16 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Menguak Hebatnya Rumah Sakit Mahkota Malaka Medical Centre

Digitren.id – Kesehatan adalah mahkota terindah bila dilihat oleh orang yang sedang sakit. Kadang bagi orang yang sakit ingin bisa segera sembuh dengan segala cara. Bahkan berobat ke luar negri pun tetap dilakoni. Salah satunya ke Malaysia yaitu di Rumah Sakit Mahkota Malaka yang sering dikunjungi pasien Indonesia.

Bagi seseorang yang sedang sakit berusaha ingin sehat dengan melakukan banyak cara agar sembuh. Dengan biaya yang mahal pun tetap dikerjakan demi bisa sembuh kembali. Atau dengan berbagai cara pun dilakukan.

Rumah Sakit Mahkota Malaka

Terkadang bukan hanya yang sedang sakit saja yang berusaha. Kadang keluarga dan saudara-saudaranya juga ikut berusaha agar anggota kepuarga yang sakit bisa sembuh. Termasuk kalau di negara kita sendiri ada yang sampai berobat ke luar negri.

Karena ingin mendapatkan perawatan yang lebih maksimal, maka dilakukanlah berobat ke Malaka di Malaysia yang termasuk salah satu usaha yang banyak dilakukan masyarakat kita. Karena di luar negri ada beberapa rumah sakit yang bertaraf Internasional. Dengan peralatan medis yang lebih lengkap dan ditangani oleh tenaga medis yang lebih profesional.

Selain itu ada juga obat-obatan yang memang tidak ada di Indonesia. Sehingga dengan alasan tersebut menjadikan warga negara kita melakukan pengobatan di rumah sakit yang ada di luar negri. Walaupun dengan biaya yang tentu lebih mahal.

Bahkan rumah sakit dalam negri bila sudah tidak bisa menangani pasiennya, maka akan merekomendasikan atau merujuk ke rumah sakit di luar negri. Salah satu tujuan pengobatan di luar negri adalah ke negara tetangga kita Malaysia.

Baca juga: Asisten Kesehatan Digital Terbaik Untuk Cara Hidup Sehat

Tentang Rumah Sakit Mahkota Centre

Karena di Malaysia ada beberapa rumah sakit yang biasa menjadi pilihan warga negara kita. Bahkan jadi rujukan dari rumah sakit dalam negri. Salah satu rumah sakit yang terkenal di Malaysia adalah Rumah sakit Mahkota Malaka. Yang berada di pusat kota Malaka, Malaysia.

Rumah sakit yang telah berdiri dari tanggal 30 September 1994 ini merupakan salah satu rumah sakit di Malaysia yang sangat terkenal. Banyak pasien dari Indonesia yang berobat di rumah sakit Mahkota Malaka ini.

Alasannya jelas karena di rumah sakit Mahkota Malaka ini memiliki tenaga medis lebih dari 90 tenaga medis senior. Sehingga akan sangat membantu proses pelayanan kesehatan. Lebih istimewa lagi di rumah sakit ini mempunyai spesialis unggulan.

Spesialis unggulan rumah sakit Mahkota Malaka adalah spesialis jantung, kanker, saraf dan stroke, ortopedi, lambung dan hati, dll. Sehingga sangat bisa jadi rekomendasi rujukan untuk penyakit tersebut. Dengan sekitar ada 300 bed untuk rawat inap.

Lebih istimewa lagi di rumah sakit ini para dokternya banyak yang bisa berbahasa Indonesia / Melayu. Sehingga kita sebagai warga negara Indonesia akan lebih mudah berkomunikasi dengan para dokter. Akan memudahkan memahami arahan dan rekomendasi dari para dokter.

Dengan begitu tidak lagi terlalu memikirkan bahasa yang kita gunakan. Ini karena banyak pasien dari Indonesia yang berobat ke rumah sakit ini. Bahkan saat kondisi normal sebelum Covid-19 pasien dari Indonesia bisa ratusan tiap hari datang ke rumah sakit yang satu ini.

Rumah sakit Mahkota Malaka melayani diagnotik, terapeutik, dan perawatan intensif serta memiliki layanan medis yang profesional. Dengan tingkat kesembuhan pasien yang tinggi, sehingga banyak pasien dari Indonesia datang ke sini. Pelayanan yang baik dan harga yang cukup terjangkau.

