Beranda » Tech » Apps » Obrolan Rahasia Telegram Merupakan Fitur yang Paling Banyak Digunakan

Digitren.id – Mungkin ada yang bertanya–tanya, secret chat telegram atau yang lebih terkenalnya obrolan rahasia di aplikasi telegram itu apa sih?, fungsinya buat apa sih?.

Sebelum Kita beralih ke obrolan rahasia, yang paling utama aplikasi Telegram itu apa sih?. Yaitu sebuah aplikasi berbasis pesan yang resmi dari Appstore dan Playstore, untuk mengobrol dengan semua pengguna yang memakai layanan pesan instan ini secara sederhana dan mudah, langsung dari Android Anda.

obrolan rahasia telegram

obrolan rahasia telegram

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur keamanan yang ada di dalamnya seperti privasi data, enkripsi, verifikasi dua langkah, kode sandi lokal, kemampuan untuk menyembunyikan yang terakhir terlihat, foto profil, dan banyak lagi.

Karena tingginya jumlah kasus invasi peretasan dan informasi yang bocor di seluruh dunia, kita harus mencari pengalaman pengiriman pesan yang lebih aman secara online. Obrolan rahasia Telegram jelas merupakan tempat yang bagus untuk memulai.

Jadi, Anda belum tahu apa itu secret chat telegram bukan?, kami telah mengumpulkan semua informasi yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan obrolan rahasia Telegram. Baca terus dan lihat ya!

Fungsi-Fungsi Secret Chat Telegram

Didalam obrolan rahasia, ada beberapa fungsi yang menurut perusahaan didukung oleh lapisan privasi tambahan. obrolan rahasia juga menawarkan fitur yang hilang dari obrolan biasa di Telegram.

Penasaran apa saja fungsi–fungsi tersebut? Berikut adalah fungsinya :

1. Obrolan rahasia Dienkripsi Ujung ke Ujung

Ialah salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Telegram. Adapun caranya yaitu dengan mengaktifkan obrolan rahasia Telegram di Android atau iPhone Anda (tidak tersedia di versi Desktop).

Perbedaan utama antara obrolan biasa dan obrolan rahasia di Telegram cara mereka dienkripsi. Menurut Telegram, pesan dalam obrolan rahasia dienkripsi klien ke klien, sedangkan obrolan biasa dienkripsi klien-server/server-klien dan disimpan terenkripsi ke Telegram Cloud.

Dan akan memungkinkan dua pengguna untuk mengobrol di saluran terenkripsi ujung ke ujung yang tidak dapat diteruskan oleh pengguna lain, dan sangat cocok untuk orang yang ingin menyimpan pesan mereka di area terenkripsi.

Baca juga: Kode Undangan TikTok Lite Untuk Mendapatkan 100.000 Poin

Orang selain Anda dan penerima tidak akan dapat menguraikan pesan Telegram terenkripsi yang dikirim dalam mode obrolan rahasia. Bahkan jika Anda atau penerima mencoba meneruskan pesan rahasia, itu tidak akan pernah berhasil, yang menjamin bahwa orang lain tidak akan mendapatkan akses ke pesan pribadi Anda.

Ini juga yang membedakan Telegram secret chat dengan yang biasa karena chat biasa hanya diterapkan dengan enkripsi client-server/server-client sehingga chat tersebut bisa disimpan di Telegram Cloud untuk melakukan sinkronisasi data di setiap perangkat yang dimiliki akun Anda.

Jika kerahasiaan adalah yang Anda cari, maka menggunakan secret chat Telegram pasti akan membantu Anda menjaga percakapan pribadi Anda.

Maka dari itu dalam hal privasi maupun keamanan, Telegram jauh lebih baik dibandingkan aplikasi yang lagi trend sekarang seperti aplikasi WhatsApp dan Facebook.

Telegram adalah pusat terbuka, dan semua kodenya tersedia online untuk diverifikasi oleh pakar keamanan.

2. obrolan rahasia adalah obrolan rahasia khusus perangkat

Yang disimpan dan tetap berada di perangkat itu sendiri dan juga terikat dengan perangkat.

Ini berarti obrolan rahasia bukan bagian dari Telegram Cloud dan mereka aman selama smartphone aman dengan pengguna. Obrolan ini hanya dapat diakses menggunakan perangkat asal.

Ini juga berarti obrolan rahasia yang dimulai pada ponsel cerdas tertentu tidak dapat diakses di perangkat lain meskipun akun loginnya sama.

Baca juga: Aplikasi Editing Video Terpopular Di Smartphone Terbaru Tahun ini

3. Obrolan rahasia tidak dapat diteruskan

Seperti obrolan biasa, pengguna tidak dapat meneruskan pesan yang dikirim melalui obrolan rahasia. Obrolan rahasia disinkronkan dengan baik antara pengirim dan penerima. obrolan rahasia disinkronkan antara pengirim dan penerima lebih dari sekadar mengirim dan menerima pesan.

