dari kita berpakaian ihrom dari miqot untuk melakukan niat umroh dan berganti pakaian ihrom dan melakukan beberapa sunah seperti mandi junub, sholat 2 rokaat dan lain-lain. Saat kita sudah mulai memakai pakaian ihrom maka mulai saat itu pula kita harus menjauhi segala larangan bagi orang yang memakai pakaian ihrom, seperti cukur rambut, dan lain sebagainya.

Setelah dari miqot kita menuju Masjidil haram untuk melanjutkan sesi umroh berikutnya. Yaitu thowaf, sesampainya di Masjidil haram jangan lupa untuk membaca do’a masuk masjid dan do’a melihat ka’bah. Seletah itu barulah memulai untuk thowah yang kita mulai dari hajar aswad dan berakhir di situ pula.

Thowaf sendiri merupakan salah satu rukun dalam ibadah umroh. Yang kita laksanakan keadaan berwudhu dan mengelilingi ka’bah sampai 7 putaran di mulai dari hajar aswad dan berakhir di hajar aswad pula. Kemudian dilanjutkan sholat di belakang maqom ibrahim sebanyak 2 rokaat.

Dipertengahan thowaf apabila kita tercegah sebelum 7 putaran contohnya sudah dimulai nya sholat wajib atau kita batal dalam berwudhu maka jika akan melanjutkan tinggal mulai di tempat di mana kita tercegah tersebut tanpa harus mengulangi hitungan putaran dari awal lagi.

Setelah melaksanakan thowaf kita bisa memulai melaksanakan sa’i di shofa marwah, sa’i sendiri memiliki makna berlari kecil maksudnya yaitu kita berlari-lari kecil antara bukit shofa dan marwah. Prakteknya dikerjakan 7 kali dimulai dari bukit shofa dan berakhir di bukit shofa lagi.

Baca juga: Penjelasan Tentang Ibadah Umroh Lengkap Versi Travel Umroh Tanur

Lebih tepatnya berlari kecil di bekas banjir antara bukit shofa dan marwah, sekarang ditandai lampu hijau. Ketika berada di atas bukit shofa menghadap ka’bah lalu berdo’a begitu pula saat berada di atas bukit marwah juga menghadap ka’bah lalu berdo’a.

Setelah melakukan sa’i shofa marwah maka dilanjutkan tahalul yang ditandai dengan memotong rambut. Adapun bagi jemaat laki-laki lebih dianjurkan untuk memotong habis rambutnya. Adapun bagi perempuan bisa memotong sebagian rambutnya. Setelah tahalul ini maka rangkaian ibadah umroh telah selesai.

Sebenarnya umroh sendiri tidaklah memerlukan waktu yang lama seperti ibadah haji yang sampai berhari-hari. Ibadah umroh bisa dilakukan hanya beberapa jam saja. Yang terpenting adalah kita harus bisa melaksanakan semua rukun-rukun umroh secara berurutan.

Karena meninggalkan satu rukun dalam ibadah umroh satu saja maka umrohnya tidak sempurna dan harus mengulang lagi dari awal. Selain rukun umroh di dalam ibadah umroh sendiri ada kewajiban umroh. Yaitu melakukan niat umroh dari miqot dan mencukur rambut.

Adapun ternyata kita tidak mengerjakan kewajiban umroh tersebut hukum nya ibadah umroh tersebut tetap syah tanpa harus mengulang dari awal tetapi kita punya kewajiban membayar denda. Termasuk saat kita berpakaian ihrom sebelum tahalul ternyata menjima’ istri maka wajib membayar denda satu ekor kambing.

Jenis Umroh

Ibadah umroh sendiri ada yang namanya umroh sunah atau mufradah dan juga umroh tamattu’ Adapun umroh sunah yaitu umroh yang dikerjakan tanpa berkaitan dengan ibadah haji, dadi segi waktunya kita bisa mengerjakan umroh sunah ini kapanpun tanpa batasan waktu. Saat kita anda niat dan kemampuan bisa sah mengerjakan umroh sunah ini.

Jika kita memang sudah mendaftar haji dan ternyata masih menunggu lama untuk keberangkatan, kalau masih memiliki rezeki lebih bisa melaksanakan umroh sunah ini. Keuntungannya jelas kita bisa segera beribadah ke baitulloh, bisa langsung mendapatkan pahala umroh, dan bisa mengetahui kondisi di sana sebelum nantinya kita berangkat haji. Dan masih banyak keutamaan lainnya.

Baca juga: Umroh Plus Turki Bersama Digitren Tour and Travel Haji dan Umroh

Selain itu ada yang namanya umroh tamattu’ atau umroh yang berkaitan dengan ibadah haji. Karena umroh tamattu’ ini merupakan umroh yang dikerjakan di bulan haji kemudian nanti ketika waktu haji tiba maka dilanjutkan ibadah haji. Kebanyakan mualim di negara kita biasanya bila mengerjakan hani maka mengambil haji tamattu’ ini.

Karena keuntungan kita mengerjakan ibadah haji tamattu’ ini terutama adalah kita bisa mengerjakan haji dan umroh dalam satu kali perjalanan ke sana. Hal ini jelas akan menghemat biaya umroh 2021 yang kita keluarkan. Juga kita lebih menghemat waktu, karena negara kita terbilang jauh dari negara Arah Saudi.

Untuk kedua jenis umroh tersebut pastinya mempunyai keutamaan dan keuntungannya masing-masing. Untuk kondisi di negara kita karena antrian keberangkatan gaji bisa sampai 20 bahkan 30 tahun, biasanya setelah mendaftar haji banyak jemaat yang mendaftarkan umroh mufradah terlebih dahulu meskipun nantinya waktu haji mereka juga akan mengerjakan haji tamattu’.

Kalau kita ingin mendaftar haji atau umroh, di indonesia sendiri banyak travel penyedia layanan haji dan umroh. Yang mana mereka bekerja sama dengan hotel di sekitar Masjidil haram. Sehingga lewat mereka lah kita akan di layani selama di sana. Sehingga kita di sana tinggal fokus untuk beribadah tidak repot memikirkan penginapan, makan, dan lain-lain.

Travel haji dan umroh tersebut biasanya minimal mengadakan agenda umroh selama 9 hari dari keberangkatan sampai pulang kembali ke tanah air. Ada juga berbagai macam paket umroh dengan fasilitas dan harga berkaca-macam bahkan ada yang di tambah tour ke negara-negara timur tengah.

Informasi dan Pengaduan Umroh

Untuk pengaduan ibadah haji dan umroh atau untuk mencari informasi sekarang di negara kita ada yang namanya SIMPU (Sistem Informasi Manajemen Pengaduan Umroh) yang mudah diakses bahkan bisa lewat android kita.

Dengan sistem ini menjadikan lebih mudah mengakses informasi maupun pengaduan seputar ibadah haji dan umroh. Karena di dalam sistem SIMPU terdapat instansi yang berhubungan dengan haji dan umroh, seperti KEMENAG, dan lain sebagainya.

Dengan segala kemudahan tersebut akan menjadikan kita lebih mudah dan aman menjalankan ibadah haji dan umroh. Semoga kita bisa segera mewujudkannya. Sekian ulasan ini, semoga bermanfaat.