16 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Mudahnya Pinjaman Online Tanpa Syarat dan Langsung Cair

Digitren.id – Kebutuhan akan uang baik untuk modal usaha, keperluan mendadak, dan biaya lainnya memang terkadang bikin pusing sendiri. Kadang mau pinjem tetangga atau teman tidak enak, pinjem bank merasa ribet. Solusinya kalau saat ini ya ada pinjaman online yang bisa memecahkan masalah.

Kanapa kok bisa menjadi solusi? Tentunya karena kemudahan syaratnya dan lebih cepat prosesnya. Tentu setiap kita sekarang ini mempunyai smartphone yang bisa mengakses online. Termasuk untuk melakukan pinjaman secara online hanya lewat HP saja sudah bisa langsung cair.

pinjaman online

pinjaman online

Karena rata-rata pinjaman online saat ini hanya cukup membutuhkan KTP dan data pendukung serta cukup menggunakan Handphone. Dengan kemudahan inilah yang menjadikan banyak orang yang lebih tertarik pinjaman online dari pada perbankan.

Di negara kita ini dalam beberapa tahun terakhir pinjaman secara online mulai menjamur dengan perkembangan yang pesat. Karena banyak masyarakat kita yang mencari pinjaman secara online untuk memenuhi kebutuhannya.

Ada beberapa diantara lapisan masyarakat kita yang tidak bisa pengajuan pinjaman ke bank. Baik karena sangkutan BI Checking, kredit dan cicilan lain, dsb. Sehingga perlu ada solusi untuk memenuhi pinjaman tersebut. Maka pinjol atau fintech datang menjadi solusinya guna memenuhi kebutuhan pinjaman uang langsung cair dalam hitungan menit.

Pengertian pinjol sendiri merupakan salah satu jenis kredit atau pinjaman yang cukup dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka antara peminjam dan pihak yang meminjami. Dan secara proses nya pun, uangnya bisa langsung cepat cair saat itu juga, cukup mudah dan cepat.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online Bagi Pemula Bisa Tanpa Modal

Keuntungan Pinjaman Online

Untuk melakukan pinjaman pun cukup menggunakan HP android kita. Dengan cara kita mendownload lalu menginstal aplikasi fintech atau pinjol sesuai keinginan kita. Kemudian mendaftar, mengisi formulir lalu melakukan pinjaman. Ada beberapa keunggulan pinjol, diantaranya :

  • Keuntungan pertama adalah kita tidak perlu repot-repot melakukan tatap muka dengan pihak peminjam. Cukup dilakukan secara online. Sehingga proses peminjaman uang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  • Keuntungan berikutnya proses nya cukup kalau kita mengajukan pinjaman secara online biasanya hanya membutuhkan Foto KTP kita serta foto selfie sudah cukup. Adapun dokumen pendukung lainnya hanya bila diperlukan. Berbeda dengan kredit di tempat lain.
  • Keuntungannya lagi adalah dana pinjaman akan cair dengan biasanya hanya dalam waktu 1 x 24 jam. Dana pinjaman sudah di transfer ke no rekening kita. Sehingga bisa menjadi solusi buat yang butuh dana secara cepat.
  • Termasuk yang menarik adalah plafon pinjaman yang ditawarkan kecil, maksutnya kita bisa meminjam hanya 500.000 saja. Sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang dibutuhkan. Tidak perlu harus pinjam minimal puluhan juta baru di acc.
  • Keuntungan berikutnya adalah kita yang mengajukan pinjaman secara online tidak perlu menyerahkan agunan, sehingga akan lebih merasa nyaman dan aman.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan bagi kita yang ingin melakukan pinjaman secara online. Sebenarnya masih ada lagi beberapa keuntungan lainnya seperti tanpa perlu kartu kredit, dll. Makanya sekarang banyak yang lebih suka meminjam uang secara online.

Baca juga: Toko Online Termurah Gratis Ongkir Banyak Cashback

Syarat dan Tata Cara Pinjaman Secara Online

Sebelum bisa merasakan banyak keuntungan pinjaman secara online tersebut tentu kita perlu mendaftar dulu. Caranya cukup mudah dengan cara kita install dulu aplikasi pinjol melalui play store. Kita cari referensi dulu Pinjol yang terbaik dan berkualitas tentunya bisa lihat ratingnya.

Bila sudah install selanjutnya kita perlu melengkapi data diri atau formulir di aplikasi secara online. Baik itu nama, email, no HP, foto KTP, foto selfie dll. Setelah itu kita akan memiliki akun yang siap buat melakukan pinjaman secara online.

Kita bisa langsung melakukan pinjaman dan menentukan besarnya pinjaman, lamanya cicilan sesuai dengan kebutuhan dana yang kita inginkan. Setelah semua syarat terpenuhi maka akan segera di acc dan uang tunai pinjaman kita akan di transfer ke nomor rekening kita.

