Orang Pelit Harta, Tenaga, Pikiran Menurut Alquran dan Rasul - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Orang Pelit Harta, Tenaga, Pikiran Menurut Alquran dan Rasul

[

Nabi Muhammad SAW memberikan uus manusia untuk mendukung sifat pelit tersebut.

digitren.id, JAKARTA – Al-Qur’an menyebutkan bahwa Allah (SWT) tidak memiliki oktaf apapun yang dikandungnya, tenaga dan pikiran. Alquran juga menjelaskan bahwa mereka yang pelit harta, tenaga dan pikiran adalah orang sombong dan takabur atau membanggakan diri. Ini adalah penjelasan dalam tafsir Surah An-Nisa Ayat 37.

Bahkan dalam hadist, Nabi Muhammad SAW menyeru umat manusia untuk menciptakan sifat pelit. Karena sifat pelit yang membinsakan orang-orang terdahulu.

الَّذِيْنَ لُوْنَ النَّاسَ الْبُخْلِ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ لِهٖۗ اَعْتَدْنَا لِلِي

(yaitu) orang yang kikir, dan menyuruh orang lain melakukan kikir, dan menyembunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir azab yang menghinakan. (QS An-Nisa: 37)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat sebelumnya, dijelaskan bahwa Allah tidak sombong dan membanggakan diri. Dalam ayat ini dijelaskan bahwa orang yang sombong dan takabur itu perbuatannya bakhil (pelit) dan tidak mau berbuat kebaikan yang telah diperintahkan Allah.

Orang putra dan menantu yang tidak memiliki hak pilih, jangan sungkan untuk mendaftar gratis.

Oleh samping pelit, mereka mempengaruhi orang lain untuk berlaku pelit juga, agar orang lain tidak mengeluarkan hartanya untuk membantu orang yang perlu ditolong. Di dalam hati mereka tersimpan sifat tamak kepada harta benda. Biar orang lain hidup melarat dan sengsara, asal mereka dapat hidup senang dan bermegah-megah.

Mereka menunmbunyikan karunia yang telah diberikan Allah kepadanya. Mereka hadir-pura seperti orang yang selalu dalam kesempitan dan kekurangan. Mereka yang seperti itu termasuk manusia yang tidak bersyukur kepada Allah, mereka adalah orang yang kafir di atas nikmat Allah.

Bagi orang kafir, Allah memberikan siksa yang kau buat, baik di dunia maupun di akhirat nanti.

ا ا الله الحارث الله ل الله لى الله ليه لم ال اكم الل ل الله ليه لم ال اكم ال ا

Nabi SAW bersabda, “Jauhilah sifat pelit, karena sesungguhnya yang membinasakan orang sebelum kalian adalah sifat pelit.” (HR.Abu Daud)

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/ra0jxz313/orang-pelit-harta-tenaga-pikiran-menurut-alquran-dan-rasul

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.