Misalnya, jika pengguna memutuskan untuk menghapus pesan di sisi percakapan mereka, pesan tersebut juga akan dihapus dari sisi penerima.

4. Pesan obrolan rahasia dapat dibatasi waktu

Pengguna, saat menggunakan obrolan rahasia, dapat menetapkan batas waktu untuk foto, pesan, video, dan file. Setelah interval yang ditetapkan, pesan akan hilang dari perangkat pengirim dan penerima, setelah dibaca atau dilihat.

Bagaimana Cara Menggunakan obrolan rahasia Telegram?

Setelah membaca semua yang disebutkan di atas, Anda mungkin ingin mengunduh Telegram dan mencoba fitur obrolan rahasianya iya kan?. Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan secret chat Telegram!

Cukup ikuti langkah-langkahnya:

Secara umum, YA, pasti lebih aman menggunakan secret chat Telegram daripada kebanyakan aplikasi perpesanan lain di Internet.

  • Langkah 1 Jika Anda tidak punya Telegram, silahkan unduh dahulu aplikasi situs resmi Telegram di Playstore.
  • Langkah 2 silahkan Anda daftar akun Telegram dengan nomor telepon Anda dan kemudian ke langkah selanjutnya.
  • Langkah 3 selanjutnya, buka profil pengguna yang ingin Anda ajak memulai percakapan (Anda mungkin ingin menambahkan beberapa kontak terlebih dahulu), dan klik ikon “…” di sudut kanan atas.
  • Langkah 4 Setelah mengklik ikon itu, Anda akan menemukan opsi “Mulai obrolan rahasia”, atau “ Mulai Secret Chat “. Klik di atasnya, dan mulai percakapan terenkripsi Anda!

Perlu diingat: Karena Telegram menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung untuk membuat fitur ini benar-benar aman, obrolan rahasia hanya akan tetap ada di perangkat tempat ia pertama kali dibuat. Jika Anda keluar darinya, Anda akan kehilangan obrolan rahasia.

Baca juga: Contoh Undangan Online Serta Tips Cara Penulisan yang Tepat dan Benar

Bagaimana Cara Keluar dari obrolan rahasia Telegram?

Tidak seperti obrolan biasa, memulihkan secret chat di Telegram sedikit berbeda. Percakapan rahasia tetap hanya di ponsel orang yang terlibat dan tidak di server Telegram.

Saat Anda menghapus obrolan rahasia, Anda memiliki dua opsi: ketik ” Hapus riwayat ” dan ” Hapus obrolan “. Bagaimanapun, apakah Anda telah mengklik “Hapus obrolan” atau “Hapus riwayat”, Telegram memberi Anda kemungkinan untuk memulihkan obrolan hanya dan secara eksklusif dalam lima detik dengan mengklik item “Batal”.

Jika dalam kedua kasus Anda belum cukup cepat, Anda tidak akan dapat memulihkan obrolan yang dihapus di Telegram. Satu-satunya cara untuk memulihkan obrolan rahasia dalam kasus ini adalah dengan meminta pengguna lain untuk mengambil tangkapan layar dari pesan sebelumnya.

Ikuti langkah – langkah berikut :

  • Langkah 1 masuk ke aplikasi Telegram dan disana ada beberapa kontak pengguna Telegram
  • Langkah 2 di menu kontak klik dan tahan yang lama pada pengguna Telegram yang telah Anda jadikah secret chat
  • Langkah 3 setelah muncul tanda “ ceklis “, klik ikon “ tong sampah “ yang berada dipojok kanan nomor 2 dari atas
  • Langkah 4 klik “ Delete Chat “
Apakah Aman Menggunakan obrolan rahasia Telegram?

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana jika seseorang menemukan obrolan rahasia di perangkat lain yang telah masuk ke akun Telegram Anda? Maka fakta ini akan meyakinkan karena saat menggunakan secret chat Telegram.

Anda hanya dapat mengakses pesan Anda di perangkat tempat Anda mengirim pesan. Tidak ada Cloud untuk menyimpan detail obrolan rahasia – bahkan server Telegram akan menghalangi Anda.

Bagaimana jika orang di sisi lain memutuskan untuk mengambil tangkapan layar isi pesan rahasia? Nah, kabar baiknya adalah, ketika memulai percakapan saat menggunakan secret chat Telegram, jika orang yang Anda ajak mengobrol mencoba mengambil tangkapan layar dari pesan Anda.

Server Telegram akan mencoba memperingatkan Anda bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi. Namun, seperti yang dinyatakan Telegram bahwa ada kemungkinan seseorang menggunakan perangkat lain untuk mengambil gambar dari pesan obrolan rahasia.

Dalam hal ini tidak akan ada cara untuk mendeteksi tindakan tersebut. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar Anda berhati-hati 120% saat menangani informasi pribadi Anda di secret chat Telegram Anda.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda*

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.