Masjid Gedhe Kauman, Saksi Perlawanan Agresi Militer Belanda  - Digitren Indonesia
Beranda » Travel News » Masjid Gedhe Kauman, Saksi Perlawanan Agresi Militer Belanda 

[

digitren.id – Saat mengunjungi Alun-alun Utara Yogyakarta, wisatawan akan menemukan bangunan masjid denra corak bangunan khas Jawa. Tak salah lagi, bangunan tersebut adalah Masjid Gedhe Kauman atau Masjid Raya Yogyakarta.

Selain menjadi tempat ibadah umat Islam, Masjid Gedhe Kauman menyimpan banyak kisah sejarah.

Masjid yang dibangun pada tahun 1773 ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Kesultanan Yogyakarta, seperti dikutip dari situs jaringan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Baca juga:

Masjid Gedhe Kauman didirikan atas prakarsa Sri Sultan Hamengku Buwono I dan Kiai Fakih Ibrahim Diponingrat sebagai penghulu keraton. Sedangkan, desain bangunan masjid dirancang oleh Kiai Wiryokusumo.

Sebagai tempat ibadah, saksi perkembangan Islam sekaligus sejarah Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman tidak banyak berubah.

Berikut fakta-fakta mengenai Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta seperti dirangkum oleh Kompas.com.

Saksi perlawanan terhadap Agresi Militer Belanda

Masjid Gedhe Kauman, Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta.Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf Masjid Gedhe Kauman, Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masjid Gedhe Kauman turut menjadi bagian dalam dinamika kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, bangunan pajagan atau gardu yang dijaga digunakan sebagai markasai Asykar Perang Sabil yang membantu Tentara Nasional Indonesia melawan Agresi Militer Belanda.

Para pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut, kemudian dimakamkan di sisi barat masjid ini.

Tak berhenti sampai di situ, Masjid Gedhe Kauman belum memiliki ulasan. Dalam Orde Lama resmi yang bertentangan dengan etika, pembaru resmi tidak menyebut Orde Baru.

Dalam kasus Kasultanan Yogyakarta, masjid ini juga memiliki tujuan khusus untuk menjelaskan masalah syariat Islam yang harus diubah.

Meski mampu mencapai Agama, masjid tersebut juga harus membuktikan kesempurnaannya untuknya, dakwah, serta peringatan hari besar.

Baca juga: 8 Masjid Bandung yang Unik, Cocok untuk Wisata Religi

Sumber artikel : https://travel.kompas.com/read/2022/04/07/230600127/masjid-gedhe-kauman-saksi-perlawanan-agresi-militer-belanda-

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.