Cukup mudah bukan langkah melakukan pinjaman secara online. Adapun persyaratan kita bisa melakukan pinjaman secara online diantaranya kita memiliki KTP sehingga setidaknya usia minimal kita adalah 18 tahun. Selain itu kita memang benar-benar Warga Negara Indonesia.

Persyaratan lainnya adalah kita sudah bekerja dan memiliki penghasilan ini lebih diutamakan karena ini berhubungan dengan cicilan nantinya. Selain kita WNI juga memang berdomisili di wilayah Indonesia. Termasuk kita tinggal di wilayah yang sesuai cakupan dari pinjol  tersebut.

Terkadang berbeda aplikasi berbeda pula kebijakan penentuan wilayahnya. Ada yang bisa melayani seluruh Indonesia. Adapun beberapa dokumen pendukung selain KTP yang perlu dipersiapkan adalah slip gaji kita bisa juga rekening listrik, rekening bank dll.

Selain itu terkadang kita juga diminta NPWP atau Pajak kita. Bahkan ada yang membutuhkan peesyaratan akun marketplace kita seperti Lazada, Shopee dll atau akun grab dan gojek kita. Perlu diingat berbeda fintech berbeda pula syarat dan kebijakannya.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online Dengan Memanfaatkan CMS

Jenis Pinjaman Secara Online

Ada beberapa jenis pinjaman yang bisa kita ajukan kepada pihak pinjaman secara online. Tentu berbeda jenis berbeda pula tujuan peminjamannya. Diantaranya :

  1. Jenis yang pertama adalah Dana Tunai. Ini merupakan pinjaman yang paling mudah karena tanpa jaminan apapun hanya perlu KTP saja. Uang langsung akan ditransfer ke rekening kita.

Prosesnya pun tidak melebihi 24 jam langsung cair. Tetapi dana tunai ini hanya bisa dilakukan dengan total pinjaman yang kecil antara 500 ribu sampai 3 juta saja.

  1. Termasuk cicilan tanpa kartu kredit hal ini cukup membantu saat kita mau berbelanja elektronik yang pembayarannya ingin di cicil tetapi tidak memiliki kartu kredit.
  2. Pinjaman modal usaha untuk jenis ini cukup bisa membantu para pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. Baik itu usaha secara online maupun secara offline.

Ada beberapa jenis pinjaman modal usaha diantaranya :

  • Kredit modal kerja yaitu pinjaman secara online kepada pelaku usaha dengan dinilai perputaran usahanya. Sehingga akan ditentukan besarnya pinjaman.
  • Pinjaman untuk usaha online. Ini sangat membantu para pelaku usaha online. Dengan minimal usaha sudah berjalan 6 bulan dan sudah menghasilkan 6 juta per bulan.
  • Pinjaman berdasarkan nota tagihan dari pelaku usahan. Nota tagihan tersebut bisa untuk diajukan sebagai pinjaman. Hal ini cukup menguntungkan karena terhindar dari modal macet.
  • Termasuk ada limit plafon. Ini ditentukan dari yang paling kecil terlebih dahulu dan akhirnya akan bertambah besar seiring tertibnya pembayaran.

Itulah beberapa jenis pinjaman secara online yang bisa dimanfaatkan. Tetapi perlu kita ketahui bunga dari pinjaman secara online ini cukup besar bila dibandingkan perbankan. Bahkan bank yang paling mahal bunganya masih kalah dengan bunga pinjaman dengan model yang sudah modern ini.

Baca juga: 7 Aplikasi Kredit Online Terbaik yang Paling Banyak Digunakan

Tips Melakukan Pinjaman Online

Tentu ada kemudahan dan proses yang cepat akan sangat berbeda dengan Bank yang cukup ribet dan proses lama. Memanglah wajar bila bunganya juga besar. Sebelum melakukan pinjol, perlu dipikirkan secara matang agar tidak menyesal kedepannya.

Diantaranya perlu kita bandingkan bunga tiap pinjol atau fintech, caranya bisa kita hitung dengan uang pelunasan dikurangi dana yang akan masuk rekening kita. Maka akan ketemu total bunganya yang harus dan wajib kita bayarkan selaku peminjam uang.

Kita jangan tergiur dengan penawaran pinjol dengan bunga kecil, karena ada pinjol yang memberi bunga kecil tapi biaya-biaya lainnya besar. Bila memang kita pinjam online maka ambilah tenor yang paling pendek, agar semakin ringan cicilannya.

Yang terakhir adalah kita lihat beberapa review dari pengguna pinjaman secara online tersebut. Apakah banyak review buruknya atau tidak. Karena ini akan berpengaruh pada anda nantinya.

Memang di kondisi saat wabah seperti ini banyak orang yang mengalami penurunan secara ekonomi. Banyak yang membutuhkan dana untuk mencukupi kebutuhannya. Tapi kita juga jangan sampai gegabah tergiur kemudahan saja.

Bila memang harus melakukan pinjaman secara online dengan beberapa pertimbangan matang maka usahakan uang pinjaman itu adalah uang untuk perputaran usaha kita bukan uang konsumtif semata.

Demikian tadi artikel dari kami, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.