Pelajaran dari 5 Peristiwa Penting yang Terjadi pada Ramadhan - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Pelajaran dari 5 Peristiwa Penting yang Terjadi pada Ramadhan

[

Anda sedang merambah arsip untuk kategori Ramadhan

digitren.id, JAKARTA— Anda bisa dengan mudah menemukan postingan yang tepat untuk retret Ramadhan. Peristiwa ini bahkan menjadi tegakknya risalam Islam.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Integrasi Quran PPIQ-368, Bandung, KH Iskandar Mirza Ramadhan yang bisa diambil hikmahnya.


Pertama, Perang Badar. Postingan ini tentang Umat Islam yang dirasakan bersama bagaimana kondisi dan situasi lahir dan umat Islam saat melakukan peperangan dalam bulan Ramadhan, lapar haus dan dahaga secara fisik pasti akan menyatakan berat dan susah, belum lagi lebih banyak ban.

“Ini patut jadi renungan mendalam bagi umat Islam, bahwa perjuangan melawan kezaliman dan ketidakadilan tak terhalang oleh kondisi fisik. Semangat dan kekuatan para mujahid sejati bukan dari kekuatan fisiknya, melain taqarrub (kedekatan) seorang hamba pada Allah (taqwa) yang melahirkan kekuatan yang sesungguhnya, “kata Kiai Iskandar saat itu menyatakan bahwa peristiwa penting di bulan Ramadhan Republika.co.idKamis (7/4/2022).

Kiai Iskandar memastikan, jika api jihad sudah membara dalam jiwa seorang mukmin, maka iya tak lagi peduli pada kondisi fisiknya. Oleh karena itu, kesehatan mental bukanlah satu-satunya hal yang dapat membuat seseorang bahagia.


Kedua, Fathu Mekah atau penaklukkan Makkah. Postingan ini dari bahasa inggris kafir kafir Quraisy membagikan postingan Hudaibiyah tentang Rasulullah SAW. Peristiwa ini mengajarkan hasil dari sebuah kesabaran, di mana bagi sahabat Rasulullah perjanjian ini sangat berat bagi kaum Muslimin.

“Namun Rasulullah SAW sangat amat memahani karakter dan sifat kaum kafir yang mudah janji,” katanya.

Sehingga kata Kiai Iskandar, Nabi sabar hanya membutuhkan kesabaran, sebagaimana yang diajarkan dalam ibadah puasa, yang menghimpun tiga kesabaran sekaligus, yaitu sabar dalam mentaati Allah SWT, dalam menghadapi rasa lapar dan sabar terhadap takdir puasa yang diwajibkan.


Ketiga, wafatnya insan-insan terkasih Rasulullah SAW, seperti istri terciya (Khadijah al Kubro ra, Fatimah al Zahrah ra, dan Ruqayyah ra). Semua ini ujian adalah kesabaran, di mana setiap Muslim harus ikhlas dalam menjalani ujian yang merupakan syarat utama kemuliaan yang harus dijalani seorang hamba.

“Sebagaimana puasa yang di dalamnya penuh konsekwensi ujian lahir dan batin hingga kita menemukan dua kebahagiaan, yaitu bahagia saat berbuka puasa, dan bahagia saat bertemu Allah kelak di surga,” katanya.


Keempat, Nuzul Quran. Peristiwa ini adalah peristiwa hebat yang juga terjadi pada Ramadhan. Ini adalah daftar halaman kami yang paling populer di bulan Ramadhan.

“Setidaknya malam nuzul Alquran patut dijadikan semangat untuk gemar mengkhatamkan Alquran untuk meraih gelar ‘al hal wa al murtahal‘yaitu gelar yang disematkan Rasulullah saw pada mereka yang terus gemar mengkhatamkan Alquran dari Al-Fatihah sampai An-Naas.


Kelima, Lailatul Qadar. Peristiwa injadalah malam yang didasarkan pada sepanjang malam, karena malam telah berganti malam untuk membaca Al-Qur’an.

setidaknya perebutan malam ini menjadi cita-cita besar bagi setiap pelaku siyam. Karena malam ini memistiki keistimewaan dibanding dengan malam malam lainnya yang hanya terjadi pada Ramadhan.

“Untuk meraih keistimewaan malam ini, orang melakukan ibadah itikaf, sebagai bentuk muhasabah, tafakkur dan renungan atas semua khilaf dan dosa yang selama ini dilakukan,” katanya.

Dia berharap, peristiwa-peristiwa besar diatas menjadi semangat dalam jam-jam jalanan ibadah di bulan Ramadhan. Bahkan disebut juga dengan Iman menman dan takwa. “Semoga lima peristiwa besar Ramadhan ini dapat menjadi inspirasi hati nurani, motivasi jiwa dan semangat meraih kemenangan sejati. Amin,” katanya.

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9yol9320/pelajaran-dari-5-peristiwa-penting-yang-terjadi-pada-ramadhan

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.