Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, Titik Pusat Syiar Islam di Pontianak - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, Titik Pusat Syiar Islam di Pontianak

[

Sejarah Pontianak membagikan postingannya tentang Islam di Nusantara.

digitren.id, JAKARTA – Sejarah Pontianak berkaitan erat dengan perkembangan dakwah Islam di Nusantara. Daerah yang berjulukan Kota Khatulistiwa itu dirintis oleh seorang bangsawan yang juga keturunan Nabi Muhammad SAW, yakni Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Konon, putra Habib Husin – seorang mubaligh Arab di Kalimantan – tersebut sedang berharap Sungai Kapuas bersama dengan para pengikutnya. Ia merasa diganggu makhluk halus.

Untuk mendukung acara ini, Syarif Abdurrahman diharapkan menjadi seorang Meriam.Ia kemudian berikrar. Ternyata, benda tersebut mendarat di dekat perempatan Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Maka, di sanalah dirinya mulai di pusat pemerintahan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, silahkan hubungi Puntianak atau Pontianak.Secara kebahasaan.

Pada 14 Rajab 1185 Hijriyah, atau bertepatan pada 23 Oktober 1771 Masehi, raja pertama Kesultanan Pontianak itu mulai membangun istananya. Bersamaan dengan itu, Syarif Abdurrahman juga mendirikan masjid pertama sebagai titik pusat syiar Islam di sana.

Hingga kini, tempat ibadah itu, Masjid Sultan Syarif Abdurrahman, masih tegak berdiri.

sumber: Republika

Sumber artikel : https://www.republika.co.id/berita/r6xh1m313/masjid-sultan-syarif-abdurrahman-titik-pusat-syiar-islam-di-pontianak

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.