Merubah Keluhan Pelanggan Menjadi Peluang Usaha - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Merubah Keluhan Pelanggan Menjadi Peluang Usaha

[


Ketika Anda menjalankan sebuah perusahaan, Anda mendapatkan respon yang berbeda dari setiap pelanggan. Respon ini bisa positif atau negatif. Jika Anda menerima respons positif, Anda akan menerima ucapan terima kasih dari pelanggan. Sedangkan jika responnya negatif, itu adalah keluhan pelanggan, ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Banyaknya keluhan pelanggan membutuhkan perhatian lebih bagi setiap perusahaan yang menerima keluhan untuk meningkatkan produk atau layanannya. Oleh karena itu, perusahaan harus menawarkan kualitas yang lebih baik dan produk yang relatif terjangkau. Setiap perusahaan memiliki departemen yang secara langsung atau tidak langsung memantau keluhan pelanggan, dan jika tidak ditangani dengan baik akan mempengaruhi keluhan perusahaan dan perusahaan harus mampu menangani berbagai keluhan pelanggan.

Ada keluhan tentang kepuasan pelanggan. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk lebih dekat dengan perusahaan dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dengan memberikan layanan yang lebih baik sehingga pelanggan tidak mengulangi kesalahan atau ketidakpuasan meskipun pelanggan puas. Diharapkan kedepannya tidak ada lagi pelanggan yang mengeluhkan hal yang sama. Dengan demikian, jika perusahaan mampu menangani keluhan pelanggan dengan baik dan penyebab keluhan tersebut cepat dihilangkan, maka dapat mempertahankan pelanggannya di dalam perusahaan dan memberikan kepuasan pelanggan dan tidak ada pelanggan yang akan melakukan keluhan yang sama.

Ada berbagai cara untuk menyampaikan kepuasan pelanggan. Ada yang di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook atau media sosial lainnya. Oleh karena itu, perilaku mereka berbeda dengan keluhan atau saran internal perusahaan. Jika pelanggan mengeluh di media sosial, ini bisa untuk mengubah kepuasan pelanggan menjadi kepuasan, atau untuk mempromosikan organisasi dengan meningkatkan layanan pelanggan dan menyediakan lebih banyak layanan. Pelanggan ini dapat memposting keluhan tentang kepuasan pelanggan. Jika tidak berhasil, maka itu akan menjadi bumerang bagi perusahaan.

Tidak hanya pelanggan yang mengeluh di media sosial, tetapi juga keluhan tentang saran harus ditanggapi dengan serius karena dampaknya dapat menyebar secara lisan untuk mendapatkan pengalaman membeli atau menikmati layanan yang memuaskan di perusahaan.

Ikuti ulasan menarik lainnya dari penulis Klik di sini

Gambar

Sumber artikel : https://retizen.Digitren/posts/23397/merubah-keluhan-pelanggan-menjadi-peluang-usaha

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.