Mau Ganti Oli Sepeda Motor Matik? Banyak Manfaatnya Pakai Engine Flush - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Mau Ganti Oli Sepeda Motor Matik? Banyak Manfaatnya Pakai Engine Flush

[

digitren.id, JakartaSepeda motor matik banyak memiliki perawatan-perawatan khusus yang ditujukan untuk mencegah kerusakan. Seperti ganti oli rutin. Namun tak hanya itu, terdapat perawatan yang khususkan bagi mesin motor matik, yaitu mesin flush.

Ini merupakan perawatan untuk membersihkan ruang bakar pada mesin dengan cairan khusus. Lebih lagi bermanfaat untuk membersihkan dan melarutkan kotoran yang terdapat dalam ruang bakar mesin motor Anda.

biasanya dilakukan dengan memasukkan cairan khusus mesin flush pada mesin yang mesih berisi oli bekas. Tunggu dan diamkan beberapa menit. Kemudian buang seluruh oli bekas tersebut dan kemudian ganti dengan yang baru.

penggunaan cairan mesin flush dapat dilakukan setiap ganti oli, pada dua ribu hingga empat ribu kilometer jarak yang ditempuh sepeda motor matik.

melakukan perawatan dengan mesin flush Memiliki manfaat bagi sepeda motor matik, befapa manfaatnya, seperti dilansir dari otomotif.com, antara lain:

Meminimalkan pencampuran oli

Oli lama yang telah digunakan saja telah mengental dan menahan aliran. Jadi, jika oli lama mesin motor belum sepenuhnya terkuras dan hilang ketika dilakukan pergantian.

Maka sangat mungkin untuk bercampur. Pada dasarnya mesin flush akan mengencerkan oli dan membuatnya lebih mudah untuk mengalir.

Menghilangkan oli membandel

Gaya berkendaraan perkotaan dengan sering berhenti lalu melaju kembali, membuat RPM mesin rendah yang berakibat pada tidak cukup menciptakan tekanan. Tekanan ini bekerja untuk mengeluarkan gas buang dari ruang bakar.

Ini dapat mengakibatkan timbulnya oli yang menyumbat aliran ke mesin. Layaknya arteri pada tubuh manusia yang tersumbat. Dampaknya terjadi keausan pada mesin yang berlebihan, dan kehilangan daya. larutan mesin flush yang baik akan membersihkan dan melarutkan ini.

Mensucikan yang luput dari filter oli

Kebanyakan filter oli hanya menangkap partikel sekecil 25 mikron atau 0,025 mm. namun, masih ada partikel yang lebih kecil dan beredar di sekitar mesin dengan oli. Lama kelaman, partikel-partikel ini akan menyatu pada permukaan yang lebih besar. Pembilasan mesin harus dapat memisahkannya, membuatnya lebih mudah untuk dikeringkan.

Itulah manfaat melakukan perawatan mesin flush pada sepeda motor matik. Namun yang harus menjadi perhatian adalah kualitas dari produk mesin flush itu sendiri.

RAHMAT AMIN SIREGAR
Baca: Cara Tepat Merawat Spion Motor

Sumber artikel : https://otomotif.tempo.co/read/1557925/mau-ganti-oli-sepeda-motor-matik-banyak-manfaatnya-pakai-engine-flush

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.