Nabi Muhammad Sebagai Pendidik | Republika Online - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Nabi Muhammad Sebagai Pendidik | Republika Online

Selain utusan Allah, Nabi Muhammad juga mendapat pendidik.

digitren.id, JAKARTA – Di samping sebagai utusan Allah SWT, Nabi Muhammad SAW juga seorang pendidik. Jika ini masalahnya maka Allah beberapa kali dalam Alquran, antara lain-yang artinya.

“Ya Tuhan kami, tolong carilah Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian. Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,” (al-Baqarah ayat 129).

Yakhsyallah Mansur dalam bukunya Ash-Shuffah menjelaskan, ayat ini merupakan doa Nabi Ibrahim as. agar keturunannya lahir seorang yang dapat mengembangkan agama dan mengajarkan ilmu pengetahuan dalam membina moral manusia.

Doa ini dikabulkan oleh Allah dengan mengutus Nabi Muhammad SAW hanya menulis untuk Nabi dan Rasul sekaligus sebagai seorang pendidik.

“Rasulullah, semoga Allah memberkati dan memberinya kedamaian.(al-Kitab dan al-Hikmah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui, “al-Baqarah ayat 151).

Pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa tugas Rasulullah SAW adalah anggota ayat-ayat Allah, membersihkan jiwa manusia, menerjemahkan al-Kitab dan al-Hikmah dan hal-hal yang banyak berhubungan dengan manusia.

Menurut al-Kitab, terjemahan Al-Qur’an orang kafir tidak berarti menu terjemahan arti bahasa al-Kitab.

menurut Muhammad Abduh (1265 H 1849M-1323H / 1905M, ahli keuangan yang menjelaskan tentang pentingnya peran penting bagi kemajuan peradaban umat manusia.”

Dalam ayat berikut, Allah (SWT) berfirman:

“Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya al-Kitab, hikmah, dan kenabian lalu dia berkata kepada manusia, Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah,” akan tetapi (dia berkata), Hendaknya kamu menjadi orang yang rabb, ” Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, jangan ragu untuk menghubungi saya.”

Pada ayat ujung ini disebutkan bahwa para nabi termasuk Nabi Muhammad SAW adalah sebagai pendidik yang mengajarkan bagaimana cara manusia mendekati Allah dengan berbagai macam ibadah yang diajarkan oleh Allah sendiri dengan perantara rasul itu. Para Nabi tidak menyuruh pengikutnya menjadi penyembah dirinya tetapi menuntun agar manusia itu menjadi orang yang sangat dekat dengan Tuhan.

Pada ayat ini, orang yang sangat dekat dengan Tuhan disebut sebagai Rabbani. Tingkat Rabbani ini dapat dikaitkan dengan turunnya ayat-ayat Allah dan berkah mempelajarinya.

Allah SWG dalam surah Ali Imran ayat 164 juga berfirman yang artinya:

“Sungguh Allh has member gift to the person that trust when a alah mengutus di antara mereka rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada nereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada merekn al-Kita dan al- Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum kedatangan nabi itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

 

 

 

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r8xwzz430/nabi-muhammad-sebagai-pendidik

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.