Nabi Muhammad Mendapat Hadiah Khuf dari Raja an-Najasyi - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Nabi Muhammad Mendapat Hadiah Khuf dari Raja an-Najasyi

[

Raja an-Najasyi mencinci Nabi Muhammad.

digitren.id, JAKARTA – Orang yang dicintai papa, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga dicintai oleh seorang raja an-Najasyi. Bentuk kecinan raja an-Najasyi kepada nabi adalah menghadiahkannya sepasang Khuf hitam pekat kepada nabi.

“Laluna Nabi SAW memakainya dan kemudian ia berwudhu dengan hanya menyapu keduanya (yakni tidak membasuh kaki),” HR Abu Daud bab “Thaharah” dan bab Pakaian hadist nomor 3620.

Menurut catatan M. Tarsyi Hawi penerjamaah kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah karangan Imam At Tirmidzi, mengatakan Khuf entah jenis kaos kaki, tapi terbuat dari kulit binatang. Khuf dibuat sangat tipis dan setinggi-tingginya untuk mata kaki.

Biasanya hanya digunakan pada musim dingin untuk mencegah kulit kaki agar tidak pecah-pecah. Biasanya, orang memakai Khuf ketika musafir di musim dingin, dan masih memakai sepatu luar lagi. Sepatu ini namanya Khuf.

“Bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan istilah mudah untuk menerjemahkan tapi kadang-kadang diterjemahkan juga dengan sepatuku,” kata M Tarsyi Hawi dalam bukunya Hadits Mengenai Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah GERGAJI.

An-Najasyi, seorang sarjana sastra dari dinasti Negust, dikenal sebagai raja-raja Abesinia (Habsyi) yang dianggap sebagai denominasi di Etiopia.

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Hinad bin Siri dari Waki ​​dari Dalham bin Shalih dari Hujair bin Abdullah dari putra Buraidah yang bersumber dari Buraidah ra

Asy-Sya’bi berkata al-Mughirah bin Syu’bahra bercerita Diyahmemberi hadiah sepasang khuf kepada Nabi SAW kemudian Nabi SAW memakainya. Dan menurut riwayat Israil dari Jabir dari Amir adalah sebagai berikut “….. dan baju jubah, lalu Nabi SAW memakai keduanya sampai rusak, Nabi SAW tidak mengetahui apakah sepasang khuf itu berasal dari kulit binatang yang disembelih.

Ini diriwayatkan oleh Qutaibah bin Said dari Yahya bin Zakaria bin Abu Zaidah dari al-Hasan bin Iyasy dari Abu Ishaq dari Syabi yang bersumber dari Al-Mughirah bin Syu’bah ra




Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9n0mg430/nabi-muhammad-mendapat-hadiah-khuf-dari-raja-annajasyi

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.