Penjelasan Paling Lengkap Tentang Polis Asuransi Mobil All Risk Lifepal Terbaru - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Penjelasan Paling Lengkap Tentang Polis Asuransi Mobil All Risk Lifepal Terbaru

Digitren.id – Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang menjamin segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan, goresan, dan pencurian. Banyak sekali jenis pilihan asuransi mobil di Indonesia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kita.

Harga mobil yang terus meningkat di pasaran dan pentingnya mobilitas sosial membuat kendaraan ini keluar dari kategori mewah. Hampir semua orang menginginkan transportasi pribadi ini sebagai mobilitas utama. Bahkan, tak hanya pemilik mobil, kalangan menengah pun kini menjadikan mobil semakin penting.

asuransi mobil all risk

asuransi mobil all risk

Maka wajar jika kita harus menjaga hal-hal yang penting dalam hidup kita, seperti kesehatan, tempat tinggal, kendaraan. Jadi perlindungan seperti apa untuk mobil kita? Ada dua pilihan asuransi mobil yang bisa Anda pilih: Asuransi mobil all risk dan TLO atau Total Loss Only (Kerugian total saja).

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa alasan kenapa asuransi mobil all risk yang terlibat dalam asuransi ini, termasuk yang lainnya, sangat baik. Apakah asuransi mobil jenis ini benar-benar lebih baik dari TLO? Mari kita simak penjelasan lengkap ini.

Baca juga: Pentingnya Melek Asuransi Mobil Online Terbaik Paling Rekomendasi Tahun Ini

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Apa itu kata all risk di dalam asuransi mobil? Sesuai dengan namanya, asuransi mobil jenis ini adalah produk asuransi yang melindungi mobil Anda dari kecelakaan, bencana alam, kekerasan, dan bahkan jika mobil Anda dicuri oleh seseorang!

Oh ya asuransi mobil all risk ini memiliki nama lain. Nama lain untuk asuransi mobil jenis ini adalah asuransi Comprehensive. Universal dalam bahasa Inggris atau secara umum di Indonesia disebut dengan istilah komprehensif.

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Apa saja pertanggungan yang di dapatkan dari keunggulan asuransi mobil all risk tersebut? Manfaat asuransi mobil jenis ini antara lain, memberikan perlindungan bagi mobil dari segala kecelakaan dan memastikan perlindungan dari segala jenis kecelakaan. Dari kerugian kecil hingga serius dan tidak disengaja (misalnya pencurian).

Apa Saja yang Diprotek Dalam Asuransi Mobil All Risk?

Untuk Asuransi Mobil All Risk, Apa yang Diprotek?

Asuransi mobil all risk memang memiliki premi yang besar, tetapi asuransi ini juga menawarkan banyak perlindungan. Jadi apa saja yang diprotek dalam Asuransi Mobil jenis ini?

  • Kebakaran dan sambaran petir
  • Kerusakan roda akibat kecelakaan
  • Semua perbuatan jahat dari orang lain
  • Pencurian, dengan atau tanpa kekerasan
  • Pengecualian dari polis asuransi all risk
  • Biaya derek dan pengangkutan ke bengkel terdekat
  • Kecelakaan, benturan, tabrakan, lemparan, terperosok atau jatuh
  • Semua penyebab dan kecelakaan selama penyeberangan dengan perahu

Baca juga: Cara Paling Ampuh dan Simpel Atasi Mobil Bunyi Berdecit Saat Digas

Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Masih banyak yang kesulitan membedakan TLO dengan asuransi mobil all risk. Untuk menyederhanakan perbedaan antara keduanya, Anda dapat melihat tabel berikut.

TLO All Risk
Total risiko rusak atau biaya perbaikan mobil/motor adalah 75% atau lebih dari harga kendaraan saat ini.

Misalnya, pencurian, jatuh, tenggelam, dll.

Menanggung semua jenis kerusakan kecil hingga umum. Premium lebih mahal dari TLO.

Contohnya adalah: penyok, baret, pencurian, jatuh, dll.

Cocok untuk yang memiliki budget terbatas dan tinggal di daerah rawan pencurian dan banjir. Cocok untuk mobil baru dan nasabah yang mempunyai lebih banyak anggaran.
Premi Asuransi Mobil All Risk

Besaran premi asuransi mobil all risk (universal) berlaku sesuai keputusan premi OJK No. 6/SEOJK.05/2017 atau ketentuan lini usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor tahun 2017.

Tabel Premi Asuransi All Risk

Berikut tabel biaya dan besarnya asuransi all risk yang ditentukan berdasarkan lokasi, harga dan jenis kendaraan.

Kat. Regional dan harga mobil Region 1 (Sumatera dan sekitarnya) Region 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten) Region 3 (di luar Wilayah 1 dan 2)
1. Maks. Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
2. Rp 125-200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
3. Rp 200-400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
4. Rp 400-800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
5. Di atas Rp 800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%
Simulasi Perhitungan Asuransi Mobil All Risk

Dari tabel di atas Anda dapat menghitung jumlah total semua premi asuransi mobil jenis ini yang mesti dibayar. Misal mobil Agya memiliki harga Rp 150 juta dan plat B (Jakarta), maka masuk dalam kategori premi regional II dan kategori 2.

Baca juga: Turis Indonesia Sudah Bisa ke Singapura, Syaratnya Siapkan Asuransi Rp 315 Juta

Berikut ini adalah simulasinya, semua biaya asuransi mobil all risk dihitung dalam asuransi setiap tahun selama mengikuti asuransi tersebut:

 Harga mobil x persentase premi all risk = biaya premiRp150.000.000 x 2,47%  = Rp 3.705.000 per tahun

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya seluruh premi asuransi all risk yang harus dibayar selama satu tahun adalah Rp 3.705.000 per tahun. Namun, jika premi dibagi selama 12 bulan, premi untuk satu bulan adalah sekitar Rp 300.000.

Contoh lainnya adalah mobil Toyota Fortuner seharga Rp 490 juta dan plat nomor BB (Sumatera Utara), lalu kategori premi nya yaitu region 1 dan kategori 4. Berikut perhitungan premi asuransi all risk setiap tahun yang harus dibayarkan:

Harga Mobil x Persentase Premi Semua Kecelakaan = Harga PremiumRp490.000.000 x 1,20%  = Rp5.880.000 per tahun

Dari perhitungan di atas, semua premi asuransi mobil all risk harus dibayar Rp 5.880.000 setiap tahun. Namun, jika premi dibagi selama 12 bulan, biaya per bulannya sekitar Rp 400.000 per bulan. Ingat, tarif premi belum termasuk biaya administrasi, biaya polis, dan sebagainya. Ada fasilitas cicilan 0% untuk semua produk asuransi jenis ini menggunakan kartu kredit Lifepal.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Penting untuk mengetahui cara mengajukan klaim asuransi mobil all risk terlebih dahulu agar Anda tidak perlu khawatir saat membutuhkannya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengajukan klaim.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.