14 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Obat Kutu Rambut Paling Ampuh dan Aman untuk Semua Kalangan

Digitren.id – Rasa gatal di kepala memang mengganggu banget tentunya. Baik itu kena ketombe apalagi sampai ada kutu rambutnya. Tentu akan sangat mengganggu aktifitas kita. Apalagi kutu rambut adalah parasit kulit kepala. Pastinya kita butuh obat kutu rambut yang ampuh.

Kutu rambut merupakan hewan kecil berkaki enam yang memang menjadi parasit kulit kepala. Karena kutu rambut suka menghisap darah di kulit kepala kita. Kutu rambut manusia biasanya menularnya sesama manusia juga.

obat kutu rambut

Bila di rambut kita ada kutunya maka hewan kecil ini akan berkembangbiak di kepala kita. Mereka akan bertelur dan berkembangbiak. Maka sebelum hal ini terjadi di kepala kita tentu kita harus bisa menjaga kebersihan rambut kepala. Termasuk dengan keramas setidaknya 1 x dalam 2 hari.

Bila perlu kita perlu nutrisi rambut dan vitamin rambut. Sehingga kulit kepala kita sehat, rambut kita sehat dan kuat, serta bersih dari kutu rambut. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur ada kutu rambutnya? Maka solusinya jelas kita butuh obat kutu rambut, untuk itu mari kita simak cara menghilangkan kutu rambut.

Kadang kita juga tanpa sadar memiliki kutu di rambut kita, karena saking kecil dan lincahnya hewan yang satu ini. Belum lagi telurnya biasanya ada di pangkal rambut dekat kulit kepala, sehingga hampir tidak terlihat oleh mata kita.

Cara sederhana menghilangkan kutu rambut yang dilakukan dari zaman dulu sampai saat ini yaitu menggunakan sisir serit yang bergerigi rapat. Bahkan bila perlu kita pilih yang jarak giginya 0,2 mm. Sehingga kotoran rambut, kutu rambut dan telur-telurnya terangkat semua.

Sebelum menyisir rambut menggunakan sisir serit ini usahakan kita basahi dulu rambut kita. Agar kutu rambut tidak terlalu lincah. Sehingga bisa terangkat semua. Tapi karena cara ini tergolong manual, maka biasanya cara yang lebih ampuh dengan obat kutu rambut, biar kutunya mati semua.

Obat kutu rambut sendiri ada secara alami maupun dengan cara kimiawi. Yang jelas kita perlu menyesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala kita. Karena biasanya tiap orang berbeda-beda kondisi rambut dan kulit kepalanya.

Baca juga: Cara Membuat Masker Spirulina

Baiklah kita bahas dulu obat kutu rambut yang alami, karena biasanya yang alami lebih banyak disukai. Biasanya dengan yang alami akan lebih merasa aman karena bahan dari herbal maupun bahan alami lainnya. Dari segi harga kadang lebih murah dari harga produk yang lain.

Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Langsung saja kita bahas obat kutu rambut yang alami sebagai berikut :

  • Dengan minyak zaitun, minyak zaitun ternyata cukup ampuh mengatasi kutu rambut. Caranya adalah dengan kita keramas lalu keringkan. Setelah itu oleskan minyak zaitun di rambut sambil di ratakan dan dipijat. Lalu pakai penutup kepala diamkan sampai pagi. Setelah itu bilas dengan sampo rambut.
  • Dengan asam cuka, karena asam cuka memiliki tingkat asam yang tinggi sehingga cukup ampuh menjadi obat kutu rambut beserta telur-telurnya. Tapi dalam penggunaan perlu berhati-hati karena keasaman cuka yang cukup kuat. Cara pemakaiannya sama dengan cara di atas.
  • Dengan bawang putih, bawang putih juga bisa menjadi opsi buat obat kutu rambut dengan cara di blender halus lalu campurkan dengan sedikit air jeruk nipis. Maka bisa digunakan dengan langkah seperti penggunaan minyak zaitun.
  • Dengan menggunakan mayonaise, saus pelengkap makanan ini juga bisa sebagai obat kutu rambut yang bahkan dikatakan bisa menghilangkan kutu rambut secara permanen. Caranya juga sama tinggal dioleskan di rambut sambil dipijat lalu pakai penutup kepala selama 5 – 6 jam. Setelah itu bilas lalu keringkan dan sisir dengan sisir serit.
  • Dengan menggunakan lemon, lemon juga memiliki keasaman yang tinggi yang ampuh buat membunuh kutu rambut. Cukup gunakan air lemon yang dicampur air 100ml. Lalu dioleskan di rambut sambil dipijit selama 5 – 10 menit setelah itu diamkan selama 30 – 40 menit . Lalu bilas dengan air bersih.
  • Masih bisa juga dengan alkohol Dan mouth wash atau obat kumur. Ini juga bisa digunakan sebagai obat kutu rambut. Karena berbahan tidak alami secara murni maka penggunaannya perlu diperhatikan.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa sebagai opsi untuk penanganan pertama. Kutu rambut sendiri biasanya lebih banyak menyerang ke anak-anak. Walaupun orang dewasa pun bisa juga tertular.

