Menggerakkan Kaki Kanan Kiri Depan Belakang, Batalkan Sholat? - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Menggerakkan Kaki Kanan Kiri Depan Belakang, Batalkan Sholat?

[

Gerakan eksternal bisa berdoa seseorang

digitren.id, JAKARTA— Sholat merupakan ibadah yang duplikatif Merujuk pada tata cara dan tuntunan Rasulullah GERGAJI. Gerakan-gerakan di luar ketentuan sholat bisa berakibat pada batalnya ibadah ini.

Di antara masalah yang muncul dalam gerakan tersebut adalah menggerakkan kaki. Apakah menggerak-gerakan kaki di dalam sholat bisa berdoa? Postingan ini tentang Syekh Mahmud Salaby. Beliau adalah anggota Lembaga Fatwa Dar Al Ifta Mesir.

Separati dilansir Masrawy Syekh Mahmud mengatakan bahwa seseorang itu kesulitan untuk fokus dan khusyuk dalam sholat, dan tidak melakukan gerakan-gerakan seperti orang yang tidak sholat.

Syekh Mahmud Syalaby menjelaskan bahwa para ulama mengatakan banyak bergerak dalam sholat akan membuat sholat. sebagian ulama berpendapat bahwa sholat batal dengan tiga kali gerakan berturut-turut.

Dan sebagian ulama berpendapat bahwa batal sholatnya seseorang karena gerakan-gerakan yang menjadikan orang yang sholat itu dilihat dari pandangan orang lain bahwa dia sedang tidak sholat.

Akan tetapi Syekh Mahmud Salaby mengatakan apabila orang yang sholat itu tidak mampu mengendalikannya (maksudnya ada bagian tubuh bergerak diluar kontrol karena gangguan syaraf seperti diskinesia tardif) maka sholatnya tetap sah.

Sebaliknya, jika gerakan itu sengaja dan dapat mengurangi pengurangan kekhusyuan, orang yang sholat tadi meninnggalkan perbuatan yang tidak bermanfaat tersebut.


Keutamaan sholat khusyuk

Sholat khusyuk memiliki banyak keutamaan. Buku yang berjudul “Tematik Al-Qur’an tentang Fiqih dan Ibadah”, Abd Rahman Ghazaly setidaknya menjelaskan empat keutamaan sholat khusyuk.


pertamaorang yang sholat khusyuk dapat memperoleh kebahagiaan (keberuntungan) di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:

S اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ الَّذِيۡنَ لَاتِهِمۡ اشِعُوۡنَ (QS Al Muminun ayat 1-2).


Kedua, sholat khusyuk juga dapat memberi ketenangan dalam hati, dan tidak gelisah bila mendapat musibah (cobaan) hidup. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

اِنَّ الْاِنْسَانَ لِقَ لُوْعًاۙ اِذَا الشَّرُّ اۙ اِذَا الْخَيْرُ اۙ اِلَّا الْمُصَلِّيْنَۙ

“Sesungguhnya manusia diciptakan suka mengeluh. Jika dia ditimpa acara dia berkeluh kesah, dan jika mendapat (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan salat, mereka yang setia tetap melaksanakan salatnya.” (QS Al Maarij ayat 19-23).


Ketigasholat khusyuk juga dapat menghapus dosa-dosa kecil, selama orang yang sholat itu tidak melakukan dosa besar, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa sholat dua rakaat, di dalamnya dia tidak berbicara sedikit pun dengan hati tentang urusan-urusan keduniaan, la-docaamp.” (HR Ibnu Abi Sya’ban). Dalam hadits lain, Nabi Muhammad SAW juga mengatakan:

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ … اتٌ ا ا ا الْكَبَائِرَ (HR Ahmad, Muslim, Tirmizi).


Keempat, sholat khusyuk juga dapat mencegah perbuatan keje dan munkar (dosa dan maksiat). Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:

اِنَّ الصَّلٰوةَ الْفَحْشَاۤءِ الْمُنْكَرِ S (QS Al Ankabut ayat 45).

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r9aoa1320/menggerakkan-kaki-kanan-kiri-depan-belakang-batalkan-sholat

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.