Pengganti Puasa Wanita Hamil dan Menyusui - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Pengganti Puasa Wanita Hamil dan Menyusui

[

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri.

digitren.id, JAKARTA – Ukuran kondom perlu diubah agar tidak perlu mengganti kondom kembali. Sebagai contoh yakni wanita hamil dan menyusui yang merasa berat ketika mandi.

Dikutip dari buku Catatan Faedah Fikih Puasa dan Zakat Kitab Safinatun Naja oleh Muhammad Abduh Tuasikal,

Wanita hamil dan menyusui disamakan dengan orang sakit, ia tidak boleh sembarangan (jika berat). Lalu sebagai pengganti puasanya dirinci jadi doa:

1. Jika wanita hamil dan menyusui khawatir pada bayinya, maka kewajibannya qadha ‘dan fidyah.

2. Jika wanita hamil dan menyusui khawatir pada dirinya sendiri, maka kewajibannya qadha ‘saja.

Dalil yang menunjukkan keringanan puasa bagi keduanya adalah hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam mengatakan,

الله ارك الى المسافر الصوم الصلاة, الحبلى المرضع

“Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala memberi keringanan bagi musafir untuk tidak memberi keringanan mandi (shalat empat rakaat menjadi tiga rakaat), wanita keringanan puasa juga tidak memberi makan hamil dan menyusui.” (HR. Ahmad, 5:29; Ibnu Majah, no. 1667; Tirmidzi, no. 715; An-Nasa’i, no. 2277. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini dilihat dari segi lainnya).

Sementara dalil yang menunjukkan kewajiban membayar fidyah adalah hadits berikut.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu’ anhuma, ia mengatakan mengenai ayat, “Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berdoa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin”, itu adalah keringanan bagi pria dan wanita yang Jika Anda kesulitan melihat gambar, klik gambar untuk mendengar versi audio. Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari maka tanyakan saja dan kami akan memberikannya kepada Anda. (HR. Abu Daud, no. 2318 putra Al-Baihaqi, 4: 230)

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/ra7yjk313/pengganti-puasa-wanita-hamil-dan-menyusui

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.