Beranda » Travel News » Museum Samudra Pasai di Aceh Utara Akan Tetap Buka Selama Festival Nataru

ACEH Utara – Manajemen Museum Pasifik, Daerah Aceh Utara, pada Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dijamin buka untuk hari raya.

Wisatawan masih bisa mengunjungi museum selama abad 18-20 dengan berbagai koleksi.

Selain itu, pengelola hotel di Aceh optimistis tempat wisata akan ramai menjelang Nataru.

Kepala Biro Kebudayaan, Pendidikan, dan Kebudayaan Negara Asia Utara Nurulina Senin (22/11/2021) Pemerintah telah memutuskan untuk membuka museum dalam rangka libur Nataru.

Kami masih buka. Kunjungan kali ini lumayan karena penyebaran virus CVD-19 mulai stabil di Aceh dan Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya mulai meningkatkan volume kunjungan. Namun protokol kesehatan di museum tetap ketat,” kata Nurliana.

Menurut Nourita, museum saat ini menampung 340 koleksi di bidang filologika, numismatika, historika, etnografika dan keramologika.

Baca juga: Perbedaan Haji dan Umroh: Pengertian, Rukun, Hingga Syarat

Ia mencontohkan koleksi museum berupa furniture, perhiasan, peralatan pertanian, dan artefak kuno.

Royal Museum of the Pacific Ocean, di Desa Berringen, Samudera County, Asse Utara, Asse, Jumat (17/3/2017).MASRIADI Royal Museum of the Pacific Ocean, di Desa Berringen, Samudera County, Asse Utara, Asse, Jumat (17/3/2017)

“Ada kitab-kitab dan buku karangan yang ditulis oleh para ulama zaman dahulu,” jelasnya.

Ia mengatakan, program studi dilakukan untuk para mahasiswa, khususnya di museum. Oleh karena itu, guru mereka mengundang siswanya untuk mengunjungi museum. Misi ini lebih jauh untuk membantu generasi muda memahami asal-usul sejarah wilayah tersebut.

Baca juga: Pengertian Haji dan Umroh Lengkap Menurut Bahasa dan istilah

“Kita patut bangga memiliki museum dengan sejarah Kerajaan Samudra Pasifik. Ini salah satu pemerintahan terbesar di Indonesia,” ujarnya.

Sumber : travel.kompas.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.