Tetapi kebanyakan yang diincar adalah anak-anak. Bisa karena anak-anak kadang kurang bisa merawat dirinya. Kebanyakan kalau tidak dipaksa orang tuanya kadang tidak mau mandi, bersih-bersih badan dll.

Inilah salah satu penyebab utama anak-anak terkena kutu rambut. Sehingga obat kutu rambut yang kimiawi pun masih dipakai buat anak-anak. Atau setidaknya obat tersebut aman digunakan oleh anak. Kelebihan obat kimiawi biasanya ada takaran dosisnya dan ada arahan serta saran penggunaan.

Mengilangkan Kutu Rambut Dengan Kimiawi

Berbeda dengan obat alami yang kadang kita hanya main feeling dalam penggunaannya. Langsung saja akan kami berikan contoh obat kutu rambut yang kimiawi tapi tetap aman digunakan untuk anak-anak. Yaitu sebagai berikut :

  • Untuk yang secara umum sering digunakan oleh masyarakat kita adalah peditox. Karena kalu dari segi harga sangatlah murah. Kita bisa beli obat kutu rambut yang satu ini dengan harga 10 ribu sampai 15 ribu saja. Tapi yang menjadi catatan penting adalah obat ini menimbulkan efek panas di kulit sehingga perlu hati-hati terutama jangan sampai mengenai mata.
  • Kemudian ada beberapa produk obat kutu rambut yang berbentuk shampo. Sehingga bisa di gunakan sambil keramas rambut. Ini juga cukup efektif dan ampuh membasmi kutu rambut. Selain itu karena berbentuk shampo tentu ada bahan tambahan sebagai pelembut rambut. Seperti olive oil, dll. Contohnya ada : lice not nice family shampo care, anty lice shampoo freshy, shirami sahmpo, dan g walet shampo anti kutu.
  • Kemudian ada obat kutu yang cara penggunaannya cukup disemprotkan ke rambut. Kemudian dibiarkan agar obatnya bisa meresap dan akhirnya membunuh kutu dan telur-telurnya. Cara ini dinilai cukup praktis karena tinggal semprot diamkan kutu akan hilang atau mati dengan sendirinya. Contoh obat kutu rambut yang spray adalah : tumoklin, dan tumbonan obat kutu. Kedua obat ini juga cukup ampuh membunuh kutu sampai ke telur-telurnya. Dan terbuat dari bahan alami. Sehingga lebih aman.

Itulah cara kita mengatasi kutu rambut yang menyerang kepala kita. Baik penggunaan obat secara lamai maupun yang kimiawi semua ada kelebihanya masing-masing. Yang jelas tinggal kita yang harus pandai memilih obat mana yang cocok.

Baca juga: Obat Herbal Graviola Fit Extrak Daun Sirsak Plus Alkali

Selain cocok juga perlu memperhatikan apakah ada efek samping pada kulit kepala kita. Bila memang ada efek sampingnya segera hentikan pengobatan dan cari cara lain. Lebih tepatnya segera konsultasikan pada dokter spesialis.

Soalnya setiap kulit kepala dan rambut tiap orang berbeda penanganannya. Sehingga perlu berhati-hati dan mencari obat yang terbaik. Agar kutu rambut hilang permanen dan kita pun juga aman tidak terkena efek samping.

Demikian tadi artikel kami, semoga bisa bermanfaat dan silahkan share agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terimakasih