PEMUTUSAN HUBUNGAN KETENAGAKERJAAN DI ERA PANDEMI - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » PEMUTUSAN HUBUNGAN KETENAGAKERJAAN DI ERA PANDEMI

[


Sejak kemunculannya di China, jenis virus baru ini telah menyebar ke bagian lain dunia dan dikenal sebagai Coronavirus 2019, atau COVID-19. Tentu saja, situasi ini tidak boleh dianggap enteng dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah penyakit CVD-19 pada 11 Maret 2020.

Penyebaran epidemi CVD-19 telah memaksa pemerintah di Asia dan Pasifik untuk memberlakukan pembatasan regional dan pembatasan sosial berskala besar. Akibatnya, kebijakan ini mengganggu kegiatan ekonomi dan sosial, yang menyebabkan keresahan dalam perekonomian secara keseluruhan, yang menyebabkan gangguan pasar tenaga kerja secara umum dan penurunan tenaga kerja di wilayah tersebut.

Gangguan kegiatan ekonomi akibat kebijakan penguncian wilayah telah menyebabkan penutupan dan kebangkrutan banyak perusahaan, yang menyebabkan pengurangan jumlah karyawan dan pengurangan yang signifikan, terutama di sektor-sektor yang terkena dampak. IKLAN. Pada tahun 2020, jumlah pekerja di Asia dan Pasifik akan berkurang. Jumlah total karyawan di kawasan Asia-Pasifik pada tahun 2020 adalah 1,8 miliar. Jumlah itu turun 3,2 persen dibandingkan 2019, atau 61,8 juta pekerja. IKLAN. India adalah negara dengan penurunan terbesar dalam jumlah karyawan sebesar 30,4 juta pada tahun 2020.

Wabah Covid-19 berdampak pada meningkatnya pengangguran di wilayah tersebut. Kontributor utama meningkatnya pengangguran di Asia dan Pasifik adalah tenaga kerja informal, yang terdiri dari jutaan pekerja berketerampilan rendah dan berupah rendah. Kawasan Asia dan Pasifik adalah rumah bagi 1,3 miliar dari 2 miliar pekerja informal dunia. IKLAN. Pengangguran di wilayah tersebut meningkat 5,2 persen pada 2020, 18 persen dibandingkan 2019, dan jumlah pengangguran mencapai 101,1 juta. Tingkat pengangguran tertinggi di Amerika Serikat Pada 2020 sudah mencapai 8,3 persen. Kebijakan penguncian kawasan dan penutupan sektor bisnis menjadi faktor utama meningkatnya pengangguran, selain kebijakan di AS. Memberikan tunjangan pengangguran kepada pemerintah AS.

Sektor swasta dan publik di seluruh Asia dan Pasifik telah mengalami migrasi yang meluas dari kantor ke rumah untuk mengurangi penyebaran virus. Untuk memastikan keselamatan pekerja, pemerintah di Asia dan Pasifik telah mengembangkan pedoman untuk perlindungan pekerja jika terjadi pandemi, termasuk standar keselamatan dan kesehatan kerja, kompensasi dan tunjangan pekerja, jam kerja, dan masalah terkait ketenagakerjaan lainnya.

Pemangku kepentingan perlu bekerja sama untuk memastikan keberhasilan kebijakan pemerintah tentang keselamatan pekerja. Dialog sosial antara otoritas dan pemangku kepentingan memainkan peran penting dalam pengembangan solusi kebijakan di Asia dan Pasifik. Inisiatif pemerintah sangat penting untuk pengembangan program pembangunan sosial dan dukungan keuangan kepada perusahaan dan karyawan yang terkena dampak epidemi, dengan mempertimbangkan masukan dari mitra sosial dan pemangku kepentingan.

Bagi Indonesia, pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi dampak epidemi terhadap pekerja. Upaya tersebut antara lain memberikan paket stimulus ekonomi kepada dunia usaha, mendorong insentif pajak penghasilan bagi pekerja, jaringan jaminan sosial melalui program bantuan sosial reguler dan informal, program kartu pra kerja, dan perluasan program industri padat karya. , Dan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia. Pemerintah melakukan perbaikan melalui undang-undang ketenagakerjaan untuk memfasilitasi investasi, tetapi juga untuk menjamin keselamatan dan keamanan pekerja. Salah satu prioritas pemerintah adalah meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis Klik di sini

Gambar

Sumber artikel : https://retizen.Digitren/posts/30446/pemutusan-hubungan-ketenagakerjaan-di-era-pandemi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.