Kantor Perwakilan Resmi dan Prosedur Pengobatan

Rumah sakit Mahkota Malaka merupakan rumah sakit yang mempelopori healt tourism yaitu sebagai pelopor wisata medis di Malaysia. Atau menerima pasien dari luar negara Malaysia, khususnya dari Indonesia.

Bahkan di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi sebagai Perwakilan Resmi Rumah Sakit Mahkota Malaka yang ada di Indonesia. Atau sering disebut sebagai Authorized Representative Office. Sehingga akan sangat memudahkan pasien yang akan berobat di rumah sakit ini.

Lokasinya ada di Surabaya, Yogyakarta, dan beberapa kota lain. Kita bisa tanyakan seputar Rumah Sakit Mahkota Centre ke tempat kantor perwakilan resmi tanpa dipungut biaya, karena termasuk layanan dari rumah sakit. Kita bisa tanyakan cara keberangkatan, janji dengan dokter, proses selama berobat dll.

Secara garis besar prosedur atau langkah kita untuk berobat ke Malaka adalah sebagai berikut :

  • Kita konsultasikan sebelum pengobatan di kantor perwakilan resmi yang ada di Indonesia, untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Termasuk masalah transportrasi dan akomodasi selama pengobatan sampai pulang ke Indonesia. Semua layanan konsultasi ini tidak dipungut biaya.
  • Setelah kita konsultasi termasuk sudah dapat diagnosa dari rumah sakit Mahkota centre, maka kita bisa melakukan booking appointment atau janji dengan dokter sepesialis yang akan menangani kita di sana nantinya.
  • Setelah dapat booking janji dengan dokter spesialis maka kita konfirmasi kedatangan di rumah sakit Mahkota Malaka nantinya.
  • Bila sudah dapat jadwal yang jelas selanjutnya kita tentukan keberangkatan maupun akomodasi selama di sana. Kita tentukan hotel untuk menginap, transportrasi pulang pergi, dll.
  • Setelah pengobatan selesai dan kita sudah pulang di Indonesia kita bisa konsultasi dengan pihak rumah sakit kembali.
Pengobatan Selama Masa Pandemi Covid 19

Tetapi untuk selama masa pandemi Covid 19 ini tentu ada prosedur khusus yang harus kita persiapkan. Apalagi di Indonesia pandemi ini justru sedang melonjak. Maka update 1 Juli 2021 pasien dari Indonesia dapat berobat di rumah sakit Mahkota Centre dengan syarat tertentu.

Diantaranya perlu melakukan tes PCR Covid sebanyak 3 x yaitu sebelum keberangkatan dan saat di sana nantinya. Termasuk pasien dan pendamping diwajibkan karantina di rumah sakit selama 7 – 14 hari. Selama karantina tetap mendapat perawatan medis dari dokter spesialis.

Baca juga: Dokter Spesialis Kulit Terbaik

Bila proses pengobatan kurang dari masa karantina tetap pasien dan pendamping harus tetap di dalam rumah sakit sampai masa karantina selesai. Bila proses pengobatannya lebih dari masa karantina maka bisa tinggal di hotel atau apartemen di dekat rumah sakit.

Pendamping hanya diperbolehkan 1 orang kecuali anak 12 tahun kebawah bisa 2 orang. Termasuk saat keberangkatan maupun kepulangan harus menggunakan transportasi yang telah ditentukan, baik lewat udara maupun lewat laut.

Itulah beberapa prosedur pengobatan selama masa pandemi ini. Untuk penghitungan biaya bisa dikonsultasikan langsung di kantor perwakilan resmi. Untuk estimasi biaya yang telah di rinci oleh kantor perwakilan resmi bisa kurang dan bisa lebih. Jadi perlu dipersiapkan dari awal agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Adapun bila ingin mendapatkan harga yang lebih murah dan tidak harus datang ke Malaysia kita bisa memanfaatkan layanan tele konsul dengan dokter spesialis secara online melalui layanan video call. Terutama bagi pasien yang tidak mendesak butuh perawatan.

Karena dengan tele konsul ini jelas lebih hemat biaya dan kita bisa dapat arahan termasuk obat yang harus dikonsumsi. Kita bisa membeli obatnya di Indonesia. Bila tidak ada bisa dikirim langsung dari rumah sakit.

Tapi bila pasien memang butuh perawatan segera. Maka sangat disarankan untuk datang langsung ke rumah sakit agar bisa mendapat perawatan yang lebih intensif. Demikian artikel dari kami, semoga kita selalu diberi kesehatan. Aamiin.