16 Agustus 2021 Oleh Admin Digitren 0

Khasiat Dan Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Digitren.id – Wortel memiliki banyak khasiat dan manfaat karena kandungan yang terdapat pada Wortel sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah dan kulit. Wortel banyak sekali mengandung vitamin, terutama Vitamin A  dan Beta karoten ditambah Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Pada kesempatan kali ini Admin Digiten akan menjelaskan tentang manfaat Wortel bagi kesehatan tubuh agar tetap prima dalam kondisi apapun.

manfaat Wortel bagi kesehatan

manfaat Wortel bagi kesehatan

Dengan rutin mengkonsumsi Wortel niscaya Anda tidak akan menggunakan kacamata, sebab Wortel sangat baik untuk penglihatan dan kesehatan mata karena dapat meningkatkan indra penglihatan kita untuk melihat pandangan jarak jauh. Wortel yang kaya akan Vitamin A dan beta karoken sangat bermanfaat bagi kesehatan sebab mengandung nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh mata Anda.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mencegah Kanker

Menurut penelitian kurangnya asupan beta karoken pada tubuh seseorang dapat beresiko terkena penyakit kanker paru paru, terutama bagi Anda yang merokok sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi Wortel dan sumber nutrisi lainya yang mengandung beta karoten cukup tinggi untuk mencegah kanker paru paru. Beta karoten dan nutrisi yang terdapat pada Wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorokan, saluran kemih, pankreas, lambung, usus, dan kanker payudara, jika dibandingkan dengan sayuran lainnya ternyata wortel memiliki kandungan beta karoten paling tinggi sekitar 12.000 IU sedangkan asupan yang dianjurkan adalah 15.000 – 25.000 IU per hari karena dapat membantu tubuh kita untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Antioksidan yang terdapat pada Wortel dapat melawan kerja destruktif sel-sel kanker dan yang terpenting beta karoten dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau yang sering disebut sistem imun agar tidak mudah sakit. Anda dapat memasaknya terlebih dahulu agar senyawa karotennya lepas, dengan dimasak kadar karoten yang terdapat pada wortel naik mejadi 2 – 5 kali lipat.

Mencegah Kolestrol

Berdasarkan hasil penelitian, memakan Wortel mentah setiap hari selama 3 minggu dapat menurunkan kolestrol sebesar 11 % dan mengkonsumsi Wortel 5 x dalam seminggu dapat menurunkan resiko tekena stroke sebesar 60 % karena kandungan Vitamin A dapat mencegah kematian akibat stroke dan jenis serat yang terdapat pada wortel ditambah kandungan calcium pectate pada Wortel dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang terdapat pada Wortel sangat bagus untuk sistem pencernaan dalam tubuh sehingga dapat melancarkan buah air besar.

Khasiat Wortel Untuk Kecantikan

Khasiat dan manfaat Wortel bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah, selain untuk dikonsumsi wortel bisa dijadikan sebagai masker pada wajah yang bagus untuk kulit wajah. Dapat mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Kandungan Wortel yang kaya akan Vitamin A dan serat yang tinggi ditambah lagi dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca juga: Masker Terbaik di Dunia

Untuk membuat masker dengan menggunakan Wortel bagus untuk kulit yang cenderung berminyak, caranya cukup mudah; siapkan Wortel yang segar dan besar kemudian bersihkan dan rebus dengan air mendidih jangan terlalu matang, kemudian blender dan campurkan dengan 3 sendok makan madu lalu oleskan pada seluruh bagian wajah, lalu diamkan selama 30 menit, setelah kering bersihkan dengan air dingin.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai khasiat dan manfaat Wortel bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga, Terimakasih.